7 Warna Cat Dinding yang Pas untuk Paduan Wallpaper Batik

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga dengan khasanah budaya milik bangsa ini. Begitu banyak kebudayaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Salah satunya yaitu batik. Batik merupakan seni kerajinan tekstil khas Suku Jawa. Batik dibuat dengan melukis kain menggunakan canting dengan bahan sari malam. Motifnya menggambarkan suasana di Pulau Jawa, baik panorama alamnya, lingkungan, adat istiadat, kemasyhuran, khasrisma dari keraton, dan sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kerajinan batik terus mengalami perkembangan. Kini batik tak hanya diterapkan pada kain tekstil saja, melainkan juga berbagai bahan material yang lannya. Contohnya yaitu wallpaper dinding yang dibuat dengan motif batik. Wallpaper batik kini sedang digandrungi oleh masyarakat di Indonesia, terutama karena seni batik itu sendiri tengah booming saat ini. Penggunaan wallpaper batik akan menciptakan suasana rumah yang bergaya etnik, tradisional, dan unik.

Mengingat batik umumnya mempunyai motif yang ramai, maka disarankan untuk tidak memasangnya di seluruh bidang dinding ruangan. Mengapa? Sebab ruangan yang suasananya terlalu ramai justru bakal terasa tidak nyaman. Ruangan tersebut memang unik, tetapi jika kita tidak nyaman berada di dalamnya untuk apa? Oleh sebab itu, Anda perlu memadukan wallpaper batik ini dengan cat dinding agar suasana di ruangan tersebut tetap nyaman dan membuat kita betah tinggal di sana.

Di bawah ini daftar warna cat dinding yang serasi bila dipadukan dengan wallpaper batik!

Putih Cangkang Telur

Warna putih memang cocok disandingkan dengan wallpaper dengan motif/corak apapun. Termasuk perpaduan antara warna putih dan wallpaper batik pun begitu serasi. Jika Anda merasa bingung mau memadukan wallpaper batik dengan cat dinding yang berwarna apa, Anda bisa memilih warna putih ini. Di antara berbagai jenis warna putih, kami merekomendasikan Anda memakai warna putih cangkang telur (egg-shell white). Pemakaian warna ini akan membuat wallpaper tampil lebih menonjol dan lebih padat.

Hitam Muda

Berkebalikan dengan warna putih, Anda juga bisa menggunakan warna hitam sebagai paduan warna dari wallpaper batik. Warna hitam akan membuat penampilan wallpaper nampak semakin mendalam (deep). Pesona wallpaper tersebut bakal semakin terpancar. Akan tetapi, penerapan warna cat dinding hitam hanya boleh dilakukan apabila ukuran ruangan tersebut cukup luas. Kesalahan dalam memakai warna hitam ini akan membuat suasana ruangan terasa penuh, sesak, dan sempit. Pilihlah warna hitam muda sebagai paduan dari wallpaper batik.

Krem Muda

Kami juga merekomendasikan warna krem muda untuk digunakan bersama wallpaper batik. Seperti kita tahu, kebanyakan seni batik memanfaatkan warna-warna cokelat. Sebagai salah satu turunan dari warna cokelat, warna krem muda pasti akan berpadu dengan sempurna bersama wallpaper batik. Bahkan krem juga mampu membuat suasana ruangan menjadi penuh dengan kharisma. Kombinasi warna krem muda dan wallpaper batik bakal menciptakan ruangan yang berkharismatik. Apalagi jika Anda memanfaatkan pencahayaan di ruangan tersebut, desain ruangan ini akan semakin memukau mata.

Kuning Keemasan

Sama halnya seperti warna krem muda, warna kuning keemasan pun cocok sekali dipadukan dengan wallpaper batik. Bahkan kombinasi warna emas dan motif batik memang sudah digunakan sejak zaman dulu kala. Paduan keduanya akan menciptakan ruangan yang berkelas, bernilai seni tinggi, dan nampak begitu mewah. Ornamen-ornamen khas Jawa sangat sering menggunakan warna emas ini. Tapi karena warna kuning keemasan tampak begitu cerah, sebaiknya Anda memakai warna ini secara bijaksana. Gunakan warna kuning keemasan sebagai aksen saja.

Hijau Army

Pilihan warna lainnya yang cocok ditampilkan bersama wallpaper batik yaitu warna hijau army. Warna hijau army ini merupakan salah satu turunan dari warna hijau. Pesonanya yang gelap mampu membuat wallpaper batik nampak lebih mencolok dan penuh kharisma sehingga menjadi perhatian utama mata. Ruangan pun tampil begitu elegan. Cobalah sebarkan warna hijau army ini ke seluruh ruangan, lalu Anda bisa menampilkan wallpaper batik sebagai akse di beberapa bagian ruangan.

Ungu Tua

Kalau mau ruangan Anda tampak begitu mewah dan elegan serta unik dengan adanya wallpaper batik di sana, maka cobalah gunakan warna ungu sebagai kombinasi dari wallpaper tersebut. Sebenarnya warna ungu apapun cocok sekali ditampilkan bersama wallpaper batik ini. Kesan elegan pada warna ungu akan langsung masuk dan berpadu sempurna saat disandingkan dengan motif batik yang penuh kharisma. Namun kami menyarankan Anda memilih warna ungu tua yang memang memiliki kesan elegan paling kuat serta lembut dipandang mata.

Biru Dongker

Untuk menciptakan ruangan yang atraktif menggunakan wallpaper batik, Anda bisa memadukannya bersama dengan warna biru dongker. Sama seperti warna hijau army, biru dongker termasuk warna yang gelap. Sehingga penggunaannya akan membuat wallpaper yang ditampilkan bersama warna ini akan terlihat lebih keluar. Wallpaper batik tersebut bakal nampak semakin menarik saat dikelilingi oleh warna biru dongker yang begitu kokoh.

Sementara itu, warna yang tidak cocok disandingkan bersama dengan wallpaper batik yaitu warna-warni yang bersifat pucat. Misalnya warna abu-abu, beige, lavender, dan lain-lain. Hindari memadukan warna yang pucat ini bersama dengan wallpaper batik karena akan menimbulkan kesan dinding yang kusam. Pemakaian cat warna pucat bersama dengan wallpaper batik bakal membuat suasana ruangan menjadi kurang bernyawa. Wallpaper batik yang seharusnya tampil penuh dengan pesona pun seperti menjadi kehilangan pesonanya.