Material
Nov5

Cara Membuat Furniture dari Blockboard

Bagaimana cara membuat furniture dari blockboard? Barangkali Anda tertarik untuk membikin sendiri furniture yang bisa digunakan di rumah. Lumayan banget kan jadinya? Anda bisa menghemat banyak biaya sekaligus memamerkan hasil karya sendiri kepada orang lain. Sebenarnya tidak terlalu susah kok untuk membuat furniture itu. Apalagi kalau Anda sudah mempunyai peralatan tukang kayu modern yang lengkap untuk mendukung pekerjaan.

Untuk percobaan kali ini, mari kita mulai dengan menggunakan bahan baku berupa blockboard. Sama seperti jenis kayu olahan lainnya, blockboard terdiri dari tiga lapisan pembentuk. Kekhasannya terletak pada lapisan tengah yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Kemudian pada bagian luarnya dilapisi dengan vinir untuk melindunginya dari air sekaligus membuat tampilannya terlihat indah. Di pasaran, produk blockboard ini tersedia dalam ukuran 122 x 244 cm dengan ketebalan mulai dari 15 mm hingga 18 mm.

membuat-furniture-dari-blockboard.jpg

Blockboard bisa menjadi alternatif kayu solid mengingat harganya yang jauh lebih terjangkau. Namun sayangnya kekuatan material yang satu ini tidak terlalu bagus sehingga diperlukan penanganan yang ekstra hati-hati pada saat akan menjadikannya furniture. Kekurangan lain dari blockboard ialah serat kayu dan pori-porinya tidak terlalu bagus. Sehingga blockboard wajib diberi tambahan lapisan finishing berupa cat atau vinir. Membiarkannya begitu saja tanpa lapisan finishing justru akan membuat material ini cepat mengalami kerusakan.

Di bawah ini gambaran dasar langkah-langkah pembuatan furniture dari blockboard!

Langkah 1. Pemotongan

Diperlukan perencanaan pemotongan yang matang untuk mengoptimalkan penggunaan material blockboard. Buatlah polanya terlebih dahulu di atas permukaan blockboard dengan ukuran yang tepat. Susun model sedemikian rupa. Sebisa mungkin sesuaikan pola yang dibuat dengan arah serat kayu kekuatan struktur terpenuhi dan bahan baku terpakai secara maksimal. Pembuatan pola yang asal-asalan biasanya akan mengakibatkan ada banyak bagian blockboard yang tersisa. Setelah pola terbentuk, potonglah menggunakan gergaji. Pastikan Anda melakukan pemotongan secara lurus dan siku.

Langkah 2. Perakitan

Hasil pemotongan blockboard akan berpengaruh sekali terhadap proses perakitannya. Mulailah terlebih dahulu dengan menghaluskan bagian tepi bekas potongan gergaji menggunakan ampelas. Setelah dirasa tekstur permukaannya sudah cukup halus, Anda bisa mulai melakukan perakitan. Anda bisa memakai paku atau sekrup untuk dapat merangkai potongan-potongan blockboard tersebut. Tetapi sebelumnya disarankan untuk mengoleskan lem terlebih dahulu untuk memperkuat ikatan yang bakal terbentuk nanti. Barulah kemudian Anda bisa menggunakan alat tembak untuk menanamkan paku/sekrup ke dalam blockboard.

Langkah 3. Finishing

Tahap ini dimulai dengan menghaluskan seluruh permukaan bidang blockboard menggunakan ampelas nomor 180. Setelah itu, lakukan penutupan pori-pori kayu memakai dempul plastik. Oleskan dempul secara merata ke seluruh bagian material. Selanjutnya lakukan proses penghalusan sekali lagi memakai ampelas nomor 180 yang dilanjutkan dengan ampelas nomor 240. Lakukan penggosokan menggunakan ampelas ini sampai lapisan dempulnya terasa halus dan rata. Kemudian bersihkan permukaan bahan menggunakan kain lap basah untuk menyerap debu sisa pengampelasan.

Proses pengecatan blockboard sebanyak dua tahap. Tahap pertama yaitu melapisinya dengan cat dasar agar cat akhir bisa menempel sempurna dan warnanya pun tampak lebih jelas. Cat dasar ini perlu dicampur thinner terlebih dahulu dengan perbandingan 5:4. Gunakan kompresor untuk keperluan mengecat blockboard supaya hasilnya rapi serta tidak terjadi overlapping cat. Setelah lapisan cat dasar mengering, haluskan dengan ampelas nomor 1000 dan air agar permukaannya licin.

Tahap selanjutnya ialah mengecat menggunakan cat akhir yang ingin kita munculkan warnanya. Perlu Anda ketahui, faktor cuaca berpengaruh besar di sini terhadap kualitas pekerjaan yang bakal kita hasilkan. Usahakan kerjakan pengecatan ketika kondisi cuaca sedang cerah. Semprotkan cat akhir ini menggunakan kompresor ke seluruh permukaan furniture secara merata. Diamkan beberapa saat sampai kondisinya cukup kering. Setelah itu, Anda bisa mengulangi pengecatannya hingga sebanyak 2-3 kali lapisan.