3 Kelebihan Septic Tank Bio yang Paling Utama

Apakah kelebihan-kelebihan septic tank bio? Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang arsitektur, pembangunan septic tank pun mengalami banyak perubahan. Jika dahulu septic tank hanya dibuat dengan memperhatikan fungsionalitasnya saja sebagai tempat penampungan limbah, maka kini pembuatan septic tank pun memedulikan dampaknya terhadap lingkungan. Sebisa mungkin septic tank harus bersifat ramah terhadap lingkungan dalam artian tidak memberikan efek yang buruk.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka tercipta model septic tank baru yang dinamakan dengan septic tank biotech. Disebut demikian karena septic tank ini mengandalkan biofilter sebagai agen penghancur kotoran sehingga lebih mudah diuraikan oleh bakteri. Septic tank modern ini sanggup mengolah limbah padat yang masuk menjadi limbah cair yang lebih aman sehingga layak dikeluarkan. Selain itu, septic tank biotech juga mempunyai keunggulan tersendiri yaitu kepraktisan dalam proses instalasinya.

kelebihan-septic-tank-bio.jpg

Pada saat limbah memasuki septic tank, limbah tersebut secara otomatis akan memasuki area biofilter untuk dihancurkan. Limbah yang ukurannya sudah cukup kecil bisa melalui filter dan selanjutnya menuju ke rumah bakteri. Ini merupakan bagian dari septic tank biotech yang mengandung banyak sekali bakteri sehingga proses penguraian limbah menjadi lebih cepat. Dari sini, limbah cair akan dialirkan lagi ke bagian filter kedua untuk diberikan desinfektan supaya kondisinya lebih jernih dan tidak berbau busuk. Barulah kemudian limbah akan menuju ke saluran pembuangan yang terhubung dengan saluran air kotor.

  1. Ramah Lingkungan

Kelebihan utama yang dimiliki oleh septic tank bio apalagi kalau bukan sifatnya yang ramah terhadap lingkungan. Septic tank ini hampir tidak mencemari lingkungan karena limbah yang masuk tidak akan meresap ke dalam tanah akibat tertampung di dalam ruangannya. Bahan baku pembuatan septic tank ini yang berkualitas tinggi pun membuatnya bebas dari kebocoran, anti pecah, dan anti korosi. Begitu pula dengan limbah yang dikeluarkannya sudah diproses sedemikian rupa sehingga lebih aman.

  1. Instalasinya Mudah dan Cepat

Jika dibandingkan dengan proses pembangunan septic tank konvensional yang memakai beton, pembuatan septic tank bio bahkan jauh lebih cepat dan lebih mudah. Anda cukup membuat galian tanah sebagai tempat pemasangan septic tank ini. Lalu memasang pipa-pipa yang melengkapinya yang notabene sudah memiliki standar khusus karena diproduksi oleh pabrik. Coba bandingkan dengan pembuatan septic tank konvensional, di mana Anda harus membuat adukan beton terlebih dahulu, melakukan pengukuran, membangun ruang septic tank, serta menunggu waktu pengeringan.

  1. Bebas Perawatan

Bagi Anda yang menyukai kepraktisan, wajib hukumnya bagi Anda untuk memilih septic tank bio. Kenapa? Sebab septic ini begitu sangat memanjakan Anda. Anda tinggal memasang dan menggunakannya tanpa perlu merawatnya sama sekali. Septic tank ini sudah dirancang oleh para ahli untuk membuat kinerjanya berjalan secara otomatis untuk menampung limbah dan membuangnya dalam kondisi yang aman. Selain itu, produk septic tank bio pada umumnya juga dilengkapi dengan garansi sekurang-kurangnya 10 tahun.