Material
Jan30

10 Langkah Cara Menambal Lubang di Kayu

Bagaimana cara menambal lubang di kayu? Semua orang pasti akan merasa kesal kalau melihat perabotan kayu miliknya menjadi berlubang. Tidak peduli ukurannya kecil atau besar, adanya lubang dapat membuat penampilan furniture menjadi kurang menarik dan strukturnya pun melemah. Anda yang sedang mengalami masalah seperti ini tidak perlu khawatir lagi. Sebab Anda bisa memperbaikinya menggunakan solusi dari kami.

Pada dasarnya, semua kayu bisa mengalami kerusakan. Namun antara jenis kayu yang satu dengan kayu lainnya memiliki potensi mengalami kerusakan yang berbeda-beda. Contohnya yaitu kayu jati yang jauh lebih awet daripada kayu sengon. Kerusakan pada kayu bisa menjadi lebih cepat manakala adanya serangan hama seperti rayap dan kutu bubuk yang mengenainya. Perawatan Anda terhadap kayu tersebut sangat diperlukan di sini.

menambal-kayu-yang-berlubang.jpg

Kebanyakan orang yang melihat perabotan kayu miliknya berlubang akan membuangnya karena menganggap kalau perabotan tersebut sudah benar-benar rusak. Sedangkan orang-orang yang lain mendiamkannya saja sebab tidak tahu bagaimana cara menambal lubang di kayu. Anda masih bisa memperbaiki kayu yang berlubang asalkan ukuran lubangnya tidak terlalu besar dan belum mengakibatkan strukturnya patah. Berikut ini panduannya!

Alat dan Bahan :

  • Lem epoxy
  • Bubuk kayu
  • Kain lap
  • Pasah
  • Ampelas
  • Wadah
  • Kuas
  • Cat kayu

Langkah-langkah :

  1. Siapkan lem epoxy yang dapat Anda beli di toko bangunan terdekat. Nantinya Anda akan mendapatkan 2 kaleng yang berisi lem epoxy dan bahan pengencer.
  2. Siapkan pula bubuk kayu bekas dari proses penggergajian kayu. Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu untuk mendapatkan bubuk kayu yang lembut dan kering.
  3. Siapkan bidang kayu yang hendak ditambal bagian lubangnya. Gunakan kain lap untuk membersihkan permukaan area tersebut.
  4. Periksa area di sekitar lubang kayu, apakah masih keras atau sudah rapuh. Sebaiknya rontokkan sekalian area tersebut bila kondisinya rapuh agar nantinya bisa dilakukan penambalan.
  5. Buatlah adonan lem perekat dengan mencampurkan lem epoxy dan bahan pengencernya dengan perbandingan sesuai petunjuk di kemasannya. Aduk selama kurang lebih 1 menit.
  6. Tambahkan bubuk kayu ke dalam adukan lem perekat, lalu aduk kembali sampai warnanya berubah. Komposisi perbandingan antara lem perekat dan epoxy adalah 1:10.
  7. Bahan penambal yang sudah terbentuk lantas dimasukkan ke lubang kayu. Isilah lubang tadi sampai penuh. Kemudian ratakan permukaan luarnya sehingga tampak rapi.
  8. Biarkan bahan penambal ini mengering dengan sendirinya selama kurang lebih 24 jam. Nantinya hasil penambalan tersebut akan berubah menjadi sangat keras hingga melebihi kerasnya kayu asli.
  9. Anda bisa memperhalus permukaan bidang kayu bekas penambalan menggunakan pasah. Setelah permukaannya cukup halus, Anda bisa menghaluskannya lagi memakai ampelas.
  10. Finishing yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan bekas penambalan sekaligus membuat furniture terlihat indah kembali adalah dengan mengaplikasikan cat kayu yang baru.