Apa Sebabnya Plafon Rumah Anda Berjamur?

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah penyebab plafon rumah berjamur? Masalah ini sebenarnya dapat terjadi lantaran beragam faktor penyebab. Tetapi pada intinya penyebab kenapa plafon bisa berjamur ialah kelembaban udara serta kelembaban substrat material. Kelembaban udara timbul akibat udara yang mengalami proses kondensasi. Sementara kelembaban substrat plafon bisa terjadi ketika material terkena air secara langsung. Misalnya apabila atap rumah bocor, maka air hujan bisa mengenai plafon.

Kelembaban udara di suatu ruangan dan kelembaban substrat material dapat menyebabkan dampak yang berbeda-beda terhadap material bangunan. Hal ini tergantung seberapa parah tingkat kelembabannya serta bagaimana pemilik rumah mengatasi masalah tersebut. Namun salah satu dampak yang paling sering muncul adalah berjamurnya permukaan plafon, baik di satu sisi maupun dua sisinya sekaligus. Plafon yang berjamur sangat mudah terlihat karena ukurannya cukup besar. Hal ini juga dapat merusak nilai estetika hunian Anda.

penyebab-plafon-gypsum-berjamur.jpg

Kelembaban udara yang terjadi di bangunan-bangunan tua umumnya diakibatkan oleh sistem ventilasi udara dan ventilasi cahaya yang buruk. Faktor penyebabnya bisa dikarenakan oleh desain rumah itu sendiri atau kondisi lingkungan di sekitarnya. Rumah yang dilengkapi jendela dalam jumlah yang minim, lubang udara yang sedikit, dan pintu yang selalu tertutup akan meningkatkan kelembaban udara di dalamnya. Rumah-rumah tua juga biasanya dikelilingi oleh pepohonan besar yang bisa menghambat perputaran udara dan menghalangi sinar matahari.

Ada beberapa ciri-ciri yang diperlihatkan oleh plafon rumah yang berjamur akibat faktor usia, antara lain :

  1. Populasi jamur paling banyak tumbuh di bagian pinggir plafon
  2. Jamur lebih banyak terlihat di lantai atas apabila bangunannya bertingkat
  3. Penyebab utama timbulnya jamur ialah ventilasi loteng yang tidak lancar
  4. Warna plafon berubah menjadi berwarna keabu-abuan
  5. Kadang-kadang pertumbuhan jamur merembet ke dinding bangunan

Sementara itu, rumah yang berjamur karena faktor air akan menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Jamur hanya tumbuh di satu area saja
  2. Titik mula tumbuhnya jamur bisa terlihat jelas
  3. Pertumbuhan jamur terjadi dengan pola melingkar
  4. Warna plafon berubah menjadi kecokelatan atau kekuningan
  5. Warna lantai yang ada tepat di bawah plafon yang berjamur menjadi kusam

Terdapat sejumlah kasus di mana lokasi tumbuhnya jamur di plafon rumah hanya terjadi di ruangan-ruangan tertentu saja. Kasus ini dapat kita kategorikan sebagai kondisi yang tidak biasa sehingga memerlukan penanganan secara khusus. Penyebab utamanya tidak lain karena kesalahan dalam mendesain bangunan itu sendiri. Misalnya seperti penambahan papan partickel board, pengaturan ketinggian lantai, penggunaan material yang dapat menahan kelembaban, dan lain-lain.

Plafon gypsum yang sudah terlanjur berjamur dapat merusak keindahan interior serta menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, plafon tersebut harus diganti dengan plafon baru secepat-cepatnya. Namun sebelumnya Anda perlu memperbaiki sumber masalah berjamurnya plafon rumah itu terlebih dahulu. Tidak lucu kan kalau nantinya plafon pengganti tersebut juga kembali ditumbuhi jamur?

Masalah atap yang bocor bisa diperbaiki dengan memastikan susunan gentengnya sudah rapat dan rapi. Atap tersebut harus cukup kuat dalam menahan derasnya air hujan Bila perlu, Anda bisa mengaplikasikan cat waterproof di permukaannya. Sedangkan masalah ventilasi udara bisa diatasi dengan menambah lubang sebagai jalur ventilasi udara masuk dan keluar. Mulai sekarang Anda juga harus membiasakan diri membuka jendela ruangan pada siang hari.