Nih, Cara Mengecat Dinding dan Plafon Gypsum!

Kini Anda tidak harus memakai batu bata untuk membuat dinding. Begitu pula untuk membuat plafon, Anda tidak mesti menggunakan tripleks. Karena sekarang sudah banyak material baru yang diciptakan. Material ini benar-benar baru serta belum pernah digunakan pada bangunan-bangunan di zaman dulu. Misalnya saja yaitu gypsum. Papan gypsum adalah bahan pelapis interior untuk dinding pembatas dan plafon. Papan ini juga bisa dipakai untuk pelapis dinding bata.

Pada konstruksi bangunan, gypsum biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembentuk dinding atau plafon. Pemakaian gypsum akan menghemat anggaran belanja dibandingkan pemakaian material yang lain. Hal ini tidak terlepas dari harganya yang terjangkau dan proses instalasinya bisa dilakukan dengan cepat. Permukaan gypsum yang sudah halus dan rata juga membuat kita tidak perlu memberikan finishing yang banyak.

Agar penampilannya lebih menarik, dinding dan plafon gypsum perlu dicat. Anda bisa membuat kesan tertentu pada ruangan menggunakan warna dari cat tersebut. Perlu Anda ketahui, setiap warna mempunyai sifat dan karakteristik tersendiri. Sehingga dengan memakai cat ini, Anda bisa menciptakan desain ruangan yang sesuai impian. Akan tetapi, mengecat dinding gypsum tidak sama dengan mengecat tembok batu bata.

Terapkan Compound untuk Meratakan

Sebelum pengecatan dilakukan, terlebih dahulu Anda perlu mengaplikasikan compound. Hal ini bertujuan untuk menutupi pori-pori gypsum sehingga permukaannya menjadi halus dan rata. Pastikan kerataan penerapan compound gypsum untuk meminimalkan terjadinya perbedaan ketinggian permukaan gypsum dan compound yang akan menimbulkan bayangan penyambungan saat dilihat ke arah datangnya sinar. Setelah itu, dinding/plafon gypsum ini dibiarkan selama 24 jam agar lapisannya mengering dengan sempurna.

Lakukan Pengampelasan dan Bersihkan

Setelah itu, lakukan proses pengampelasan compound supaya permukaannya benar-benar rata. Gosoklah bagian compound yang masih bergelombang atau tidak rata. Gunakan ampelas ini dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang, jangan bolak-balik. Selanjutnya plafon gypsum ini dibersihkan dari partikel-partikel debu sisa pengampelasan. Anda bisa memakai kain lap basah untuk membersihkan permukaan gypsum tersebut.

Aplikasikan Cat Dasar Khusus Gypsum

Cat dasar wajib digunakan saat mengecat gypsum sebab kita harus menyamaratakan serapan pada compound gypsum dan kertas gypsum. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya tampilan gelap-terang pada lapisan akhir cat, bayangan yang memperlihatkan ketidakrataan sambungan gypsum, serta gelembung-gelembung pada pengecatan di atas compound. Di sini Anda wajib menggunakan cat dasar khusus untuk material gypsum.

Warnai dengan Cat Interior yang Sesuai

Setelah lapisan cat dasar sudah kering, kini Anda bisa langsung mengaplikasikan cat interior di permukaan dinding atau plafon gypsum tersebut. Anda bisa menggunakan produk cat interior yang biasa digunakan untuk dinding batu bata. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, kami sarankan pakailah cat interior khusus untuk gypsum. Lakukan pengecatan minimal sebanyak 2 kali lapisan agar hasilnya terlihat indah.