Apa itu Wallpaper Dinding? Yuk, Berkenalan!

Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk pergi menuju ke Roma. Begitu pula ada banyak cara yang bisa dilakukan guna menghiasi rumah tinggal. Salah satunya dengan menggunakan wallpaper. Wallpaper adalah kertas yang berfungsi untuk memperindah tampilan dinding. Ini merupakan kertas yang mempunyai gambar berupa motif atau corak tertentu di permukaan. Dengan memasang kertas tersebut, dinding akan terlihat lebih indah.

Sebenarnya wallpaper tidak harus terbuat dari kertas. Faktanya kini produk wallpaper tersedia dalam berbagai variasi bahan-bahan pembuat. Ada wallpaper yang terbuat dari bahan vinyl, kain, logam, PVC, dan sebagainya. Bahan kertas dianggap memiliki banyak kekurangan apabila dibandingkan dengan bahan lainnya. Terutama kertas sangat rentan terhadap air dan mudah kotor. Itu sebabnya, inovasi bahan pembuat wallpaper pun dilakukan.

apa-itu-wallpaper-dinding.jpeg

Wallpaper mempunyai kelebihan pada gambar yang dimilikinya. Gambar tersebut mampu menciptakan ruangan yang jauh lebih berkesan daripada pemakaian cat. Ada corak dan motif yang dimiliki oleh wallpaper sehingga bisa menghidupkan suasana ruangan. Dengan memakai wallpaper, maka Anda bisa membuat suatu desain ruangan secara mudah dan cepat. Bahkan hasilnya jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan penggunaan cat dinding.

Produk wallpaper memiliki bentuk berupa lembaran. Toko biasanya menjual wallpaper per roll. Belum ada lapisan perekat di bagian belakang wallpaper sehingga untuk memasangnya ke permukaan dinding, Anda membutuhkan lem khusus. Lem tersebut lantas dioleskan di bagian belakang wallpaper secara merata. Kemudian pasanglah wallpaper dengan tepat ke dinding. Pastikan posisi pemasangannya sudah benar, kemudian tekan untuk merekatkannya.

Harga wallpaper memang lebih mahal daripada cat dinding. Selisihnya sendiri bahkan bisa mencapai dua kali lipat. Namun jika dihitung dengan baik, penggunaan wallpaper justru lebih menghemat biaya. Hal ini dikarenakan usia pakai wallpaper yang sangat lama hingga mencapai lebih dari 10 tahun. Wallpaper dapat digunakan sampai satu dasawarsa tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Jadi Anda tidak perlu rutin menggantinya.

Keistimewaan lain yang dimilik oleh wallpaper ialah kesan elegan yang dimilikinya. Pemakaian wallpaper secara otomatis akan membuat ruangan menjadi lebih elegan dan mewah. Ada efek premium yang mampu ditampilkan oleh wallpaper. Ruangan yang dihiasi memakai wallpaper bakal mempunyai nilai yang lebih tinggi. Ruangan tersebut juga akan menjadi lebih unik dan berbeda dengan adanya wallpaper yang menghiasi dinding.