Material
Dec6

Cara Ampuh Membuka Mur yang Keras

Bagaimana cara membuka mur yang keras? Bersama baut, mur dikenal sebagai alat yang dapat digunakan untuk menyambung dua benda. Mur mempunyai bentuk seperti cincin berpenampang segi enam atau segi empat dengan ulir di permukaan bagian dalamnya. Saat ini, tidak sedikit peralatan pertukangan yang menggunakan mur sebagai penguncinya. Dibandingkan dengan alat penyambung yang lain, mur memiliki kelebihan tersendiri yaitu tidak merusak struktur benda yang akan disambung.

Proses pemasangan mur dan baut memang sangat mudah. Namun untuk melepaskan kembali kadang-kadang cukup sulit. Butuh trik tersendiri agar mur bisa terlepas dari baut. Masalah muncul manakala mur yang dipakai tidak sesuai dengan diameter baut atau kondisi mur tersebut telah rusak sehingga susah untuk dilepaskan. Jika dipaksakan, mur malah akan semakin rusak.

cara-membuka-mur-slek.jpg

Anda harus tetap bersikap tenang dalam menghadapi mur yang keras dan tidak mau dibuka. Berikut ini salah satu trik yang bisa Anda terapkan sendiri dan semoga berhasil!

Alat-alat yang digunakan :

  • Palu
  • Obeng minus
  • Kunci inggris atau kunci yang sesuai dengan penampang mur
  • Pelumas dari oli rem atau minyak goreng

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Tuangkan cairan pelumas secukupnya ke dalam wadah. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskan pelumas tersebut ke sekujur permukaan mur dan baut. Kalau perlu, Anda bisa memberikan tekanan pada mur agar cairan pelumas bisa masuk ke sela-selanya. Tunggulah selama 10-15 menit supaya cairan pelumas menyelimuti seluruh permukaan baut dan mur.
  2. Siapkan palu. Ketuklah sekeliling permukaan mur menggunakan palu agar debu dan karat yang menempel di permukaan rontok dan jatuh ke lantai. Lakukan proses pengetukan ini selama beberapa kali hingga permukaan mur lebih bersih sehingga cairan pelumas bisa masuk ke dalam sela-selanya.
  3. Jika kondisi mur sudah agak gundul, Anda bisa membentuknya kembali menggunakan obeng minus yang diketuk memakai palu berkali-kali. Kerjakan proses ini dengan telaten hingga terbentuk sisi yang bisa menjadi pegangan bagi kunci untuk mencengkeram mur tersebut. Perlu diketahui, proses ini membutuhkan sedikit trik .
  4. Ambil kunci inggris. Atur penjepitnya agar sesuai dengan ukuran mur yang ingin dibuka. Posisikan kunci inggris tersebut pada mur. Lalu goyangkan kunci inggris beberapa kali ke atas dan ke bawah untuk mengendurkan posisi mur.
  5. Apabila Anda merasakan posisi mur telah berubah walaupun sedikit, tandanya Anda sudah bisa mulai membuka mur tersebut. Cukup putarlah mur ini menggunakan kunci inggris dengan gerakan yang berlawanan arah jarum jam. Lakukan hingga mur terlepas dari dudukannya.

Selamat mencoba!