Material
Oct24

Cara Membuat Lem Kaca Sederhana

Bagaimana cara membuat lem kaca sendiri? Lem kaca pada dasarnya merupakan lem yang berfungsi untuk menempelkan benda-benda yang terbuat dari bahan kaca. Lem ini memang sangat mudah dijumpai di toko bangunan. Harganya pun tidak terlalu mahal sesuai dengan kualitas dan ukuran kemasannya.

Tahukah Anda, lem kaca ternyata bisa dibuat dari telur putih lho. Walaupun mampu menempelkan kaca dengan baik, tetapi lem yang berbahan dasar putih telur ini memiliki daya tahan yang tidak terlalu lama. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan beberapa bahan lagi ke dalam adonan lem tersebut supaya lem lebih awet dan tahan lama. Lumayan kan daripada harus beli? Bahkan Anda pun dapat menjual lem buatan sendiri ke orang lain.

cara-membuat-lem-kaca.jpg

Jika Anda tertarik untuk membikin lem kaca yang sederhana, simak panduan dari Arafuru sebagai berikut!

Bahan-bahan :

  • 2 butir telur ayam; diambil bagian putihnya saja
  • 2 ons tepung kulit kerang
  • 1 ons gom kristal
  • Air secukupnya

Alat-alat :

  • Mangkuk
  • Sendok
  • Palu
  • Botol

Cara membuat :

  1. Siapkan bahan-bahan yang terdiri atas putih telur, tepung kulit kerang, gom kristal, dan air sesuai kebutuhan. Siapkan juga peralatan yang meliputi mangkuk dan sendok.
  2. Tepung kulit kerang adalah bubuk yang terbuat dari kulit-kulit kerang. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian.
  3. Gom kristal adalah getah dari pohon legum (Acacia senegal) yang termasuk dalam famili Fabaceae. Nama lain gom kristal yaitu gom arab. Di Jawa, gom kristal biasa disebut kak. Anda bisa membelinya di toko bangunan dalam wujud padat/kristal.
  4. Hancurkan gom kristal menggunakan palu sehingga bentuknya menjadi lebih kecil. Kemudian rendam bongkahan-bongkahan gom kristal tadi ke dalam mangkuk yang telah berisi air selama 2-3 hari.
  5. Setelah itu, masukkan putih telur dan tepung kulit kerang ke dalam air hasil rendaman di atas. Aduk memakai sendok sampai benar-benar tercampur rata.
  6. Masukkan adonan tersebut ke dalam botol. Biarkan selama 5-7 hari supaya mengental. Lem kaca buatan sendiri pun telah siap dipakai.

Selamat mencoba!