Material
Dec5

5 Kelebihan dan 1 Kekurangan Plafon Kalsiboard

Apakah kelebihan dan kekurangan dari plafon kalsiboard? Kalsiboard adalah material bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir silica, dan serat selulosa. Kemudian bahan-bahan tersebut diproses sedemikian rupa, lalu dikeringkan dengan memakai tekanan dan temperatur yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat kalsiboard bersifat aman bagi kesehatan serta ramah terhadap lingkungan.

kelebihan-dan-kekurangan-plafon-kalsiboard.jpg

Kalsiboard tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda dan ditujukan untuk keperluan tertentu. Di antaranya kalsiboard berukuran 3 mm untuk plafon, kalsiboard berketebalan 8 mm untuk partisi interior, kalsiboard setebal 10 mm untuk dinding luar, kalsiboard berukuran 20 mm untuk lantai, dan lain-lain. Khusus untuk penerapan kalsiboard sebagai plafon, material ini mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan-bahan pembuat plafon lainnya. Apa sajakah itu?

1. Aman Bagi Kesehatan

Kelebihan pertama yang melekat pada kalsiboard adalah bahwa material ini sangat aman bagi kesehatan. Kalsiboard mengandung nol persen asbes. Perlu diketahui, asbes merupakan salah satu penyebab kanker paru-paru. Tanpa adanya kandungan asbes juga membuat kalsiboard tidak gampang patah.

2. Pemasangannya Mudah dan Cepat

Satu dari sekian banyak ragam kalsiboard ialah kalsiboard recessed. Kalsiboard ini memiliki bagian pinggiran yang lebih tipis sehingga mempermudah dalam penyambungannya. Hasilnya permukaan sambungan sama rata dengan permukaan lembaran. Bahkan tanpa pemakaian kompon pun kalsiboard-kalsiboard tersebut sudah terhubung dengan kuat.

3. Sifatnya Kuat Tetapi Lentur

Kebanyakan material yang kokoh cenderung lemah terhadap gaya tarik. Berbeda halnya dengan kalsiboard yang mempunyai kekuatan dan elastisitas yang bagus. Tidak hanya plafon yang datar, kalsiboard juga dapat dimanfaatkan untuk membuat plafon yang melengkung. Artinya kalsiboard dapat digunakan untuk menciptakan plafon dengan berbagai bentuk tanpa mengurangi kekuatannya.

4. Perawatannya Lebih Sederhana

Kalsiboard merupakan bahan bangunan yang antirayap, antilapuk, dan antikarat. Kalaupun terjadi kebocoran yang menimbulkan noda air di plafon kalsiboard, perbaikannya cukup dilakukan dengan mengampelas plafon tersebut lalu mengecatnya kembali. Dan yang paling penting yaitu plafon kalsiboard lebih tahan terhadap api sama seperti plafon gypsum.

5. Usia Pakainya Lama

Pada dasarnya, kalsiboard juga mempunyai tingkat keawetan yang tinggi. Plafon ini mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Oleh karena itu, harganya yang agak mahal sudah tertutup oleh usia pakainya yang lama.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, plafon kalsiboard juga tidak terlepas dari kekurangan. Berikut ini kelemahannya :

Tingkat Kembang Susunnya Tinggi

Kekurangan satu-satunya dari kalsiboard ialah memiliki tingkat kembang surut yang tinggi. Ukuran kalsiboard akan bertambah saat musim penghujan karena strukturnya mengembang. Sebaliknya pada musim kemarau, ukurannya bakal berkurang akibat strukturnya menyusut.

Itulah sebabnya plafon kalsiboard sering terlihat mengalami keretakan rambut yang tipis khususnya terjadi pada musim kemarau. Akibat ukuran pori-porinya yang mengecil, maka timbul lah semacam keretakan pada sambungan plafon ini. Untuk mengatasinya, disarankan menggunakan AC supaya suhu di dalam ruangan tetap stabil.