Cara Memotong Kaca Berbentuk Lingkaran

Percayakah Anda kalau kaca bisa dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang unik dan menarik? Saat ini memang tengah tren produk-produk kerajinan yang terbuat dari bahan kaca. Keistimewaan kaca terletak pada kilauannya yang sangat menawan. Apalagi jika terkena semburat cahaya. Tetapi sifatnya yang keras membuat struktur kaca ini sangat getas sehingga membutuhkan kehati-hatian yang tinggi dalam pengolahannya.

Salah satu kreasi berbahan dasar kaca yang sedang populer adalah membuat bentuk lingkaran. Hal ini membuat kerajinan tangan terlihat lebih dinamis dan tidak kaku berkat garis lengkung yang dimilikinya. Efek kejutan juga muncul dari kreasi ini sebab jarang sekali kaca yang dibuat menjadi berbentuk lingkaran. Hasilnya adalah kerajinan tangan Anda tampak lebih menarik. Tapi bagaimana ya caranya memotong kaca berbentuk lingkaran?

memotong-kaca-berbentuk-lingkaran.jpg

Pada intinya sama saja kok dengan proses pemotongan kaca yang biasa Anda lakukan. Anda membutuhkan pisau pemotong kaca. Jika Anda belum punya pisau ini, silakan beli saja secara online di www.alatperabotan.com. Kemudian untuk mendapatkan hasil pemotongan kaca yang sempurna, sesuai keinginan, dan terhindari dari risiko pecah/retak, Anda memerlukan trik khusus. Trik inilah yang akan kita pelajari kali ini.

Alat dan Bahan :

  • Kaca
  • Penggaris plat besi
  • Penggaris jangka
  • Spidol
  • Minyak goreng
  • Pisau pemotong kaca

Langkah-langkah :

  1. Siapkan meja kerja yang berbentuk persegi, ukurannya tidak terlalu panjang, serta memiliki permukaan rata. Sebaiknya proses pemotongan kaca ini tidak dilakukan di lantai sebab nantinya tubuh Anda harus ikut berputar untuk membentuk potongan yang melingkar.
  2. Jika ukuran kaca terlalu besar, And bisa mengecilkan ukurannya terlebih dahulu dengan memotong membentuk kotak. Nantinya pola lingkaran bisa digambar di kaca tersebut. Gambarlah pola berbentuk lingkaran di atas kaca menggunakan penggaris jangka dan spidol sesuai diameter yang diinginkan.
  3. Siapkan pisau pemotong kaca. Olesi bagian mata pisau tersebut dengan minyak goreng terlebih dahulu supaya licin dan gerakannya tidak kaku. Setelah itu, buatlah goresan kaca sesuai pola lingkaran yang telah dibuat pada langkah kedua. Di sini dibutuhkan ketelitian tinggi untuk menghasilkan goresan yang rapi.
  4. Trik supaya goresan yang terbentuk rapi, Anda harus menggores kaca tersebut dengan sekali gerakan. Jangan pernah mengulangi goresan sebab dapat menimbulkan goresan ganda yang berisiko besar mengakibatkan potongan kaca menjadi tidak halus dan rentan pecah.
  5. Peganglah kaca menggunakan tangan kiri dengan sedikit ditekan agar posisinya stabil berada di atas meja kerja. Kemudian goreslah kaca tadi menggunakan pisau pemotong dengan tangan kanan. Terus gerakkan pisau sambil ditekan sampai terdengar suara goresan. Badan Anda juga wajib bergerak mundur mengelilingi meja kerja sehingga proses penggoresan kaca bisa dilakukan stabil tanpa berhenti di tengah jalan.
  6. Setelah penggoresan selesai dikerjakan, balikkan posisi kaca tersebut sehingga kini bagian kaca yang digores berada di bawah. Ambil penggaris plat besi, lalu gunakan untuk mengganjal bagian bawah pinggir/tepi goresan kaca. Setelah posisi garis sudah tepat, Anda bisa menekan bagian atas kaca menggunakan ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan di bagian dalam sebelah pinggir goresan tadi. Hal ini akan membuat bulatan kaca akan sedikit bergerak ke bawah.
  7. Anda tidak boleh memaksa langsung melepas bulatan dari kaca karena berisiko tinggi akan memecahkannya. Triknya adalah Anda harus membuat goresan berupa garis lurus di sudut-sudut luar lingkaran. Goresan ini nantinya dipakai untuk mematahkan bidang kaca yang membingkai bulatan.
  8. Sekali lagi, ganjal kaca menggunakan penggaris plat besi pada bagian pinggir dalam lingkaran. Setelah itu, tekan di sekitar goresan-goresan lurus tadi. Hasilnya bingkai kaca di luar lingkaran pun akan pecah. Lanjutkan cara ini untuk memecahkan semua bidang yang membingkai lingkaran. Nah, akhirnya Anda sudah bisa mendapatkan potongan kaca yang berbentuk lingkaran.