13 Keunggulan Atap Spandek Berpasir, Masih Ragu Memilihnya?

Sekarang pilihan atap bangunan semakin bermacam-macam. Semuanya mempunyai keunggulan serta kelemahan tersendiri. Salah satu jenis atap yang paling mencolok dan mendapatkan perhatian tinggi dari masyarakat yaitu atap logam. Sesuai namanya, atap ini merupakan atap yang terbuat dari bahan logam. Logam menjadi bahan baku pembuatan atap yang satu ini. Biasanya dipakai beragam jenis logam untuk membuat atap tersebut sehingga karakteristiknya sesuai dengan keinginan kita.

Kelebihan utama dari atap logam yaitu mempunyai struktur yang kuat dan kokoh. Hal ini membuatnya tidak mudah rusak ataupun mengalami kebocoran. Tapi sayangnya atap logam ini memiliki kelemahan yakni dapat mengalami oksidasi yang mengakibatkannya berkarat. Oleh sebab itu, kemudian diciptakan sebuah atap bangunan yang bersifat anti-karat bernama atap spandek. Perkembangan selanjutnya dari atap spandek ialah atap spandek berpasir yang mempunyai keunggulan tersendiri.

kelebihan-atap-spandek-berpasir.jpg

Paling tidak atap spandek berpasir ini memiliki 13 keunggulan utama, di antaranya :

  • Tidak Menimbulkan Suara Berisik

Ini merupakan kelebihan utama yang dimiliki oleh atap spandek berpasir. Berbeda dengan jenis-jenis atap logam yang lainnya, atap spandek berpasir merupakan atap logam yang tidak memiliki suara yang berisik, khususnya ketika hujan sedang turun. Biasanya orang enggan menggunakan atap logam karena memang sangat berisik saat hujan. Namun tidak dengan atap yang satu ini. Atap spandek berpasir ini tidak berisik karena mempunyai lapisan peredam.

  • Mampu Meredam Panas Mentari

Bahan peredam pada atap ini berbentuk menyerupai hamparan pasir kasar yang disebarkan di atas permukaan atap. Selain berfungsi untuk meredam suara yang berisik pada saat hujan turun, lapisan peredam ini juga ternyata memiliki kegunaan untuk meredam panas dari sinar mentari. Anda tak perlu khawatir ruangan di bawahnya akan terasa panas. Sebab dengan menggunakan atap spandek berpasir ini, masalah tersebut tidak akan terjadi.

  • Tak Mudah Terserang Oleh Karat

Atap spandek berpasir adalah atap yang mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap karat. Atap ini tidak mudah mengalami korosi yang menjadi penyebab utama timbulnya karat. Bagaimana bisa? Sebab atap spandek berpasir pada dasarnya terbuat dengan tambahan unsur aluminium yang membuatnya bersifat anti-karat. Namun Anda tetap harus merawat atap ini dengan baik supaya tidak tergores sehingga karat pun tak akan pernah muncul.

kelemahan-atap-spandek-berpasir.jpg

  • Tersedia Dalam Warna Bervariasi

Kata siapa atap logam cuma tersedia dalam warna berupa perak atau silver saja? Buktinya ialah atap spandek berpasir mempunyai warna yang sangat beraneka ragam. Pilihan warnanya benar-benar bervariasi. Mulai dari warna putih, merah, biru, abu-abu, hijau, sampai biru pun ada. Jadi bagi Anda yang menginginkan tampilan atap rumah yang unik dan berbeda dari biasanya, Anda bisa mencoba menggunakan atap spandek berpasir ini.

  • Mempunyai Banyak Pilihan Ukuran

Selain pilihan warnanya yang sangat variatif, atap spandek berpasir juga memiliki ukuran yang bermacam-macam. Anda tidak perlu bingung dalam memilih ukurannya karena sudah tersedia berbagai pilihan ukuran yang dapat disesuaiikan dengan kebutuhan dan pekerjaan. Bahkan jika Anda memerlukan material atap yang tidak terlalu luas pun, atap spandek berpasir ini juga telah menyediakannya. Dijamin deh anggaran Anda pasti bakal lebih hemat.

  • Harga Bahannya Cukup Terjangkau

Secara nominal memang harga atap spandek berpasir ini lumayan tinggi ya. Apalagi kalau Anda membandingkannya dengan atap spandek biasa, maka harga atap spandek yang berpasir ini lebih mahal. Tetapi kalau kita mempertimbangkan keunggulan-keunggulan yang bakal diterima saat menggunakan atap tersebut, maka atap spandek berpasir ini memiliki total harga yang lebih murah. Atap ini mampu bertahan sangat lamat, anti-karat, dan ukurannya luas.

atap-spandek-berpasir.jpg

  • Memiliki Bentangan yang Panjang

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh atap spandek berpasir yaitu mempunyai bentangan atap yang ukurannya lumayan panjang. Berbeda dengan atap tanah liat atau atap keramik yang ukurannya kecil-kecil, atap logam ini memang mempunyai bentangan yang panjang. Sehingga Anda membutuhkan jumlah atap yang lebih sedikit dalam pemasangannya. Selain itu, pekerjaan memasang atap ini juga bakal lebih cepat selesai.

  • Jarak Tumpuan yang Lebih Lebar

Karena mempunyai ukuran bentangan yang panjang, maka tumpuan untuk rangka pemasangan atap spandek berpasir bisa dibuat jauh lebih lebar daripada biasanya. Anda dapat menghemat penggunaan tumpuan untuk atap ini. Kalau biasanya pembangunan sebuah atap membutuhkan rangka yang banyak sekali, maka berbeda denga atap spandek berpasir ini. Jarak tumpuannya bisa dibuat lebih lebar sehingga dapat menghemat biaya rangkanya pula.

  • Gampang Dipasang Pada Rangka

Proses pemasangan atap spandek berpasir juga sangat gampang. Anda tinggal menyusunnya di atas rangka atap yang sudah dibangun. Setelah itu, pasanglah sekrup untuk memegangi posisi atap tersebut. Anda bisa menggunakan mesin bor listrik untuk memasang sekrup tersebut. Jadi Anda tidak membutuhkan banyak tenaga untuk memasangnya. Pokoknya atap spandek berpasir ini mudah sekali dipasang pada kerangkanya.

kekurangan-atap-spandek-berpasir.jpg

  • Proses Pemasangan Lebih Cepat

Proses pemasangan atap spandek berpasir dapat dilaksanakan dalam waktu yang sangat cepat. Atap ini mempunyai ukuran bentangan yang lebih besar sehingga untuk memasang seluruh atap bangunan, kita membutuhkan jumlah atap yang lebih sedikit. Proses penyusunan atap ini juga tidak begitu sulit kok. Apalagi untuk mengecangkannya pun Anda hanya perlu memasang sekrup menggunakan mesin bor listrik. Sehingga instalasinya pun bisa dilaksanakan lebih cepat.

  • Tahap Terhadap Suhu yang Tinggi

Keistimewaan berikutnya dari atap spandek berpasir yaitu mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap api. Atap ini benar-benar tidak mudah terbakar meskipun terkena suhu panas yang sangat tinggi. Misalnya saat terjadi kebakaran pun atap ini tetap mampu bertahan dengan baik. Atap ini benar-benar dapat diandalkan, tahan terhadap suhu yang tinggi, serta tidak gampang mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba menggunakannya.

  • Bisa Dipasang dengan Cukup Datar

Saat ini tengah menjadi tren pembangunan atap yang bentuknya datar. Atap yang datar dinilai lebih modern, futuristik, dan berkelas. Sayangnya atap tanah liat tidak bisa dibuat membentuk sebuah atap yang datar. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan atap spandek berpasir yang memang dapat dipasang dengan sudut kemiringan yang cukup datar. Atap ini dapat dipasang dengan tingkat kemiringan minimal yaitu 3 derajat.

  • Strukturnya Lebih Kuat dan Kokoh

Atap spandek berpasir adalah atap yang mempunyai struktur yang sangat kuat lagi kokoh. Atap ini begitu kuat dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Anda tak perlu meragukan dengan kualitasnya. Atap ini tidak mudah rubuh, ambruk, atau runtuh. Bahkan Anda pun tetap dapat menapak di atasnya. Atap spandek berpasir tetap sanggup bertahan meskipun Anda berada di atasnya. Strukturnya yang kuat dan kokoh membuatnya tidak mudah rusak.