Tips Membersihkan Kitchen Sink Stainless Steel

Kitchen sink yang baru dipasang memang akan terlihat menarik. Apalagi kalau Anda memakai kitchen sink yang berbahan stainless steel, peranti ini tampak berkilau indah sekali. Anda pun merasa puas sudah membelinya. Tapi Anda harus menjaga kitchen sink tersebut dengan baik agar daya tariknya tidak memudar. Seiring dengan berjalannya waktu, partikel-partikel kotoran akan menumpuk di permukaan kitchen sink sehingga menghilangkan pesonanya.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk menjaga kebersihan kitchen sink setiap saat. Masalah pada kitchen sink tidak hanya kotoran dari bahan makanan atau peralatan dapur yang dicuci saja, tetapi air yang mengalir di atas kitchen sink juga bisa menjadi sumber masalahnya. Air tersebut bisa menimbulkan noda yang sangat sulit dihilangkan, memicu tumbuhnya lumut, memudarkan kilauan stainless steel, dan menyebabkan terjadinya korosi.

Jadi Anda harus senantiasa menjaga kondisi kitchen sink dengan membersihkannya secara rutin.

Selalu Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

 Aktivitas masak-memasak selalu dilakukan setiap hari. Anda pun tak pernah luput dari kitchen sink. Saat Anda berada di dapur, kitchen sink akan langsung dipenuhi oleh kotoran dari bahan makanan dan peralatan dapur yang kotor. Jangan biarkan kotoran tersebut tetap berada di dalam kitchen sink. Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun cuci piring yang memiliki aroma lemon. Gosoklah seluruh permukaan kitchen sink menggunakan spons dengan sabun ini. Kemudian bilas sampai kondisinya benar-benar bersih.

Gunakan Baking Soda dan Cuka Seminggu Sekali

Anda tidak boleh membiarkan noda membandel tetap menempel di permukaan kitchen sink. Terutama noda air yang memang sulit sekali dihilangkan. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Sebelum noda membandel terbentuk, Anda bisa mencegahnya menggunakan cuka dan baking soda. Buatlah bahan pembersih dari campuran 1 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan cuka. Aduk agar kedua bahan ini tercampur rata. Oleskan bahan ini ke seluruh permukaan kitchen sink. Tunggu selama 30 menit. Lalu Anda bisa membilasnya.

Jaga Kilauan Kitchen Sink dengan Asam Sitrat

Jangan biarkan kilauan yang dipancarkan oleh kitchen sink stainless steel Anda memudar. Anda harus berjuang melawan partikel-partikel kotoran yang berukuran sangat kecil yang menjadi penyebab pudarnya kilauan kitchen sink. Anda bisa memanfaatkan asam sitrat. Bahan ini telah terbukti secara efektif mampu mengangkat kotoran sekecil apapun. Anda bisa mengaplikasikan asam sitrat ke permukaan kitchen sink secara merata dan tunggu selama 10-12 jam. Lalu bilas sampai bersih. Kini kitchen sink Anda pun tampak bersih bersinar.