Cara Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan

Pipa paralon biasanya digunakan untuk membangun instalasi saluran air. Untuk kebutuhan saluran air bersih dalam skala rumah tangga, Anda bisa menggunakan pipa yang berukuran 3/4 inci. Diameter pipa ini dirasa sudah lebih dari cukup untuk mengalirkan air yang kita butuhkan sehari-hari. Pemasangan pipa paralon dapat dilakukan dari sumber air menuju ke tempat penampungan air, kemudian diarahkan lagi ke keran di kamar mandi dan dapur.

Produk pipa paralon yang tersedia di toko bangunan biasanya memiliki ukuran panjang 6 m. Sedangkan jarak antara titik awal sampai titik akhir dalam instalasi air bersih adalah lebih dari 6 m. Oleh sebab itu, kita perlu menyambung pipa paralon tersebut sehingga ukurannya semakin panjang. Beruntung sekali sebab pihak pabrik sudah menyadari betul kondisi ini. Pabrik sudah memproduksi soket sambungan khusus untuk keperluan menyambung pipa paralon.

Tetapi kadang-kadang kita dihadapkan pada situasi pelik, di mana tidak memungkinkan untuk membeli sambung pipa tersebut. Misalnya lokasi toko bangunan yang terlalu jauh, semua toko bangunan di sekitar kita sedang tutup, atau pembangunan instalasi saluran air secara darurat. Di dalam situasi tersebut, kita terpaksa menyambung pipa paralon tanpa memakai sambungan khusus. Cara ini boleh diambil dan dijamin aman selama dikerjakan dengan benar.

Kami ingatkan terlebih dahulu bahwa trik menyambung pipa paralon tanpa sambungan ini hanya bisa diaplikasikan untuk sambungan yang lurus atau sambungan yang membutuhkan soket berbentuk I. Sedangkan untuk sambungan yang berbelok atau bercabang, Anda harus menggunakan soket sambungan. Kami sudah menguji coba sendiri trik ini dan berhasil. Sampai saat ini, instalasi yang kami buat tersebut telah berumur lebih dari 10 tahun tanpa mengalami kerusakan atau kebocoran sama sekali.

Alat dan Bahan :

  • Pipa paralon atau pipa PVC
  • Pipa besi
  • Kompor gas
  • Lem PVC

Langkah-langkah :

  1. Siapkan dua batang pipa paralon/pipa PVC yang akan disambung. Kedua pipa ini harus memiliki ukuran diameter yang sama.
  2. Siapkan pula pipa besi yang ukuran diameternya satu level lebih kecil daripada pipa paralon yang digunakan. Misalnya Anda memakai pipa paralon berukuran 3/4 inci, maka siapkan pipa besi yang berdiameter 1/2 inci. Pipa besi yang disiapkan tidak perlu berukuran panjang.
  3. Hidupkan kompor gas dengan nyala api yang sedang. Kemudian bakarlah salah satu ujung pipa PVC di atas api tersebut agar menjadi lentur. Waktu pembakaran kurang lebih selama 1-2 menit. Usahakan Anda memutar pipa paralon selama proses pembakaran agar bagian yang terbakar rata.
  4. Cobalah tekan bagian pipa paralon yang sudah dibakar tadi. Apabila teksturnya telah berubah menjadi lentur, Anda bisa menghentikan proses pembakarannya.
  5. Sesegera mungkin masukkan pipa besi ke dalam ujung pipa paralon yang sudah dibakar tersebut. Usahakan bagian pipa besi yang bisa masuk minimal sepanjang 5 cm. Langkah ini akan membuat ujung pipa paralon tersebut membesar. Pastikan kedua pipa dalam posisi yang lurus.
  6. Ujung pipa paralon yang telah dimasuki pipa besi lantas segera direndam di air yang dingin. Tujuannya untuk menghentikan proses pemanasan sehingga wujud pipa paralon tersebut tidak mengalami perubahan secara drastis.
  7. Keluarkan pipa besi dari ujung pipa paralon. Kini Anda sudah mendapatkan ujung pipa paralon yang memiliki diameter lebih besar.
  8. Oleskan lem PVC di bagian dalam ujung pipa paralon yang besar ini. Setelah itu, oleskan pula lem PVC di bagian luar pipa paralon lain yang ingin disambungkan. Kini Anda tinggal menyambungkan kedua ujung pipa tersebut. Anda pun telah berhasil menyambungkan pipa PVC tanpa menggunakan soket sambungan.