5 Perbedaan Wallpaper dan Wallsticker

Kebanyakan masyarakat Indonesia belum terlalu familier dengan yang namanya wallpaper. Hal ini dibuktikan masih sedikitnya rumah yang menggunakan wallpaper sebagai aksen penghias dinding. Maklum saja karena wallpaper memang bukan berasal dari negeri kita. Rumah-rumah di Indonesia biasanya lebih memilih menggunakan cat tembok daripada wallpaper. Salah satu alasannya karena pamor wallpaper belum terlalu tinggi.

Untungnya seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat sudah mulai tahu apa itu wallpaper dinding. Penggunanya pun semakin meningkat sebab didukung oleh semakin banyak penjual wallpaper yang menawarkan produk yang beraneka ragam. Malahan sekarang sudah mulai ada varian baru dari wallpaper yaitu wallsticker. Tentunya wallsticker ini bisa menjadi alternatif pilihan jika Anda tidak terlalu suka menutupi seluruh permukaan dinding.

Persamaan antara wallpaper dan wallsticker hanya terletak pada media tempatnya menempel saja. Wallpaper dan wallsticker sama-sama dipasang di permukaan dinding. Keduanya bakal membuat tampilan dinding jauh lebih menarik berkat pesona yang dipancarkan dari motif atau corak yang dimilikinya. Berbeda dengan penggunaan cat tembok yang tampak monoton, dinding yang dihiasi menggunakan wallpaper/wallsticker akan terlihat lebih hidup.

Tapi tahukah Anda kalau wallpaper dan wallsticker itu berbeda?

Wallpaper (Kertas Dinding)

Pada dasarnya, wallpaper adalah kertas yang berfungsi untuk menghiasi dinding. Jadi kertas apapun itu yang dapat digunakan untuk membuat penampilan dinding menjadi lebih menarik layak disebut wallpaper. Awalnya wallpaper memang selalu terbuat dari kertas. Namun karena kertas ini tidak dapat dibersihkan menggunakan air, inovasi pun muncul dengan menghadirkan produk wallpaper yang terbuat dari bahan lainnya. Contohnya seperti vinyl, kain, heavy duty, serat, dan foil.

perbedaan-wallpaper-dan-wallsticker.jpg

Wallpaper dapat diaplikasikan pada interior rumah. Anda bisa memasang wallpaper di dinding supaya tampilannya lebih mengesankan. Wallpaper mempunyai motif yang dapat memberikan kesan tertentu pada ruangan yang dihiasinya. Dinding menjadi lebih berwarna serta tampak lebih hidup. Banyaknya pilihan motif dan corak yang tersedia saat ini juga mempermudah kita dalam memilih wallpaper yang paling tepat. Bahkan kini juga sudah ada wallpaper dengan tekstur yang timbul.

Wallsticker (Stiker Dinding)

Wallsticker adalah stiker yang dapat diaplikasikan di permukaan dinding. Yap, ini merupakan produk yang sama persis dengan stiker-stiker pada umumnya. Di bagian belakangnya terdapat lapisan lem perekat sehingga kita tinggal menempelkannya saja ke dinding tanpa perlu lem tambahan lagi. Cuma wallsticker ini memang stiker yang dirancang secara khusus untuk bidang dinding. Jadi pesonanya tampak menarik saat dipasang di dinding dan tidak mudah terkelupas sendiri.

perbedaan-wallsticker-dan-wallpaper.jpg

Wallsticker umumnya tersedia dalam jenis cutting sticker. Artinya potongan stiker ini sesuai dengan bentuk gambarnya. Jenis ini sengaja dipilih supaya wallsticker bisa menyatu sempurna dengan permukaan dinding yang menjadi latar belakangnya. Seolah-olah tidak mau kalah dengan wallpaper, perkembangan wallsticker juga sudah sangat maju. Bahkan sekarang juga sudah tersedia wallsticker tiga dimensi yang mempunyai wujud lebih nyata.

PERBEDAAN

Jadi antara wallpaper dan wallsticker mempunyai perbedaan-perbedaan yang meliputi :

  1. Wallpaper dijual dalam bentuk roll atau lembaran berbentuk Sedangkan bentuk wallsticker berupa potongan-potongan yang sesuai dengan bentuk gambarnya.
  2. Anda membutuhkan lem tambahan untuk memasang wallpaper. Tetapi wallsticker bisa langsung ditempelkan ke permukaan dinding karena sudah dilapisi lem.
  3. Wallpaper dapat menutupi seluruh bidang dinding yang ditempelinya. Berbeda dengan wallsticker yang justru menjadikan dinding sebagai background.
  4. Biasanya wallpaper bersifat permanen. Sementara wallsticker bersifat temporary yang bisa dipindah-pindahkan dengan mudah kapan pun Anda mau.
  5. Berdasarkan daya tahan yang dimilikinya, wallpaper jauh lebih awet dan tahan lama daripada wallsticker. Wallpaper tidak mudah terlepas sendiri.