Besi Hollow : Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan Jenis-jenisnya!

Besi hollow pada dasarnya merupakan besi batangan yang memiliki rongga di dalamnya. Tepatnya besi ini berbentuk layaknya pipa panjang yang berongga. Besi hollow juga kerap disebut sebagai pipa kotak karena penampangnya berbentuk segi empat. Namun sebenarnya besi hollow yang masih termasuk di dalam golongan besi HSS (Hollow Structural Section) ini memiliki penampang yang bermacam-macam. Tak hanya kotak, tetapi ada yang bentuknya bundar, elips, persegi panjang, dan bujur sangkar.

Fungsi besi hollow ini luas sekali ya. Memang benar, kebanyakan besi hollow digunakan di dalam proses pembuatan konstruktsi penopang plafon. Tetapi ternyata Anda juga dapat memakai material ini untuk keperluan yang lainnya. Contohnya yaitu besi hollow bisa dimanfaatkan untuk membuat rangka kanopi, pagar modern, teralis minimalis, railing, dan lain-lain. Bahkan besi hollow juga dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan panel gypsum, aksesori interior, atau furniture bergaya industrial.

pengertian-besi-hollow.jpg

Kelebihan dan Kekurangan

Dibandingkan dengan jenis besi yang lainnya, besi hollow mempunyai beberapa kelebihan antara lain :

  1. Memiliki Kualitas yang Terjamin

Besi hollow mempunyai kualitas yang benar-benar terjamin karena dibuat oleh pabrik dengan pengawasan yang begitu ketat. Anda tidak perlu meragukan lagi akan mutu yang dimilikinya.

  1. Daya Tahan yang Tinggi Terhadap Api

Terbukti bahwa besi hollow memiliki ketahanan yang begitu tinggi terhadap api. Besi ini tetap mampu bertahan dengan api meskipun terkena api dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Pemasangan Relatif Mudah dan Cepat

Memasang besi hollow membentuk suatu rangkaian konstruksi bangunan relatif cukup mudah dilakukan. Sehingga pekerjaan dengan memakai material ini mampu diselesaikan lebih cepat.

  1. Gampang Dalam Perawatannya

Besi hollow merupakan bahan bangunan yang mudah dirawat. Pada dasarnya, besi hollow tidak memerlukan teknik perawatan secara khusus. Anda cukup menjaganya tetap bersih dan kering.

  1. Tidak Mudah Mengalami Korosi

apa-itu-besi-hollow.jpg

Tak sedikit orang yang ragu menggunakan besi karena dapat berkarat. Tapi lain halnya dengan besi hollow yang tidak mudah mengalami korosi. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkannya.

Namun di sisi lain besi hollow juga masih memiliki kekurangan-kekurangan di antaranya :

  1. Bagian Dalamnya Kopong Tak Berisi

Besi hollow memiliki wujud berupa pipa besi dengan rongga. Bagian dalam pipa ini kopong tidak berisi. Hal ini membuatnya tidak setangguh besi batangan pada umumnya.

  1. Tidak Mampu Menahan Beban Berat

Anda harus merangkai besi hollow ini dengan penuh perhitungan. Sebab kenyataannya besi ini tidak mampu menahan beban yang terlalu berat loh.

  1. Panjang Maksimalnya Terbatas

Pabrik memproduksi besi hollow dengan spesifikasi tertentu. Biasanya panjang maksimal besi ini hanya mencapai 6 meter. Tapi Anda tetap bisa menyambungnya kok.

fungsi-besi-hollow.jpg

Jenis-jenis Besi Hollow

Berdasarkan bahan baku pembuatnya, besi hollow dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain yaitu :

  • Besi Hollow Galvanise

Besi hollow galvanise terbuat dari logam galvanise. Besi hollow ini mempunyai lapisan finishing yang terdiri atas 97% zinc coating, 1% aluminium coating, dan 2% unsur yang lain. Besi hollow ini banyak dimanfaatkan untuk membuat pagar dan kanopi. Untuk membuatnya lebih awet dan tak mudah berkarat, sebaiknya permukaan besi hollow galvanise ini dilapisi dengan bahan anti karat atau cat coating sebagai pelindungnya.

  • Besi Hollow Galvalume

Ada pula besi hollow yang terbuat dari logam galvalume. Besi hollow galvalume ini mengandung 55% aluminium, 43.5% besi, dan 1.5% silicon. Kombinasi unsur-unsur ini sengaja dilakukan untuk menciptakan suatu logam yang memiliki ketahanan tinggi terhadap karat. Boleh dibilang kalau besi hollow galvalume mempunyai kualitas yang lebih tinggi dibandingkan besi hollow galvanise. Maka tak heran, harganya pun lebih mahal.

kelebihan-besi-hollow.jpg

Perlu Anda ketahui, semua besi hollow di pasaran mempunyai ukuran panjang yang baku yaitu 6 m. Jadi hanya ada satu saja ukuran panjang besi hollow yakni cuma 6 m. Variasinya berdasarkan ketebalan yang dimiliki antara lain 0.3 mm, 0.6 mm, 0.7 mm, 0.8 mm, 1.7 mm, dan 2.3 mm. Serta ukuran penampang besi ini, baik panjang maupun lebarnya, pun bermacam-macam. Tabel di bawah ini akan menjelaskan ukuran panjang dan lebar dari penampang besi hollow  yang tersedia di pasaran.

Panjang (mm)

Lebar (mm)

16

36

20

20

30

30

36

36

40

60

45

75

60

60

50

100