Material
Jan7

6 Tips Memilih Cat Batu Alam yang Paling Tepat

Butuh tips dalam memilih cat batu alam yang paling tepat? Akhir-akhir ini, batu alam seringkali diaplikasikan di rumah-rumah di Indonesia. Batu alam dinilai memiliki pesona tersendiri yang berbeda daripada material lainnya. Hal ini yang membuat batu alam terlihat sangat cocok ketika diterapkan pada bangunan, mulai dari yang bergaya tradisional sampai dengan modern.

Pilihan macam-macam batu alam yang tersedia di pasaran pun beranekaragam. Anda bisa memilih batu andesit, batu candi, batu pasir, batu kali, batu gamping, batu sabak, batu marmer, dan lain-lain. Banyaknya pilihan batu alam yang tersedia ini tentu bakal memudahkan kita dalam berkreasi dan mengolah desain sesuai selera.

cat-batu-alam.jpg

Sayangnya, batu alam gampang sekali ditumbuhi lumut dan jamur. Lumut cenderung suka tumbuh di sisi permukaan batu yang sering mendapat terpaan sinar matahari. Sedangkan jamur malah menyukai sisi sebaliknya yang tidak terkena cahaya matahari. Jika dibiarkan, selain akan mengurangi keindahan batu alam, lumut dan jamur tersebut juga bisa merusaknya secara perlahan.

Oleh karena itu, batu alam perlu diberikan cat coating sebagai bahan pelindungnya. Batu alam yang sudah dilapisi coating akan terhindar dari serangan jamur dan lumut sehingga kondisinya terjaga. Selain itu, efek mengkilap yang terkandung di dalam cat coating ini juga mampu meningkatkan keindahan dan kemewahan pada batu alam tersebut.

Tetapi bagaimana sih caranya memilih cat batu alam yang bagus?

1. Pilih Clear Coating Jika Ingin Batu Tampak Basah

Ada bermacam-macam varian cat batu alam yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah clear coating. Kesan yang ditampilkan dari cat ini adalah permukaan batu alam bakal terlihat basah dan guratan batu tampak menonjol. Dengan kata lain, pesona batu pun akan tampak lebih indah dan lebih bersih daripada sebelumnya.

2. Pilih Invisible Water untuk Kesan Natural

Beberapa orang mengaku lebih senang dengan tampilan batu alam yang apa adanya. Jika Anda juga menyukai kesan yang natural tersebut, maka pilihlah cat invisible water. Cat ini akan membuat suatu lapisang film yang sanggup menolak air sehingga air tidak bisa masuk ke pori-porinya. Alhasil, batu alam pun tetap terlihat alami walau sudah dilapisi dengan cat coating.

3. Pilih Waterproofing untuk Melindungi dari Air

Batu alam yang dipasang di tempat-tempat yang memiliki tingkat kelembaban tinggi rawan mengalami kerusakan. Itu sebabnya, Anda perlu mengaplikasikan cat yang bisa melindunginya dari rembesan air. Apalagi kalau bukan coating yang berjenis waterproofing. Coating ini sangat ampuh dalam menutup pori-pori batu sehingga tidak terjadi kebocoran sekecil apapun.

4. Pilih Coating yang Bersifat Anti-Alkali

Batu alam yang diletakkan di lingkungan eksterior juga rentan mengalami kerusakan. Penyebab utamanya adalah air hujan karena mengandung pH yang rendah. Hal ini membuat permukaan batu terlihat keputih-putihan. Guna mencegah hal tersebut terjadi, cobalah mendesain batu alam sedemikian rupa agar terhindar dari genangan air hujan di sekelilingnya. Anda juga bisa menerapkan cat yang bersifat anti-alkali untuk mencegah air hujan terserap ke dalam batu.

5. Pilih Acrylic Solvent Based untuk Efek Glossy

Cat pelapis batu alam yang terbuat dari Acrylic Solvent Based juga perlu Anda perhitungkan. Pasalnya, cat ini memungkinkan pesona batu alam terlihat mengkilap. Cat ini mampu menempel kuat di permukaan batu dan melindunginya dari cuaca yang ekstrim. Paling cocok, Acrylic Solvent Based diaplikasikan pada batu yang berwarna gelap seperti batu andesit dan batu pacitoroso. Keunggulan lainnya, cat ini akan menonjolkan warna dan guratan alami yang dimiliki batu tersebut.

6. Pilih Sicosol agar Batu Alam Tetap Kering

Cat berbahan sicosol berguna untuk menjaga permukaan batu tetap kering. Perlu diketahui, sicosol merupakan larutan silicon yang terkandung di dalam solvent. Paling cocok, cat sicosol dikuaskan pada permukaan batu yang mempunyai porous seperti batu paras dan batu palimanan. Sebab, cat sicosol mampu mempertegas tekstur alami yang dimiliki oleh batu alam.