Solusi agar Cat Dinding Terlihat Mengkilap

Rumah memerlukan warna agar terlihat menarik. Warna-warna ini akan menciptakan kesan-kesan tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Itulah sebabnya, Anda perlu mengecat dinding rumah tersebut. Dengan adanya warna yang menghiasi permukaannya, maka dinding tersebut akan tampak semakin memesona. Konsep desain yang ingin Anda buat pun berhasil diciptakan berkat adanya lapisan cat penghias tersebut.

Saat ini tersedia beragam produk cat dinding dengan karakteristik yang berbeda-beda. Variasi cat dinding sekarang tidak hanya warnanya saja. Tapi ada pula faktor pembeda lain yang akan membuat hasil pengecatan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Salah satunya yaitu tingkat kilauan warna dari cat tersebut. Perlu Anda ketahui, setidaknya ada 7 pilihan jenis cat dinding berdasarkan tingkat kilauannya. Di antaranya yaitu :

  1. Emulsi matt, cocok untuk dinding interior
  2. Matt, memberikan hasil akhir yang modern
  3. Silk, cat dengan kilauan yang lembut
  4. Egg-shell, membuat dinding tak mudah kotor
  5. Satinwood, mengkilapkan permukaan kayu
  6. Gloss, memberikan tampilan berkilau
  7. High-gloss, cocok untuk dinding eksterior

Setiap orang mempunyai selera tersendiri soal hasil pengecatan dinding yang disukainya. Ada orang yang lebih suka dengan tampilan matt. Namun tidak sedikit pula orang yang sangat suka dengan cat yang terlihat glossy. Khusus bagi Anda yang menginginkan agar tampilan cat dinding di rumah terlihat mengkilap, silakan Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini :

Pastikan Permukaan Dinding Kering

Jika ingin mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, Anda harus mempersiapkan dinding sebaik-baiknya sebelum dicat. Tidak hanya bersih saja, tetapi kondisi dinding ini pun harus benar-benar kering. Dinding yang baik untuk dicat adalah dinding yang bersih dan kering. Dinding ini mesti bebas dari lumut, jamur dan air. Mengecat dinding tersebut akan membuat hasil pengecatan yang Anda lakukan menjadi maksimal.

Gunakan Cat Tembok Berjenis Glossy

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil pengecatan yang berkilau, maka Anda harus menggunakan produk cat yang berjenis glossy. Cat ini memang sudah dirancang dan diformulasikan dengan bahan-bahan khusus untuk memberikan hasil berupa dinding yang mengkilap. Terapkan cat ini sebanyak 2-3 kali lapisan. Di sisi lain, Anda wajib menghindari pemakaian produk cat yang berjenis matt atau doff.

Hindari Mengoplos Cat dengan Lem Putih

Beberapa orang merekomendasikan cara membuat permukaan dinding agar terlihat mengkilap dengan mengoplos cat dinding yang akan digunakan. Bahan yang umum ditambahkan ke cat tersebut yaitu lem putih. Penambahan lem ini akan membuat konsistensi cairan cat semakin kental dan mempunyai efek kilauan. Walaupun trik ini terbukti cukup ampuh, namun Anda sebaiknya tidak menirunya sebab cat yang telah dioplos tersebut akan mengalami penurunan dalam kualitasnya.

Mainkan Cahaya dari Lampu Ruangan

Jangan lupakan lampu ketika Anda mendesain interior rumah. Lampu tidak hanya berfungsi sebagai penerang ruangan saja. Dengan pengelolaan yang apik, lampu akan membuat ruangan terlihat begitu mewah berkat cahaya yang memantul ke dinding. Hindari memakai lampu yang cahayanya terlalu terang. Daripada menggunakan satu lampu saja, Anda bisa memanfaatkan beberapa lampu untuk menghasilkan semburat cahaya yang indah.