Cara Mudah Mengecat 3 Dimensi (3D) di Tembok

Ada begitu banyak alternatif untuk mengecat tembok supaya tampil menarik. Jika Anda bosan mengecat dinding dengan menggunakan satu atau dua warna saja, Anda bisa membuat mural di permukaannya. Namun kalau Anda masih merasa bosan dengan mural, cobalah konsep cat tiga dimensi (3D). Apa itu cat 3D? Cat 3D adalah cat yang mempunyai ruang. Jika biasanya cat hanya berupa gambar dua dimensi, berbeda dengan cat 3D ini.

Akan tetapi, ruang yang terbentuk pada cat 3D bukanlah ruangan yang nyata. Melainkan ruang perspektif yang bersifat khayalan. Maksudnya cat 3D tersebut tampak seolah-olah mempunyai ruang padahal sama sekali tidak. Hal inilah yang membuat cat 3d sangat unik. Bila Anda sudah bosan dengan cat yang itu-itu saja cobalah teknik pengecatan 3 dimensi. Cat 3D akan membuat desain ruangan terlihat spesial dan lain daripada biasanya.

Namun mengecat tembok dengan teknik 3 dimensi membutuhkan keterampilan tinggi. Anda harus mahir dalam memainkan kuas serta memilih warna cat yang tepat. Pasalnya mengecat dengan teknik ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Gambar yang dibuat harus realistis dan pewarnaannya pun mesti tepat. Sehingga kesan 3D pada gambar tersebut pun bisa terlihat dengan jelas. Semua orang pasti akan takjub melihatnya.

Khusus bagi Anda yang kurang jago menggambar di tembok namun tetap ingin mengecat tiga dimensi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan cat 3D sederhana di bawah ini!

Buat Sketsa Gambar di Komputer

Anda bisa memulai proyek pembuatan cat 3D dengan membuat sketsanya terlebih dahulu. Tak seperti biasanya, kali ini Anda bisa membuat sketsa digital di komputer, bukan menggunakan kertas atau tembok. Gunakan software pengolah gambar seperti Corell Draw atau Adobe Photoshop untuk membuat sketsa gambar ini. Usahakan gambar yang dibuat juga mempunyai penampilan 3D sehingga Anda lebih mudah dalam mengaplikasikannya ke dinding nanti. Buatlah gambar yang jelas dan detail.

Tampilkan Gambar dengan Proyektor

Bagaimana proses pembuatan cat 3D di tembok dapat dilakukan dengan lebih mudah? Rahasianya terletak pada pemakaian proyektor. Proyektor merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar. Lumrahnya proyektor digunakan saat presentasi. Tetapi Anda pun dapat memanfaatkannya untuk menampilkan gambar sketsa ke tembok. Sesuaikan ukuran gambar yang ingin dibuat dengan bayangan dari proyektor. Tempatkan bayangan tersebut pada sudut yang tepat.

Gambarlah Bayangan dari Proyektor

Bagi Anda yang masih kurang percaya diri dalam menerapkan cat ke tembok, kami sarankan untuk membuat sketsa di tembok terlebih dahulu. Gunakan pensil untuk membuat gambar sesuai dengan bayangan yang ditampilkan oleh proyektor. Sketsa ini begitu penting untuk membantu Anda dalam mengaplikasikan cat sehingga hasilnya tetap rapi. Maklum saja sebab pengecatan 3D memakai warna yang cukup banyak. Tidak hanya warna dasar, warna-warna turunannya pun tetap digunakan untuk menciptakan kesan benda yang memiliki volume.

Hiasi dengan Warna Cat yang Tepat

Persiapan sudah selesai. Kini waktunya untuk melakukan eksekusi. Tugas pertama Anda yaitu menyiapkan cat-cat dengan warna yang akan digunakan nanti. Pemilihan warna cat ini harus tepat sesuai dengan sketsa gambar yang Anda miliki. Kemudian Anda juga perlu menyiapkan berbagai kuas dengan bermacam-macam ukuran. Kuas besar untuk goresan yang luas. Sedangkan kuas kecil untuk goresan yang tipis dan mendetail.

Selama proses pewarnaan berlangsung, proyektor harus tetap menyala untuk mempermudah Anda dalam memilih warna di setiap bagian gambar. Ambil posisi badan yang tepat supaya tubuh Anda tidak menghalangi pancaran gambar dari proyektor. Mulailah mengecat pada bagian yang terletak pada posisi paling sudut, meskipun sulit dijangkau. Setelah itu, lanjutkan dengan mewarnai bagian lain. Gunakan kuas sesuai keperluan. Hati-hati saat mengecat bagian pertemuan warna agar tidak saling tercampur.