5 Ciri-ciri Batu Bata yang Bagus

Anda mungkin ingin membangun rumah menggunakan batu bata? Batu bata memang paling sering dipilih sebagai material pembentuk dinding. Alasannya bermacam-macam. Dari mulai harganya yang terjangkau, produknya mudah didapatkan, sampai kekuatannya yang sudah tak perlu diragukan lagi. Yap, masyarakat di Indonesia khususnya telah lama menggunakan batu bata untuk membangun rumah. Terbukti bangunan tersebut mampu berdiri kokoh hingga ratusan tahun lamanya.

Anda juga tentunya ingin rumah yang bakal didirikan nanti dapat terus berdiri dengan kokoh sampai ke anak cucu, kan? Bagaimana pun kita harus menjadi seorang leluhur yang baik, paling tidak dengan mempersembahkan sebuah tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni bagi para keturunan kita kelak. Nah, batu bata bisa menjadi salah satu pilihan bahan bangunan yang patut Anda pertimbangkan. Dengan menggunakan batu bata, rumah Anda pasti mempunyai kualitas yang sangat bagus.

ciri-ciri-batu-bata.jpg

Namun Anda harus waspada dan berhati-hati dalam membeli batu bata. Pasalnya kini semakin banyak pengrajin batu bata di sekitar kita. Karena orang yang membuat berbeda, maka wajar kalau kualitas produk yang dihasilkan pun berbeda-beda. Ada batu bata yang mutunya sangat bagus, tetapi tak sedikit pula yang berkualitas buruk. Sedangkan selisih harganya tidak terpaut begitu jauh. Jadi tugas Anda sebagai pembeli ialah melakukan pemilihan secara tepat terhadap batu bata yang ingin dibeli.

Mari kita ketahui bagaimana ciri-cirinya batu bata yang memiliki kualitas bagus itu!

  1. Berwarna Merah Keunguan

Batu bata menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya. Tanah ini memiliki warna alami yaitu merah kecokelat-cokelatan. Setelah dibentuk sedemikian rupa dan dijemur sampai kering, batu bata yang masih mentah lantas dibakar untuk mematangkan serta memperkuat strukturnya. Adapun tanda kalau batu bata tersebut sudah matang sempurna adalah warnanya berubah menjadi merah keunguan. Ini merupakan batu bata yang sudah mengalami proses pembakaran sangat baik.

  1. Suaranya Gemerencing

Batu bata yang berkualitas bagus pun dapat dilihat dari segi suaranya. Jikalau Anda membenturkan dua batu bata satu sama lain, maka akan terdengar perbedaan suara yang dihasilkannya. Batu bata yang bermutu tinggi adalah batu bata yang sanggup menghasilkan suara benturan yang gemerencing layaknya suara logam. Batu bata tadi pasti mempunyai struktur yang sangat keras dan kokoh sehingga suaranya pun seolah-olah terdengar seperti besi yang dibenturkan.

  1. Tahan Terhadap Air

Di satu sisi, air memang merupakan sumber kehidupan. Namun di sisi lain, air juga bisa menyebabkan kerusakan terhadap bangunan. Air dapat menyebabkan dinding menjadi lapuk sedikit demi sedikit. Apalagi kalau dindingnya terbuat dari bahan batu bata yang bermutu buruk. Anda harus memastikan kalau batu bata yang ingin dibeli tidak mudah hancur saat terkena air. Caranya dengan mencoba merendam sampel batu bata secara acak ke dalam air dan perhatikan hasilnya.

  1. Tidak Gampang Hancur

Anda juga perlu memastikan kalau batu bata yang akan digunakan untuk membangun rumah tidak gampang hancur. Batu bata tersebut harus mempunyai struktur yang kuat dan kokoh sehingga dapat membentuk konstruksi bangunan dengan sebaik-baiknya. Untuk menguji kekuatan batu bata, Anda bisa mencoba menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter. Batu bata yang kuat seharusnya tidak akan hancur jika dijatuhkan dari ketinggian tersebut.

  1. Memiliki Dimensi yang Seragam

Faktor keseragaman dimensi juga sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih batu bata. Anda sebaiknya membeli material yang mempunyai dimensi yang seragam. Baik bentuk maupun ukuran batu bata tersebut harus memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah Anda dalam melakukan pemasangan nantinya. Batu bata yang memiliki dimensi seragam akan menghemat pemakaian semen dan pasir sebagai perekatnya.