Material
Jul15

Cara Memilih Pasir yang Bagus untuk Bangunan

Bagaimana cara memilih pasir yang bagus untuk bangunan? Pasir merupakan salah satu material utama yang menyusun struktur beton. Pada saat kita membeli pasir, tentu menginginkan pasir yang memiliki kualitas yang bagus. Semakin baik mutu suatu pasir yang digunakan, semakin kuat pula struktur beton yang dihasilkannya. Manfaatnya terletak pada daya tahan struktur bangunan tersebut yang jauh lebih awet.

Berdasarkan kegunaannya, dikenal tiga jenis pasir yaitu pasir pasang, pasir cor, dan pasir urug. Pasir pasang ialah pasir yang digunakan dalam proses pemasangan batubata, batako, serta pekerjaan plesteran. Lain lagi dengan pasir cor, pasir ini sering kali dipakai dalam pekerjaan cor beton seperti pada pembuatan kolom, sloof, balok, atau plat lantai. Sedangkan pasir urug merupakan pasir yang ditujukan untuk pengurugan tanah karena mempunyai gradasi yang tidak sama dan mengandung lumpur.

Menurut SNI S-04-1998-F:28, ciri-ciri pasir yang bermutu bagus di antaranya :

  1. Butirannya tajam dan keras dengan indeks kekerasan kurang dari 2,2.
  2. Bersifat kekal. Hancur maksimum 12% saat diuji dengan Natrium Sulfat dan hancur maksimum 10% saat diuji dengan Magnesium Sulfat.
  3. Tidak mengandung lumpur lebih dari 5%. Bisa dilakukan proses pencucian untuk mengurangi kadar lumpur.
  4. Tidak mengandung bahan organik dalam jumlah yang terlalu banyak. Dibuktikan menggunakan percobaan warna dari Abrans-Harder dengan larutan jenuh NaOH 3%.
  5. Tingkat modulus kehalusannya berkisar antara 1,5-3,8 serta terdiri atas butiran yang beraneka ragam.
  6. Beton dengan tingkat keawetan yang tinggi mempunyai reaksi yang negatif terhadap alkali.
  7. Bukan pasir laut kecuali dengan petunjuk Lembaga Pemerintahan Bahan Bangunan yang berwenang.
  8. Agregat halus untuk plesteran dan spesi terapan wajib memenuhi persyaratan pasir pasangan.
  9. Berada di dalam syarat ambang batas gradasi pasir yang baik.

cara-memilih-pasir.jpg

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan pada saat Anda melakukan pemilihan pasir yang bagus.

Kualitas

Pasir yang bagus merupakan pasir yang masih murni tanpa tambahan campuran apapun. Misalnya sampah, lumpur, tanah liat, bahan organik, dan lain sebagainya. Adanya bahan-bahan selain pasir yang terdapat di dalam pasir mengakibatkan kualitasnya menurun. Sayangnya harga pasir dengan spesifikasi yang seperti ini tergolong cukup mahal dan sulit ditemukan.

Tidak ada salahnya Anda mengecek mutu pasir yang akan dibeli. Caranya ambil segenggam pasir lalu masukkan tangan Anda tersebut ke dalam ember yang telah berisi air. Perhatikan dengan seksama. Semakin cepat pasir yang ada di dalam genggaman tangan Anda terlarut di dalam air, maka semakin rendah pula kualitasnya karena mengandung tanah yang semakin banyak. Berbeda degan pasir yang lambat terurai oleh air, pasir tersebut memiliki mutu yang bagus.

Kuantitas

Di dalam urusan bisnis jual beli pasir sangat riskan terjadinya penipuan yang terselubung. Kebanyakan penjual pasir yang tidak jujur kerap memanipulasi kuantitas pasir yang diantarkan ke konsumen, baik dengan mengurangi jumlahnya maupun memberikan ganjalan. Modus yang paling banyak dipraktekkan adalah meletakkan beberapa kayu balok di dalam bak mobil sehingga total volume pasir akan berkurang.

Sebagai pembeli, Anda harus bersikap cerdas dan berani terhadap barang yang telah Anda beli. Apabila Anda menemukan bongkahan kayu atau apapun di dalam bak mobil yang sengaja ditaruh oleh pihak penjual, cobalah memintanya untuk menyingkirkan balok tersebut. Kalau penjual tetap bersikukuh menaruh kayu dengan berbagai alasan, sebaiknya Anda tinggalkan saja penjual tadi dan cari penjual lain yang lebih jujur dalam berdagang.