Apa sih Kelebihan dan Kekurangan Wall Sticker?

Anda bisa menghiasi dinding menggunakan wall sticker. Bedanya dari wallpaper, wall sticker ini berupa stiker yang dapat ditempelkan di permukaan dinding. Umumnya wall sticker berbentuk cutting sticker, di mana potongan-potongannya sesuai dengan gambar. Anda hanya perlu melepaskan lapisan penutup lem yang ada di bagian belakangnya. Kemudian tempelkan wall sticker di tempat yang Anda inginkan. Dinding pun menjadi lebih menarik.

Wall sticker itu berbeda dengan wallpaper. Perbedaan yang mencolok tentu terletak pada wujudnya. Seperti yang kami sebutkan di atas kalau wall sticker ini tak ubahnya seperti cutting sticker biasa. Bedanya hanya bahan yang digunakan khusus untuk pemasangan di permukaan dinding. Wall sticker hanya menutupi bidang dinding yang ditempelinya. Sedangkan wallpaper memiliki bentuk kotak. Pemasangan wallpaper akan menutupi seluruh permukaan dinding.

kelebihan-dan-kekurangan-wall-sticker.jpg

Apabila dilihat dari sejarahnya, wall sticker ditemukan setelah wallpaper ada. Stiker dinding ini muncul sebab seseorang ingin menghiasi dinding tanpa harus menutup semua permukaannya. Pemasangan wall sticker juga jauh lebih mudah daripada wallpaper. Nantinya permukaan dinding yang menjadi tempat pemasangan wall sticker ini bakal menjadi background gambar. Hasilnya ialah dinding bisa menyatu dengan wall sticker sehingga tampak kian menarik.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh wall sticker ini, di antaranya :

KELEBIHAN

  1. Mudah Dipasang

Proses pemasangan wall sticker sangat mudah tidak ubahnya seperti memasang stiker biasa. Anda hanya perlu membersihkan permukaan dinding yang akan ditempeli wall sticker terlebih dahulu. Kemudian lepaskan lapisan penutup perekat yang terdapat di bagian belakangnya. Setelah itu, tempelkan saja wall sticker tersebut ke permukaan dinding. Betulkan sebentar posisinya. Lalu tinggal ditekan lagi sampai menempel kuat.

  1. Instalasinya Cepat

Karena kemudahan dalam proses pemasangannya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk menempelkan wall sticker di permukaan dinding. Dijamin prosesnya sangat cepat dan tidak akan lama. Toh Anda hanya perlu menempelkan wall sticker tersebut saja. Justru proses perencanaan pemasangannya yang akan memakan waktu lebih lama. Anda butuh ide yang kuat di mana posisi penempatan yang terbaik.

  1. Hemat Biaya

Kalau kita memasang wallpaper diperlukan lem khusus. Apalagi kalau Anda tak berani memasangnya sendiri, Anda membutuhkan biaya lagi untuk tenaga pemasangnya. Hal ini berbeda dari wall sticker. Wall sticker tidak membutuhkan lem tambahan. Sudah ada lapisan lem di belakang wall sticker ini. Anda juga tidak memerlukan bantuan tenaga ahli sebab pemasangannya yang memang mudah sekali.

  1. Gampang Diganti

Berbeda dengan wallpaper, Anda bisa melepaskan wall sticker lalu memasangnya lagi sesuka hati. Hal ini sama sekali tidak merusak wall sticker tersebut. Bahkan kini juga sudah ada wall sticker temporary yang memang diperuntukkan bagi keperluan ini. Hanya saja daya rekat lapisan lem yang ada di belakang wall sticker tersebut akan melemah seiring dengan semakin sering Anda mencopotnya.

  1. Tidak Merusak

Kelebihan lain dari wall sticker adalah sama sekali tidak menimbulkan kerusakan pada permukaan dinding. Dinding yang dipasangi wall sticker tidak akan mengalami dampak apapun. Begitu pula jika Anda melepaskan wall sticker dari permukaan dinding, tidak ada efek serius yang dialami oleh dinding. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa lebih tenang saat berkreasi menggunakan wall sticker.

KEKURANGAN

  1. Tidak Tahan Lama

Wall sticker memang sudah dilapisi bahan perekat oleh pabrik pembuatnya. Sayangnya kekuatan lapisan bahan perekat tersebut tidak terlalu baik. Biasanya kurang dari 2-3 tahun wall sticker yang sudah ditempelkan di dinding akan terlepas dengan sendirinya. Terlebih jika Anda sering memindahkan posisi pemasangannya. Semakin sering Anda melepaskan dan menempelkan ulang, semakin cepat pula kekuatan lemnya sirna.

  1. Tidak Bisa Menutupi Kekurangan Dinding

Anda bisa memanfaatkan wallpaper untuk menutupi dinding yang kurang sempurna. Tapi berbeda dengan wall sticker yang tidak bisa digunakan untuk tujuan serupa. Wall sticker tidak mampu menutupi permukaan dinding yang cacat karena bentangannya yang tidak terlalu luas. Wall sticker ini hanya menutupi sudut-sudut tertentu saja. Dinding yang kurang sempurna tidak bisa disembunyikan menggunakan wall sticker.

  1. Tidak Bisa Mengangkat Nilai Dinding

Seperti kita tahu, ruangan yang dihiasi dengan wallpaper tak hanya akan terlihat lebih menarik, tetapi juga berkelas. Ada kesan elegan dan mewah yang mampu dikeluarkan oleh wallpaper. Sayangnya kesan serupa tidak bisa ditampilkan oleh wall sticker. Wall sticker hanya akan membuat ruangan terlihat lebih hidup saja. Nilai ruangan tersebut tidak bisa meningkat hanya dengan mengaplikasikan wall sticker di permukaan dinding.