Material
Jan11

Apa itu Solid Surface? Ini Pengertiannya!

Apa itu solid surface? Solid surface adalah material sintetis yang terbuat dari campuran akrilik, polyester, dan pigmen warna yang dibentuk menyerupai granit atau marmer. Itulah sebabnya solid surface sering kali disebut pula sebagai granit/marmer buatan. Walaupun termasuk material tiruan, solid surface memiliki kelebihan tersendiri.

Solid surface tidak hanya bisa diterapkan untuk menutupi permukaan lantai dan dinding bangunan, tetapi juga pada perabotan. Misalnya pada kitchen set, material ini biasanya diaplikasikan di atas meja dapur (island). Karena tidak mempunyai pori-pori, praktis tidak ada kotoran membandel yang melekat di permukaan meja dapur tersebut. Alhasil, Anda pun menjadi lebih mudah dalam membersihkannya sehingga kualitas bahan makanan tetap terjamin.

apa-itu-solid-surface.jpg

Berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki oleh solid surface. Dengan memahami karakteristik tersebut, Anda bisa mempertimbangkan sekali lagi untuk lebih memilih menggunakan solid surface.

  1. Memiliki Pori-pori yang Berukuran Sangat Kecil

Solid surface merupakan bahan bangunan yang diproduksi oleh pabrik dengan standarisasi tertentu. Material ini juga melalui proses pemolesan yang membuat tekstur permukaannya sangat licin. Solid surface mempunyai pori-pori yang kecil sekali. Saking kecilnya ukuran pori-pori tersebut, bahkan kotoran pun tidak mampu untuk menempel di permukaannya. Oleh karena itu, material ini paling banyak dipakai untuk menutupi bagian atas kitchen set.

  1. Tahan Terhadap Goresan, Benturan, dan Panas

Sesuai namanya, solid surface mempunyai tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Hal ini membuat ketahanannya terhadap goresan dan benturan terbilang bagus. Solid surface tahan dari panas yang ekstrem. Walaupun begitu, secara sengaja Anda tetap bisa menggores permukaan solid surface menggunakan alat yang tajam dengan tekanan yang kuat. Nantinya bekas goresan yang timbul dapat dihilangkan secara mudah dengan memolesnya kembali.

  1. Pilihannya Cukup Beraneka Ragam

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal solid surface, maka tingkat permintaannya pun melonjak tajam. Untuk mencegah terjadinya kebosanan terhadap material ini, pihak produsen kini membuat solid surface dengan beraneka ragam bentuk, ukuran, warna, dan motif. Anda bebas berkreasi memakai solid surface untuk menciptakan http://arafuru.com”>rumah yang berdesain modern, minimalis, natural, atau elegan.

  1. Dibanderol Lebih Mahal Ketimbang Material Aslinya

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa ide pembuatan solid surface adalah menyiasati keterbatasan jumlah granit dan marmer yang merupakan batuan alami. Pada umumnya, harga suatu material tiruan lebih murah dibandingkan dengan material aslinya. Sebagai contoh, harga papan kayu olahan (plywood) lebih murah daripada harga papan kayu solid. Menariknya rata-rata solid surface dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang granit atau marmer. Banderol tersebut tentu tidak terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh solid surface.