Material
Sep26

5 Tips Memilih Tangki Air yang Bagus

Bagaimana tips memilih tangki air yang bagus? Sebagaimana kita tahu, air merupakan kebutuhan utama bagi setiap makhluk hidup, khususnya manusia. Tanpa air tidak akan ada kehidupan lagi di dunia ini dan semuanya bakal mati karena kekeringan.

tips-memilih-tangki-air.jpg

Tangki Air

Berkat kepandaiannya, manusia menemukan metode yang tepat dalam menyimpan air bersih. Adalah tangki air, sebuah wadah berbentuk tangki berukuran besar yang dapat digunakan untuk menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan demikian kebutuhan air bagi pemilik tangki tersebut pun lebih terjamin setidaknya untuk dua hingga tiga hari ke depan.

Bingung memilih tangki air untuk dipakai di rumah anda? Ikuti tips-tips dari arafuru.com berikut!

1. Pastikan Keamanan Tangki Air

Karena digunakan sebagai tempat penyimpanan air, jadi tangki air tersebut harus dipastikan faktor keamanannya. Yakinkan bahwa tangki tersebut dibuat dengan memperhatikan standarisasi dari FDA (Food and Drug Administration). Usahakan tangki ini juga tidak mengeluarkan bau sehingga tidak mencemari air yang tersimpan di dalamnya.

2. Ambil Tangki Air Berbahan HDPE

HDPE (High Density Poly-Ethylene) adalah plastik yang memiliki tingkat kerapatan dan kualitas yang tinggi. Hal ini memungkinkan bahan pembuat tangki air tidak mengandung material berbahaya dan tidak bereaksi secara kimiawi dengan material lain. Di samping itu HDPE pun mempunyai daya tahan yang sangat kuat namun tetap bersifat elastis. Bahkan ada klaim yang menyebutkan kalau tandon HDPE ini sanggup bertahan hingga 20-50 tahun.

3. Pilih Tangki Air yang Berlapis-lapis

Terdapat begitu banyak model tangki air yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah tangki yang memiliki beberapa lapisan dinding sekaligus. Hal ini memungkinkan tangki tersebut lebih tahan terhadap suhu yang ekstrim. Begitu pula jika terjadi guncangan dan benturan yang cukup keras, tangki pun tidak gampang bocor.

4. Permukaan Tangki yang Licin Lebih Baik

Bukan hanya permukaan tangki bagian luar saja, melainkan permukaan tangki bagian dalam yang licin juga sebaiknya dipilih. Kenapa? Sebab permukaan yang halus tersebut bakal memudahkan anda dalam membersihkannya. Tentu saja, dengan begini anda bisa mencegah tumbuhnya lumut dan menumpuknya kotoran membandel di tangki. Air pun dapat dipastikan senantiasa bersih.

5. Tutup Tangki yang Berulir

Di samping desain tangki air yang bermacam-macam, model penutupnya pun ada banyak. Disarankan pilih penutup tangki air yang berulir sehingga bisa dipasang dengan kencang. Anda juga dapat membukanya secara mudah sewaktu-waktu jika diperlukan. Alhasil, kualitas air yang disimpan di dalam tangki akan terjamin.