Cara Mengecat Plafon Tripleks agar Hasilnya Rapi

Anda bisa memasang plafon untuk membuat tampilan interior rumah lebih rapi. Ada banyak material plafon yang bisa Anda gunakan. Salah satunya yaitu tripleks. Tripleks atau plywood adalah papan olahan yang terbuat dari partikel-partikel kayu yang dicampur bahan perekat, lalu dibentuk dan ditekan hingga menjadi papan. Kelebihan tripleks antara lain harganya cukup murah, permukaannya rata dan rapi, serta mudah dipasang.

Apakah Anda juga tertarik menggunakan plafon dari tripleks? Kalau iya, Anda bisa mengikuti panduan pemasangan plafon tripleks yang sudah pernah kami share pada artikel sebelumnya. Dibandingkan dengan plafon gypsum, plafon tripleks lebih mudah dipasang dan menghemat anggaran biaya. Setelah berhasil, jangan lupa memberikan finishing supaya hasilnya semakin bagus. Anda bisa mengecat permukaan plafon tersebut.

Tapi Anda harus cermat dan teliti dalam mengecat plafon tripleks. Pasalnya tripleks memiliki bentuk permukaan yang tak benar-benar rata di sisi bagian sampingnya. Hal ini menyebabkan timbulnya garis-garis nat pada saat kita menyusun tripleks satu per satu menjadi plafon. Kasus yang sama juga terjadi pada lantai keramik. Jika tidak disembunyikan, garis-garis nat ini dapat mengurangi keindahan plafon tripleks. Anda harus menyiasatinya.

Nah, berikut ini langkah-langkah dalam mengecat plafon tripleks agar hasilnya bagus dan rapi!

Langkah 1. Bersihkan Permukaan Plafon

Anda dapat memulainya dengan membersihkan permukaan plafon tripleks yang akan dicat terlebih dulu. Tujuannya untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang menempel di permukaan plafon sehingga nantinya Anda bisa mengecatnya dengan mudah dan hasilnya pun memuaskan. Untuk membersihkan permukaan plafon, Anda cukup menyapunya memakai sapu khusus untuk plafon. Kemudian gunakan kuas untuk membersihkan sudut-sudut plafon yang sulit dijangkau serta garis-garis nat.

Langkah 2. Isi Garis Nat dengan Compound

Kondisi plafon yang sudah bersih akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikan compound ke dalam lubang-lubang garis nat. Anda bisa memakai adonan pengisi nat yang terbuat dari campuran compound dan lem putih dengan perbandingan 1:4. Pemakaian lem yang cukup banyak dimaksudkan agar adonan cepat menempel di permukaan plafon sehingga tidak rawan terjatuh. Tuangkan adonan ini ke dalam ember kecil, lalu aduk sampai terbentuk adonan yang kental. Setelah itu, ambil adonan menggunakan kape dan tempelkan ke nat. Oleskan adonan ini searah dengan bentuk garis nat.

Langkah 3. Tempelkan Lakban Gypsum

Setelah selesai mengaplikasikan compound, Anda mesti segera menempelkan lakban gypsum di atasnya. Pekerjaan ini harus cepat diakukan mumpung kondisi adonan compound masih basah. Di sini Anda harus memakai lakban gypsum supaya hasilnya rata dan rapi. Tempelkan lakban gypsum tepat di atas nat. Ulangi sampai semua permukaan nat tertutup lakban gypsum ini. Setelah itu, aplikasikan lagi adonan compound di atas lapisan lakban gypsum hingga lakban tersebut tidak terlihat.

Langkah 4. Ratakan Bagian yang Bergelombang

Penerapan compound biasanya mengakibatkan permukaan bidang menjadi tidak rata. Kondisi ini jelas tidak akan menghasilkan lapisan cat yang bagus apabila Anda langsung mengecat permukaannya. Oleh sebab itu, Anda perlu meratakan permukaan plafon yang telah diberi adonan compound terlebih dahulu supaya rata dan tidak bergelombang. Anda bisa meratakan permukaan plafon tripleks ini menggunakan ampelas. Gosoklah bagian plafon yang telah diberi compound memakai ampelas sampai permukaannya halus dan rata.

Langkah 5. Mulailah Mengecat Tripleks

Setelah semua persiapan di atas telah selesai dilakukan, kini waktunya bagi Anda untuk bisa mengecat plafon tersebut. Anda bisa memakai cat kayu khusus interior untuk mengecat plafon ini. Kami sarankan gunakan warna yang cerah untuk plafon supaya interior terasa lebih lapang dan luas dari ukuran yang sebenarnya. Siapkan cat kayu dengan mencampurkannya memakai bahan pengencer yang sesuai. Kemudian gunakan roller untuk mengaplikasikan cat tersebut. Sedangkan untuk mengecat bagian tepi plafon, Anda bisa memakai kuas agar hasilnya rapi.