15 Kelebihan dan 5 Kekurangan Atap Polycarbonate, Apa Saja Sih?

Apa sih atap polycarbonate itu? Atap polycarbonate adalah atap yang terbuat dari bahan polycarbonate. Atap ini mempunyai keistimewaan yaitu memiliki warna transparan sehingga mampu meneruskan sinar matahari secara maksimal. Umumnya atap polycarbonate dipasang sebagai kanopi, carport, ruang jemur pakaian, gudang penyimpanan barang, dan sebagainya. Pemasangan atap polycarbonate menggunakan rangka yang terbuat dari besi atau baja ringan yang dirangkai melalui proses pengelasan.

Atap polycarbonate merupakan atap yang spesial. Tidak hanya melindungi rumah dari derasnya hujan, tapi atap ini pun mampu meneruskan cahaya dengan baik. Sehingga ruangan-ruangan yang memerlukan pancaran sinar matahari secara maksimal dapat menggunakannya. Kemampuan atap polycarbonate ini dalam meneruskan cahaya memang sangat baik. Setidaknya 90% cahaya yang mengenainya kemudian akan diteruskan. Hal ini lantas membuat ruangan di bawahnya pun terang benderang.

Pembuatan atap polycarbonate memakai polimer dan plasticizer. Perlu Anda ketahui, plasticizer sendiri merupakan bahan tambahan yang dapat meningkatkan ketahanan dan fleksibilitas suatu material. Atap polycarbonate biasanya dijual berupa lembaran yang berukuran 18,8 x 2,1 m. Tetapi ada pula atap yang dijual per meter persegi. Sehingga Anda pun bisa membelinya sesuai kebutuhan. Sedangkan ketebalan atap polycarbonate ini berkisar antara 5-10 mm.

kelebihan-atap-polycarbonate.jpg

KELEBIHAN

Kalau dibandingkan dengan material atap yang lainnya, atap polycarbonate memiliki sejumlah kelebihan yang meliputi :

  1. Meneruskan Cahaya secara Maksimal

Kelebihan utama yang dimiliki oleh atap polycarbonate ialah mampu meneruskan sinar matahari dengan maksimal. Hampir 90% cahaya yang mengenainya akan diteruskan oleh atap ini. Apalagi untuk atap polycarbonate yang berwarna transparan, kemampuan meneruskan cahayanya jauh lebih maksimal lagi. Sehingga tak heran jika faktor inilah yang menjadi alasan pertama seseorang memilih atap polycarbonate. Karena dia ingin membuat ruangan di bawahnya nampak terang.

  1. Proses Pemasangannya Gampang

Pada dasarnya, atap yang berbentuk lembaran seperti atap polycarbonate ini jauh lebih mudah dipasang dibandingkan dengan atap yang bentuknya ubin. Di sini Anda tinggal memasangnya di rangka menggunakan sekrup, mur dan baut, atau paku ficher sesuai kebutuhan. Ukurannya yang luas juga membuat proses pengerjaannya lebih cepat selesai. Anda tinggal menyusun lembaran-lembaran atap polycarbonate ini, lalu mengikatnya.

  1. Memerlukan Rangka Lebih Sedikit

Berbeda dengan atap tanah liat dan atap keramik yang membutuhkan rangka atap yang banyak sekali, Anda memerlukan rangka atap yang lebih sedikit saat memasang atap polycarbonate ini. Hal ini dikarenakan bentuknya yang berupa lembaran-lembaran dengan ukuran yang cukup luas membuatnya dapat membentang dalam jarak yang cukup jauh. Terlebih bobotnya yang ringan juga memungkinkan untuk memakai rangka atap yang lebih sederhana.

  1. Mampu Meredam Sinar Ultraviolet

Anda tidak usah khawatir pada saat memasang atap polycarbonate. Walaupun atap ini mampu meneruskan cahaya yang melaluinya secara penuh, tapi ruangan di bawahnya tak terlalu panas kok. Meski ruangan di bawahnya terang-benderang, tetapi suasananya berbeda dengan di luar karena lebih adem. Kondisi ini terjadi lantaran atap polycarbonate sanggup meredam sinar UV penyebab panas yang terkandung di dalam cahaya matahari.

  1. Tersedia Dalam Berbagai Variasi Pilihan

Tenang saja karena Anda bisa tetap membuat desain rumah yang bergaya menggunakan atap polycarbonate. Anda tak perlu takut kalau memakai atap ini, maka imajinasi desain Anda bakal terbatasi. Sebab faktanya atap polycarbonate tersedia dalam pilihan yang sangat variatif. Atap polycarbonate memiliki variasi warna yang berbeda-beda, bukan cuma transparan saja. Selain itu, atap ini juga mempunyai beragam bentuk.

  1. Memiliki Bobot yang Ringan Sekali

Satu keuntungan lain saat Anda menggunakan atap polycarbonate yaitu atap ini memiliki bobot yang ringan. Bahkan bobot atap polycarbonate bisa dibilang ringan sekali loh. Bagaimana tidak? Sebab selembar atap polycarbonate saja mempunyai berat yang tidak lebih dari 1 kg. Tentunya dengan bobot tersebut akan mempermudah Anda dalam mengangkut dan memasangnya. Anda pun tidak perlu memasang rangka yang rumit untuk mendukung atap ini.

  1. Dapat Dipasang Membentuk Datar

Atap yang berbentuk lembara layaknya atap polycarbonate boleh Anda pasang dengan bentuk yang datar. Tapi bukan benar-benar datar, melainkan sudut kemiringannya sangat kecil agar air bisa mengalir sesuai dengan arah yang kita kehendaki. Bahkan atap ini tetap aman kendati kita memasangnya dengan tingkat kemiringan kurang dari 10 derajat. Hal tersebut sangat berguna bagi Anda yang memang ingin membuat atap yang berbentuk datar.

  1. Dilindungi Garansi yang Begitu Lama

Tidak perlu takut, cemas, atau khawatir terhadap kerusakan yang mungkin menimpa pada atap polycarbonate. Mengapa? Sebab rata-rata produsen atap ini memberikan jaminan secara penuh terhadap kualitas produk buatannya. Kebanyakan atap polycarbonate dilengkapi dengan garansi yang masa berlakunya lama sekali yaitu mencapai 10-15 tahun. Dengan garansi yang super lama ini, tentunya Anda tidak perlu waswas lagi memilih atap polycarbonate.

  1. Mempunyai Fleksibilitas yang Tinggi

Atap polycarbonate merupakan atap yang sangat fleksibel. Tingkat fleksibilitas atap ini begitu tinggi. Tak hanya berbentuk datar saja, Anda bisa memasang atap polycarbonate dengan bentuk melengkung. Atap berbentuk melengkung ini tentunya bakal membuat desain rumah terlihat lebih unik dan menarik. Rumah Anda pun nampak begitu dinamis serta tidak membosankan. Kini Anda mempunyai opsi yang lebih banyak dalam membuat atap rumah.

  1. Menciptakan Kesan yang Futuristik

Atap polycarbonate termasuk salah satu atap yang modern. Atap ini tercipta berkat kemajuan teknologi di bidang arsitektur. Kesan pertama yang akan tercipta dari pemasangan atap ini yaitu futuristik. Rumah Anda benar-benar terlihat seperti rumah masa depan saat menggunakannya. Desain rumah tersebut nampak begitu modern. Hal ini cocok sekali dipilih apabila Anda memang ingin membuat desain rumah modern yang penuh gaya.

  1. Risiko Kebocoran yang Sangat Minim

Atap polycarbonate mempunyai risiko kebocoran yang sangat rendah. Kenyataannya sih atap ini tidak bisa bocor kalau tidak ada kerusakan yang terjadi. Air hujan dengan lancar akan mengali di atas atap polycarbonate. Bagian sambungan-sambungannya pun tidak memiliki risiko tinggi akan mengalami bocor. Sehingga Anda pun bakal aman berlindung di bawah atap polycarbonate saat hujan turun. Karena atap ini memang tidak mungkin bocor.

  1. Tersedia di Berbagai Toko Bangunan

Material atap polycarbonate tergolong salah satu bahan bangunan yang sangat populer. Atap ini sudah digunakan di berbagai tempat. Tidak cuma rumah-rumah di perkotaan saja yang memakai atap polycarbonate, tapi rumah tinggal di lingkungan pedesaan serta daerah-daerah yang cukup terpencil pun sudah menggunakannya. Maka tak heran kalau berbagai toko bangunan pun ikut menyediakannya. Kami jamin deh di toko bangunan terdekat Anda pun ada.

  1. Bersifat Ramah Terhadap Lingkungan

Tahukah Anda, polycarbonate yang menjadi bahan utama pembuatan atap polycarbonate ini merupakan material yang ramah lingkungan. Memang sih material ini bukan bahan yang alami. Akan tetapi, Anda harus tahu kalau atap polycarbonate ini dapat didaur ulang berkali-kali untuk dipakai lagi dan lagi. Namun memang proses daur ulang atap polycarbonate membutuhkan alat yang canggih. Anda bisa mencobanya kalau mau.

  1. Harganya Ekonomis dan Terjangkau

Membandingkan atap polycarbonate paling tepat apabila disandingkan dengan atap yang juga mempunyai warna yang transparan. Apakah itu? Tidak lain adalah atap kaca. Karena memang cuma kedua atap ini saja yang mempunyai kemampuan untuk meneruskan cahaya. Kalau kita bandingkan harga antara atap polycarbonate dengan atap kaca, harga atap polycarbonate jauh lebih murah. Anda bisa menghemat anggaran jika menggunakan atap polycarbonate.

  1. Mudah Diangkut ke Lokasi Proyek

Keuntungan terakhir jika Anda menggunakan atap polycarbonate ialah proses pengangkutannya dapat dilakukan dengan mudah. Bentuk materialnya yang berupa lembaran-lembaran yang tipis memungkinkan kita untuk dapat mengangkutnya dalam jumlah yang banyak sekaligus. Apalagi bobot atap polycarbonate ini juga sangat ringan. Sehingga tak dibutuhkan banyak tenaga hanya sekadar untuk mengangkut material ini ke lokasi proyek.

kekurangan-atap-polycarbonate.jpg

KEKURANGAN

Sayangnya atap polycarbonate juga mempunyai kekurangan-kekurangan antara lain :

  1. Berisiko Terbentuk Noda Membandel

Sebagai atap yang transparan, atap polycarbonate ini mempunyai risiko permukaannya bakal kotor dan terbentuk noda membandel jika tidak lekas dibersihkan. Noda ini dapat menghalangi pancaran sinar matahari dan menimbulkan kesan yang jorok.

  1. Relatif Cukup Sulit untuk Dibersihkan

Kondisi atap polycarbonate akan terlihat dengan jelas dari arah bawah karena sifatnya yang bening. Jika kotor, atap tersebut benar-benar bakal nampak begitu jelas. Tapi sayangnya Anda bakal mengalami kesulitan untuk membersihkannya. Apalagi kalau bentangannya cukup lebar.

  1. Tidak Memungkinkan untuk Diinjak

Atap polycarbonate memiliki struktur yang cukup rapuh. Atap ini tak terlalu kuat maupun kokoh. Anda sama sekali tidak boleh menginjaknya karena atap polycarbonate akan langsung retak dan pecah kalau Anda melakukan hal tersebut.

  1. Kebocorannya Susah untuk Diperbaiki

Atap polycarbonate memang tidak mudah bocor. Akan tetapi jika terjadi kebocoran maka bakal sulit untuk diperbaiki. Sebab satu-satunya penyebab atap ini bocor yaitu terdapat bagian yang berlubang. Anda bakal sulit menambal lubang pada atap polycarbonate ini.

  1. Cukup Berisik Ketika Air Hujan Turun

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh atap polycarbonate ini yaitu mempunyai suara yang cukup berisik ketika hujan sedang turun. Walaupun suaranya tidak seberisik atap logam, tetapi suara berisik yang timbul ini cukup mengganggu.