5 Tips Memilih Septic Tank Bio yang Tepat

Apakah Anda mengalami kebingungan dalam memilih septic tank bio yang tepat? Septic tank bio mempunyai kelebihan yaitu proses instalasinya yang sangat praktis dan tidak membutuhkan perawatan secara khusus. Septic tank ini juga ramah lingkungan sebab tidak menimbulkan pencemaran air tanah. Ini dikarenakan di dalamnya terdapat sistem bio filtrasi yang sanggup menyaring air kotoran dari limbah sehingga lebih aman.

Pada septic tank bio, limbah yang masuk ke dalam septic tank akan dihancurkan oleh agen penghancur yang disebut bioball dan biofilter honeycom. Limbah yang semula berbentuk padat akan mencair. Kemudian limbah cair tersebut akan masuk ke rumah bakteri yang terletak persis di tengah-tengah  septic tank. Di tempat ini, limbah cair akan diuraikan oleh bakteri untuk sementara waktu. Selanjutnya, limbah cair yang sudah diproses akan mendapatkan tablet desinfektan atau klorin yang berfungsi untuk menjernihkan, menghilangkan bau, dan membunuh bakteri yang terdapat di limbah cair. Akhirnya, limbah tersebut pun lebih aman untuk dikeluarkan dari septic tank dan dialirkan melalui saluran air kotor.

memilih-bio-septic-tank.jpg

Saat ini, sudah ada banyak sekali produk septic tank bio yang dijual di Indonesia. Seharusnya banyaknya pilihan tersebut akan memudahkan Anda dalam memilih mana produk yang paling tepat, bukan malah membingungkan diri Anda sendiri. Prinsip dasarnya ialah nilai reputasi suatu merek tidak akan menipu Anda. Barulah kemudian Anda bisa memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti berikut ini :

  1. Gampang Dipasang

Septic tank bio mempunyai kelebihan pada instalasinya yang sangat mudah. Septic tank ini hanya perlu ditanamkan begitu saja di dalam lubang galian tanah yang telah dibuat sebelumnya. Sesuaikan volume septic tank dengan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak jumlah orang yang menggunakannya, maka kapasitas septic tank harus semakin besar. Namun Anda juga perlu memastikan bahwa dimensi septic tank tersebut pas ditanamkan di area yang tersedia, khususnya bila Anda mempunyai lahan yang terbatas.

  1. Minim Perawatan

Septic tank bio yang baik wajib tidak memerlukan perawatan khusus atau bahkan bebas perawatan. Rugi besar apabila Anda sudah menggunakan septic tank bio tetapi masih kerepotan dalam merawatnya seperti septic tank konvensional. Selain itu, septic tank tersebut juga harus bebas macet, anti bocor, dan tidak berbau.

  1. Ramah Lingkungan

Syarat septic tank bio yang bagus juga harus ramah terhadap lingkungan. Keberadaan septic tank tersebut tidak memberikan dampak negatif terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Begitu pula dengan air limbah yang keluar dari dalam tangki harus bersifat aman, bersih, dan tidak berbau. Selain itu, bahan baku pembuatan septic tank tersebut pun aman bagi tanah dan anti karat.

  1. Strukturnya Kuat

Kekuatan septic tank memegang peranan penting dalam menentukan usia pakai suatu septic tank. Septic tank bio yang Anda pilih harus terbuat dari material yang kuat sehingga tidak berisiko tinggi mengalami kebocoran. Jika Anda memilih septic tank dari fiber, pastikan septic tank tersebut terbuat dari serat fiber yang berkualitas tinggi sehingga tidak cepat mengalami pelapukan. Sedangkan untuk bagian rumah bakteri, septic tank bio yang bagus memakai bahan dari HDPE atau PVC yang anti karat.

  1. Dilengkapi Desinfektan

Desinfektan berperan penting pada sistem pembuangan limbah septic tank. Adanya desinfektan atau klorin ini berguna untuk menetralisir bakteri. Selain itu, air limbah yang telah bercampur desinfektan menjadi lebih jernih serta tidak berbau busuk. Itulah kenapa septic tank bio bersifat lebih ramah terhadap lingkungan.