Material
May14

Cara Memotong Kayu dengan Gergaji yang Benar

Bagaimana cara memotong kayu dengan gergaji yang benar? Kebanyakan para pemula sering melakukan kekeliruan saat hendak memotong kayu menggunakan gergaji. Kesalahan yang paling banyak diperbuat adalah bagaimana memegang gergaji dengan posisi yang benar. Meskipun toh pada akhirnya kayu tersebut juga tetap terpotong, namun jika Anda tepat dalam mennggunakan gergaji maka proses pemotongannya akan cepat selesai dan hasilnya pun terlihat lebih rapi.

Pada prinsipnya, jenis gergaji yang akan dipakai untuk memotong kayu harus disesuaikan dengan arah serat kayu yang bakal digergaji. Disarankan pilih gergaji yang mempunyai mata tegak dan memiliki sudut kemiringan yang sesuai arah serat. Dengan menggunakan gergaji ini, dapat dipastikan proses pemotongan kayu akan terasa lebih ringan karena mata gergaji dapat menancap lebih kuat.

cara-memotong-kayu.jpg

Bagaimanakah proses pemotongan kayu dilaksanakan? Di bawah ini panduan langkah-langkahnya dari Arafuru!

  1. Letakkan kayu di atas media alas yang kokoh dan stabil. Sebaiknya lapisi juga bagian sisi lebar kayu menggunakan pembatas yang tidak gampang bergerak.
  2. Pegang garis potong sesuai ukuran yang diinginkan memakai ujung kuku ibu jari tangan tepat pada titik yang berbatasan langsung dengan gergaji. Tujuannya supaya Anda bisa menahan posisi kayu tersebut dengan mantap, terutama saat proses penggergajian tengah berlangsung.
  3. Tancapkan mata gergaji tepat pada garis potong secara tegak lurus. Kemudian gerakkan gergaji ke belakang sedikit saja untuk membuat alur awal gergaji.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gergaji digerakkan menggunakan tenaga dorongan ke depan sampai serat kayu terpotong sedikit demi sedikit. Pertahankan tingkat kemiringan gergaji pada sudut 45 derajat. Ulangi gerakan menggergaji ini hingga kayu terpotong seluruhnya.
  5. Jangan pernah menggerakkan gergaji ke arah belakang karena hasil potongannya pasti tidak rapi. Tarikan gergaji ke belakang hanya boleh dilakukan pada saat kita ingin memposisikan kembali letak gergaji seperti semula.
  6. Sementara itu, jika Anda ingin membelah kayu, gunakan gergaji dengan mata yang lebih miring. Untuk mempertahankan kestabilannya kayu yang ingin dibelah sebaiknya diikatkan ke meja/bangku kerja memakai clamp.
  7. Secara garis besar, proses pembelahan kayu ini mirip seperti pemotongan kayu. Yang membedakan hanyalah sudut kemiringan gergaji yang ideal yaitu 60 derajat. Kayu dibelah menggunakan gergaji dengan gerakan ke arah depan.

Semoga bermanfaat!