Penyebab Pipa Wastafel Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Keberadaan wastafel sangat membantu kita saat ingin sekadar membasuh muka atau mencuci tangan. Wastafel dapat menampung air bekas cucian sehingga tidak menciprat ke mana-mana. Namun di sisi lain pengguna juga sering mengeluhkan wastafel miliknya bermasalah. Misalnya yaitu pipa wastafel yang tersumbat menyebabkan air tidak bisa mengalir secara lancar menuju ke saluran pembuangan. Jika terus dibiarkan, wastafel akan mengalami kebocoran.

Anda tentu merasa sangat terganggu dengan kasus tersumbatnya pipa saluran pembuangan air pada wastafel. Akibatnya Anda tidak bisa leluasa menggunakan wastafel. Bak wastafel akan dipenuhi oleh air lantaran tidak dapat langsung mengalir keluar. Air dari bak akan mengalir ke pipa sedikit demi sedikit. Masalah ini harus diatasi sesegera mungkin supaya Anda sekeluarga bisa menggunakan wastafel secara normal kembali. Tapi bagaimana caranya?

Umumnya kasus tersumbatnya pipa wastafel disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini :

  1. Banyaknya kotoran di dalam pipa
  2. Adanya pipa yang mengalami keretakan
  3. Pemasangan pipa yang kurang tepat
  4. Tidak memasang afur pada wastafel
  5. Posisi pemasangan wastafel tidak rata
  6. Salah dalam merancang pipa pembuangan
  7. Sambungan pipa tidak diikat lem atau selotip
  8. Pembuatan lubang baut atau dynabolt yang salah
  9. Penyambungan pipa ke wastafel yang keliru
  10. Kurang menjaga kebersihan pipa wastafel

Jika pipa wastafel di rumah Anda tersumbat, Anda bisa mengatasinya dengan solusi berikut!

Solusi 1. Gunakan Soda Api

Sebagian besar kasus wastafel yang tersumbat disebabkan oleh banyaknya kotoran di dalam pipa. Potongan rambut, tisu, dan minyak memenuhi rongga bagian dalam pipa. Kotoran ini pun akan menghalangi aliran air. Anda harus membersihkannya. Jika posisi penyumbatan masih di permukaan pipa, Anda masih bisa mengambil kotoran tersebut. Tapi bila posisi penyumbatan ada di tengah-tengah pipa, Anda harus memakai soda api. Bahan ini mampu menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa wastafel.

Solusi 2. Bongkar Pipa Wastafel

Jika instalasi saluran pipa pembuangan wastafel tidak ditanam di dalam tembok, Anda bisa langsung membongkarnya untuk mencari tahu penyebab yang sebenarnya. Lepaskan pipa PVC  yang menjadi saluran pembuangan air pada wastafel tersebut dengan hati-hati. Setelah itu, bersihkan bagian dalamnya sampai benar-benar bersih. Kemudian pasang kembali pipa-pipa tersebut seperti semula. Anda harus menyambungnya ke wastafel dengan benar. Jangan lupa untuk menggunakan lem dan selotip sebagai pengikatnya.

Solusi 3. Memakai Kompresor

Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan angin bertekanan tinggi. Angin yang dihasilkan oleh kompresor mempunyai dorongan ke depan yang kuat sekali. Anda bisa memanfaatkan angin tersebut untuk mendorong kotoran-kotoran yang menyumbat bagian dalam pipa wastafel. Silakan Anda bisa memasukkan selang kompresor ke dalam pipa. Setelah itu, nyalakan kompresor dengan angin yang bertekanan rendah terlebih dulu. Secara bertahap, Anda bisa menaikkan tekanan angin menjadi lebih kencang.

Solusi 4. Bersihkan Afur

Afur merupakan komponen pelengkap wastafel yang berfungsi sebagai filter tambahan. Afur akan menyaring kotoran-kotoran dari bak wastafel sehingga tidak memasuki pipa. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, jumlah kotoran yang tertahan di filter afur akan semakin banyak. Akibatnya aliran air pun tertahan oleh afur. Solusinya adalah Anda bisa melepas afur tersebut. Bersihkan afur dari semua kotoran yang menempel. Periksa dengan baik apakah afur ini masih layak digunakan atau tidak. Kemudian Anda bisa memasangnya kembali.

Solusi 5. Instal Ulang Pipa

Kadang-kadang kasus air yang tidak mengalir secara lancar dari bak wastafel menuju ke pipa pembuangan bukan disebabkan oleh penyumbatan pada kotoran, melainkan pemasangan pipa yang keliru. Model pipa yang Anda buat kurang tepat. Saluran pipa yang baik memungkinkan air dari bak bisa langsung mengalir ke pipa semuanya secara cepat. Waktu yang dibutuhkan tak boleh lebih dari 10-15 detik tergantung ukuran wastafel. Jika melebihi batas waktu tersebut, kemungkinan besar Anda salah dalam merancang model pemasangan pipa. Kami sarankan bongkarlah instalasi pipa tersebut, lalu pasang dengan model lain yang lebih baik.