Cara Memilih Batako yang Baik

Bagaimana cara memilih batako yang baik? Batako menjadi bahan bangunan pembentuk dinding yang banyak diminati oleh masyarakat. Tercatat tingkat kepopuleran material yang satu ini terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya yang ditunjukkan oleh jumlah permintaan pasar yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Meskipun harga per kepingnya lebih mahal, tetapi batako mempunyai keunggulan tersendiri. Di antaranya yaitu bentuknya yang presisi serta jumlah kebutuhannya lebih sedikit karena berukuran besar.

Mahalnya harga batako menuntut kita untuk jeli dalam memilihnya. Seharusnya batako yang baik memiliki kualitas yang tidak kalah dengan batu bata maupun bata ringan, bahkan daya tahannya jauh lebih awet. Namun tak jarang ada penjual nakal yang kerap melakukan tindakan-tindakan yang menjurus pada kecurangan. Contohnya mencampurkan beberapa batako yang sebenarnya gagal produksi ke dalam pesanan Anda sehingga tidak kentara. Kalau sudah begini, Anda sebagai pembeli yang harus menanggung kerugiannya.

cara-memilih-batako.jpg

Biar tidak dibohongi oleh penjual, ada baiknya Anda memperhatikan ciri-ciri batako yang bagus di bawah ini :

Bentuknya Presisi

Kelebihan utama batako adalah memiliki bentuk yang presisi dan homogen. Semua batako seharusnya mempunyai dimensi yang sama karena dibuat menggunakan cetakan yang sama persis. Bagian pinggirannya juga lurus dan bersudut tajam sehingga saat disusun menghasilkan permukaan samping yang rata. Hal ini berguna pada penggunaan lapisan plesteran dinding yang lebih sedikit.

Strukturnya Padat

Dalam pembuatannya, batako melalui proses pengepresan yang membuat strukturnya menjadi sangat padat. Permukaan batako tersebut bebas dari gelembung udara, celah, rusak, lubang, atau keretakan. Cobalah menggores permukaannya memakai jari telunjuk Anda. Pastikan pula tidak ada kerikil kecil, serpihan kapur, atau butiran pasir yang mudah terlepas saat Anda menekan permukaan batako tersebut. Jika ada, maka berarti batako yang telah Anda uji tadi memiliki struktur yang tidak terlalu keras.

Suaranya Dalam

Anda bisa mencoba membenturkan dua keping batako satu sama lain dan memperhatikan suara yang ditimbulkannya. Semakin dalam suara yang dihasilkan dari benturan dua batako tersebut, artinya semakin bagus pula kualitas kedua batako ini. Dalamnya suara benturan disebabkan oleh susunan partikel pembentuk batako yang padat sekali. Anda juga bisa menerapkan teknik yang sama untuk menguji kualitas kayu.

Kualitasnya Terjamin

Supaya Anda lebih yakin terhadap mutu batako yang ingin dibeli, tantanglah penjual untuk melakukan beberapa uji coba kualitas. Pertama yaitu uji coba ketahanan dengan menjatuhkan batako secara langsung. Seharusnya batako yang baik tidak akan pecah apabila dijatuhkan dari ketinggian 1 meter di atas tanah yang keras. Kemudian Anda dapat mencoba menggores permukaan batako tersebut memakai kuku. Batako yang kuat tidak akan bisa tergores hanya dengan tekanan dari kuku manusia.