5 Kelebihan dan 5 Kekurangan Wallpaper Dinding

Wallpaper dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghiasi dinding interior rumah Anda. Wallpaper mempunyai pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh cat dinding sekali pun. Anda bisa menciptakan rumah dengan desain yang paling indah menggunakan wallpaper. Hal ini berkat adanya gambar berupa corak/motif. Inilah yang membuat wallpaper begitu istimewa. Interior menjadi lebih menarik jika dihiasi memakai wallpaper.

Wallpaper biasanya dipasang di dalam rumah. Ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur merupakan ruangan-ruangan yang paling sering dihiasi dengan wallpaper. Jika rumah Anda memiliki lorong, Anda juga bisa memanfaatkan wallpaper untuk membuat suasananya terasa hidup. Hindari memasang wallpaper di tempat yang kondisinya lembab. Mengapa? Karena wallpaper tersebut bisa ditumbuhi jamur yang menyebabkannya rusak.

kelebihan-dan-kekurangan-wallpaper.jpg

Sama seperti bahan bangunan yang lainnya, wallpaper dinding pun mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal ini penting sekali diperhatikan oleh Anda yang ingin memasang wallpaper sendiri di rumah. Wallpaper memang kelihatan bagus dan mewah, tapi di sisi lain Anda perlu merawatnya secara rutin. Kenyataannya adalah permukaan wallpaper ini lebih mudah kotor daripada dinding yang hanya diwarnai memakai cat tembok.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh wallpaper. Semoga poin-poin berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan apakah mau menggunakan wallpaper atau tidak.

KELEBIHAN

  1. Wallpaper Mempunyai Gambar

Kelebihan utama yang dimiliki oleh wallpaper yaitu adanya gambar berupa corak atau motif. Dengan gambar ini, maka kita dapat menghadirkan suatu nuansa yang sesuai keinginan secara mudah. Cukup pilih saja gambar mana yang sesuai dengan desain yang ingin diciptakan. Kita memang bisa membuat gambar menggunakan cat. Tetapi prosesnya lebih sulit dan membutuhkan keahlian melukis. Berbeda dengan wallpaper yang cuma tinggal tempel.

  1. Instalasi Wallpaper itu Mudah dan Cepat

Yap, proses pemasangan wallpaper itu sebenarnya sangat mudah. Semudah Anda menempelkan stiker. Hal yang membuatnya rumit justru berasal dari pemikiran diri Anda sendiri. Anda merasa takut jika salah memasangnya, maka hasilnya wallpaper tampak berantakan dan tidak rapi. Padahal kenyataannya tidak demikian. Memasang wallpaper adalah pekerjaan yang sederhana. Asalkan Anda mengikuti panduan yang telah kami buat, hasilnya pasti bagus. Biasanya dalam waktu 1 hari kita sudah bisa memasang wallpaper yang cukup luas.

  1. Ragam Pilihannya Sangat Banyak

Hampir tak ada batas saat kita berkreasi menggunakan wallpaper. Saat ini ada banyak sekali pilihan wallpaper yang tersedia di pasaran. Anda bebas menentukan wallpaper mana yang paling sesuai dengan proyek yang sedang digarap. Kami jamin pasti Anda menemukannya. Berbagai gaya desain rumah bisa diciptakan dengan memanfaatkan wallpaper. Mau desain minimalis, modern, etnik, futuristik, dan lain-lain. Ini menjadi keunggulan lain dari wallpaper.

  1. Menciptakan Desain yang Kita Mau

Kalau Anda ingin menciptakan suatu desain dengan cara yang mudah, maka wallpaper bisa sangat membantu Anda. Gambar motif dan corak yang dimiliki oleh wallpaper akan membuat suasana ruangan yang dihiasinya seketika berubah. Desain ruangan tersebut langsung menjadi sama seperti desain pada wallpaper. Contohnya ruangan yang semula bergaya modern, saat dihiasi dengan wallpaper bergaya etnik, nuansa etnik ini akan langsung terasa sangat kuat.

  1. Rumah Menjadi Mewah dan Elegan

Jarang-jarang rumah di Indonesia yang menggunakan wallpaper. Oleh karena itu, rumah yang menggunakan wallpaper akan terlihat lebih bernilai. Nilai rumah Anda langsung menjadi naik drastis apabila dihiasi dengan wallpaper. Nuansa mewah dan elegan seketika akan terasa. Terlebih jika wallpaper yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan konsep pembangunan rumah secara keseluruhan. Tinggal menunggu waktu saja rumah Anda pasti akan banjir pujian.

KEKURANGAN

  1. Harga Wallpaper Sangat Mahal

Mengapa orang jarang menggunakan wallpaper? Salah satu alasannya karena harga wallpaper masih tergolong mahal. Setidaknya jika dibandingkan dengan cat dinding, harga wallpaper ini jauh lebih tinggi. Anda mungkin harus mempunyai alasan yang cukup kuat untuk membeli wallpaper agar tidak menyesal di kemudian hari. Belum lagi jika Anda masih takut memasang wallpaper sendiri, maka perlu uang tambahan yang banyak untuk biaya instalasinya.

  1. Wallpaper itu Tidak Tahan Lama

Memang ketahanan suatu benda dipengaruhi oleh bagaimana cara kita merawatnya. Wallpaper akan bertahan lama apabila kita rajin merawatnya dengan benar. Tetapi rata-rata wallpaper bisa bertahan selama 8-10 tahun. Pada usia 3 tahun biasanya telah menunjukkan pemudaran warna, meskipun tipis sekali. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, warna pada wallpaper tersebut akan semakin memudar. Apalagi jika wallpaper tertimpa sinar matahari secara langsung. Bandingkan dengan cat tembok yang mampu bertahan selama lebih dari 20 tahun.

  1. Wallpaper Rentan Berjamur

Masalah yang paling sering dihadapi oleh wallpaper adalah permukaannya berjamur. Penyebabnya sendiri ada tiga macam yaitu atap yang bocor, dinding yang rembes, dan kondisi interior yang lembab. Untuk menyiasatinya, Anda harus mengupayakan agar sirkulasi udara di dalam rumah dapat bergerak dengan lancar. Ruangan yang tertutup harus dipasangi AC supaya tidak lembab. Sedangkan ruangan yang terbuka wajib dilengkapi bukaan yang memadai meliputi jendela dan ventilasi udara.

  1. Permukaan Wallpaper Mudah Kotor

Permukaan wallpaper gampang sekali kotor. Partikel-partikel debu dapat dengan mudah menempel di permukaan dinding. Anda harus rutin membersihkannya supaya wallpaper tetap bersih sehingga warnanya tidak kusam dan kotor. Jika tidak, bukan tak mungkin debu tadi akan berubah menjadi noda membandel yang sulit dihilangkan. Proses membersihkan wallpaper bisa dilakukan memakai kain lap yang basah. Usapkan kain lap ini ke permukaan wallpaper dengan gerakan yang lembut.

  1. Anda harus Rutin Membersihkannya

Mau tak mau Anda harus rutin membersihkan wallpaper untuk menjaga tampilannya. Sebab wallpaper yang jarang dibersihkan tentu warnanya menjadi kusam akibat tertutup oleh kotoran. Hati-hati saat membersihkan wallpaper ini karena tekanan yang kuat akan mengakibatkannya rusak dan terkoyak. Dengan rutin membersihkannya, maka Anda telah menjaga pesona dari wallpaper tersebut.