3 Penyebab Papan Gypsum Mengalami Retak Rambut

Apakah penyebab papan gypsum mengalami retak rambut? Beberapa rumah modern saat ini menggunakan papan gypsum sebagai material penyusun utamanya. Papan gypsum dinilai memiliki kelebihan tersendiri daripada bahan bangunan lainnya. Di antaranya yaitu proses pemasangannya lebih mudah, waktu pengerjaan lebih cepat, permukaannya rapi, kuat dan tahan lama, aman dari serangan rayap dan kumbang bubuk, serta harganya lebih terjangkau.

Akan tetapi, papan gypsum tidak bisa dihindarkan dari masalah yang dapat merusak strukturnya. Salah satu masalah yang paling sering menimpa material ini yaitu munculnya retak rambut di permukaan papan gypsum. Dinamakan retak rambut karena ukuran keretakannya sangat kecil dan tipis tak ubahnya seperti helaian rambut. Namun lama-kelamaan keretakan tersebut bisa bertambah besar apabila tidak segera diperbaiki.

papan-gypsum-retak-rambut.jpg

Paling tidak terdapat tiga faktor utama yang memicu terjadinya retak rambut pada papan gypsum Anda. Tentu saja Anda wajib mengetahui pokok persoalan ini supaya dapat mencari solusinya yang paling tepat. Hal ini disebabkan retak rambut yang terus dibiarkan maka ukuran keretakannya akan bertambah panjang. Anda tidak mau kan melihat papan gypsum yang sudah susah payah dipasang tersebut cepat sekali mengalami kerusakan?

Di bawah ini merupakan penyebab-penyebab utama retaknya suatu papan gypsum, antara lain :

Penyebab 1. Kualitas Material

Ada banyak sekali produsen yang membuat papan gypsum saat ini. Jadi tidak mengherankan kalau kualitasnya pun berbeda-beda. Perlu Anda ketahui, papan gypsum mempunyai tingkat muai dan susut. Papan gypsum mungkin akan memuai pada musim penghujan sehingga ukurannya bertambah panjang. Sebaliknya pada musim kemarau, papan gypsum tersebut mungkin akan menyusut karena kondisinya menjadi kering. Perubahan ukuran dari panjang, memendek, memanjang, dan seterusnya inilah yang menjadi awal pemicu terjadinya keretakan rambut pada papan gypsum.

Penyebab 2. Teknik Penyambungan

Papan gypsum dibuat dengan ukuran panjang dan lebar tertentu. Sehingga untuk memenuhi bidang kerja yang cukup luas, mau tidak mau harus dilakukan penyambungan papan gypsum. Kesalahan dalam menyambung material ini salah satunya dapat berakibat pada struktur papan gypsum mengalami keretakan rambut. Kondisi tersebut terjadi lantaran efek muai dan susut bisa menarik bagian sambungan sehingga muncul cracking yang ukurannya tipis sekali. Tetapi lama-kelamaan ukuran retak ini bisa bertambah besar akibat efek muai dan susut yang terus berlangsung.

Penyebab 3. Keahlian Pekerja

Upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari retak-retak di sambungan papan gypsum adalah mengaplikasikan pita kertas (UB tape) untuk memperkuat penyambungan yang memakai produk compound. Sayangnya tidak sedikit pekerja yang malah menggunakan pita kain (textile tape) sebagai penguatnya dan bukan pita kertas. Meskipun pekerjaan menjadi lebih mudah, tetapi penggunaan pita kain ini tidak kami sarankan sebab kekuatannya tidak cukup kuat dalam mencegah retak di sambungan papan gypsum.

Beberapa pekerja sering menghindari pemakaian pita kertas karena proses pemasangannya cukup rumit. Kesalahan dalam memasang pita kertas tersebut dapat mengakibatkan permukaan papan gypsum menjadi bergelembung. Masalah ini terjadi lantaran adanya udara yang terjebak di bawah pita kertas serta compound. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mencoba mengulang proses aplikasi compound dengan teknik yang benar.