Cara Membuat Cat Glow in The Dark dengan Mudah

Cat glow in the dark mempunyai kemampuan untuk menyerap cahaya, menyimpan, kemudian memendarkannya. Cahaya yang dipendarkan kembali oleh cat ini umumnya akan terlihat lebih jelas saat berada di dalam kegelapan. Oleh sebab itulah dinamakan cat glow in the dark yang berarti cat yang bisa menyala di dalam kegelapan. Anda bisa menggunakan cat glow in the dark untuk menghiasi ruangan supaya tampil lebih menarik.

Produk cat glow in the dark ialah produk cat khusus. Produk cat ini difokuskan untuk membuat tampilan dinding yang unik. Dinding akan menyala di dalam kegelapan jika diwarnai memakai cat glow in the dark. Hasilnya penampilan dinding menjadi berbeda serta lain daripada yang lainnya. Anda pasti akan sangat menyukainya. Di bawah ini merupakan contoh ruangan yang menggunakan cat glow in the dark. Penampilannya sangat menarik bukan?

cat-glow-in-the-dark.jpg

Anda bisa membeli produk cat glow in the dark di toko bangunan terdekat. Biasanya hanya toko-toko di perkotaan saja yang menyediakannya sebab cat ini memang jarang digunakan. Cat glow in the dark hanya dipakai sebagai hiasan saja. Jika Anda sudah mencoba mencari cat glow in the dark tetapi tidak kunjung menemukannya juga, Anda bisa mengambil jalan alternatif dengan membuatnya sendiri. Proses pembuatannya tidak terlalu rumit kok.

Berikut ini panduan membuat cat glow in the dark yang bisa coba Anda terapkan sendiri.

Langkah 1. Siapkan Bubuk Glow in The Dark

Anda membutuhkan bubuk glow in the dark kalau ingin membuat cat dinding yang sanggup memendarkan cahaya di dalam kegelapan. Pada awalnya, bubuk yang digunakan adalah fosfor. Sayangnya bubuk fosfor ini memiliki kemampuan yang tidak terlalu baik. Cahaya hanya akan berpendar selama 10-30 menit saja. Oleh sebab itu, penelitian pun terus dilakukan. Hasilnya bubuk strontium aluminate bisa digunakan sebagai bahan baku cat glow in the dark yang lebih baik. Anda bisa membeli bubuk ini di toko kimia, toko bangunan, atau toko online.

Bubuk glow in the dark tersedia dalam ukuran partikel yang beraneka ragam, mulai dari yang terkecil sampai paling besar. Bubuk yang partikelnya besar mampu menyimpan cahaya yang lebih banyak sehingga waktu menyalanya pun lebih lama. Tetapi penggunaan bubuk dengan partikel yang besar akan menghasilkan cat yang hasilnya bertekstur kasar. Berbeda dengan bubuk yang ukuran partikelnya kecil akan menghasilkan cat yang halus. Sayangnya cat tersebut akan mengeluarkan cahaya dalam waktu yang lebih singkat.

Langkah 2. Siapkan Cat Dinding

Anda juga harus menyiapkan produk cat dinding yang sudah jadi untuk diubah menjadi cat yang memiliki kemampuan glow in the dark. Pilih cat yang warnanya sesuai dengan rencana Anda. Jika Anda tidak ingin menghilangkan warna cat sebelumnya, pilih saja cat yang berwarna transparan. Pastikan produk cat yang dipilih bisa tetap bekerja saat dicampur dengan bubuk glow in the dark. Anda bisa memperhatikan informasi yang terlampir di kemasannya.

Bubuk yang telah Anda siapkan pada langkah pertama di atas kemudian dimasukkan ke dalam ember dengan jumlah secukupnya. Ingat, ember yang digunakan harus dipastikan dalam kondisi yang bersih dan kering. Adapun perbandingan komposisi bahan-bahan penyusun yang biasa kami gunakan adalah 1 bagian bubuk dicampur dengan 5 bagian cat dinding. Atau kurang lebih sekitar 20 persen dari total volume cat dinding yang akan digunakan.

Langkah 4. Tambahkan Cat ke Dalam Ember

Anda bisa memasukkan cat dinding secara perlahan-lahan ke dalam ember. Usahakan Anda melakukannya sambil terus mengaduk supaya cat tercampur merata dengan bubuk glow in the dark. Jika cairan cat terlalu kental, silakan tambahkan thinner secukupnya. Aduk terus bahan-bahan di dalam ember ini supaya tercampur rata. Anda tidak perlu khawatir kekuatan bubuk glow in the dark akan melemah. Justru semakin rata Anda mencampurkannya, kinerja bubuk tersebut akan semakin baik.

Langkah 5. Gunakan Cat ke Permukaan Dinding

Sebelumnya Anda perlu memahami bahwa cat glow in the dark bekerja dengan menyimpan cahaya terlebih dahulu, kemudian memendarkannya pada saat itu juga. Jadi cat ini harus diberi cahaya sebelumnya agar kemudian bisa menyala di dalam kegelapan. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda kuaskan cat ini di permukaan dinding yang bisa tertimpa sinar matahari secara langsung. Namun jika Anda terpaksa menggunakan cat ini di sisi dinding yang terhalang, Anda bisa memasang lampu ultraviolet sebagai pengisi cahaya nantinya