Cara Modern Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat

Pipa paralon biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan saluran air. Pipa yang dimaksud di sini adalah pipa PVC. Pipa ini sengaja dipilih karena mempunyai daya tahan yang sangat baik, awet, tidak mudah rusak, permukaannya rata, tahan terhadap air, mampu mengatasi tekanan dengan baik, dan harganya murah tentunya. Anda bisa memakai pipa paralon untuk membuat saluran air bersih atau pun saluran air kotor.

Tentunya ada perbedaan spesifikasi antara pipa paralon yang digunakan untuk instalasi saluran air bersih dengan saluran air kotor. Khususnya soal ukurannya. Sebisa mungkin Anda sebaiknya memakai pipa yang berukuran besar untuk membangun saluran air kotor. Mengapa? Karena saluran air kotor rawan sekali tersumbat oleh kotoran-kotoran yang mengalir bersama air. Jika sudah tersumbat, cukup sulit mengatasinya agar kembali lancar.

Tapi itu dulu. Sebab kini sudah banyak tersedia peralatan modern yang khusus dirancang untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menyumbat pipa paralon. Berikut ini di antaranya!

Kawat Anti Sumbat

Sesuai namanya, ini merupakan produk pembersih yang wujudnya berupa kawat. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi saluran pipa pembuangan air yang mampat. Alat ini dapat digunakan untuk membersihkan sisa makanan, lemak, potongan rambut, kertas, atau kotoran-kotoran lainnya yang menyumbat pipa paralon. Cara memakainya Anda cukup memasukkan kawat ini ke dalam pipa. Lalu gerakkan beberapa kali untuk membersihkan kotoran.

Cairan Penghancur Kotoran

Kalau Anda tidak mau repot saat mengatasi pipa yang mampat, Anda bisa menggunakan bahan kimia yang berfungsi untuk menghancurkan kotoran. Mohon berhati-hati karena bahan kimia ini memiliki sifat yang sangat keras. Sebelumnya Anda perlu menutup ujung pipa terlebih dulu. Larutkan bahan ini dengan segelas air. Kemudian tuangkan ke dalam pipa paralon. Bahan ini lantas akan bekerja menghancurkan kotoran. Anda mungkin perlu menunggu sampai 12 jam agar semua kotoran benar-benar hancur.

Tongkat Sodokan Kotoran

Umumnya saluran pembuangan air mempunyai bentuk yang tidak lurus. Saluran tersebut memiliki cabang dan belokan. Hal inilah yang menyulitkan kita untuk membersihkan kotoran di dalamnya menggunakan tongkat. Namun sekarang sudah ada tongkat khusus yang berguna untuk menyodok atau mendorong keluar kotoran-kotoran yang ada di dalam pipa. Tongkat ini begitu elastis dan fleksibel sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Pendorong Kotoran Elektrik

Keuntungan hidup di zaman modern adalah kita bisa menggunakan berbagai peralatan canggih untuk mengatasi suatu masalah dengan praktis. Termasuk masalah penyumbatan pada pipa paralon. Anda tentu mengalami kesulitan untuk menyingkirkan kotoran yang menyumbat pipa, kan? Untungnya sekarang sudah ada alat pendorong elektrik. Prinsip kerja alat ini yaitu menghasilkan angin yang memiliki tekanan kuat sehingga mampu mendorong kotoran. Anda bisa mendapatkan semua alat ini di Toko AlatPerabotan.com.