Cara Mencari Titik Kebocoran Pada Kolam Renang

Anda mungkin sedang merasa bingung bukan main karena kolam renang di rumah mengalami masalah? Kolam tersebut bocor di beberapa titik sehingga mengakibatkan Anda tidak dapat mengisinya sampai penuh? Anda harus memperbaikinya agar bisa menggunakannya kembali. Mudah saja untuk mengatasi kolam renang yang bocor ini. Anda tinggal menambalnya saja. Anda bisa menambal tepat di titik-titik lubang kebocoran pada kolam renang tersebut untuk menutupnya dengan rapat sehingga tidak ada lagi kebocoran.

Faktanya ialah kasus kebocoran tidak hanya dapat menimpa kolam renang yang usianya sudah cukup lama, tapi juga kolam renang yang baru dibuat. Kolam renang yang sudah berusia lama umumnya akan mengalami keretakan pada bagian dinding akibat kekuatan strukturnya sudah menurun. Akar-akar pohon yang tumbuh di sekitar kolam juga dapat merusak konstruksi kolam tersebut. Namun kolam yang baru dibuat pun bisa mengalami masalah serupa apabila proses pembangunannya tidak dilakukan dengan benar.

Faktor-faktor yang menyebabkan kolam renang yang baru dibuat bisa mengalami kebocoran di antaranya :

  • Pembangunan pondasi yang kurang kuat
  • Tidak memperhatikan kondisi tanah yang labil
  • Terlalu cepat mengisi air sebelum kondisinya kering
  • Kesalahan dalam mengaplikasikan plesteran atau acian
  • Instalasi saluran pemipaan untuk sirkulasi air yang salah
  • Pemakaian adukan beton dengan kualitas yang tidak tepat
  • Struktur dinding tidak kuat menahan beban dan tekanan air

Ciri-ciri kolam renang yang bocor yaitu volume air di dalamnya berkurang secara drastis tanpa Anda ketahui penyebabnya secara pasti. Kemungkinan besar masalah ini timbul akibat adanya lubang kebocoran. Sudah menjadi tugas Anda untuk mencari tahu di mana lokasi titik-titik terjadinya kebocoran pada kolam renang Anda. Setelah itu, lakukan upaya penambalan sesuai petunjuk yang pernah kami beri tahukan di artikel sebelumnya.

Silakan Anda bisa mencari titik-titik lokasi kebocoran pada kolam renang dengan mengikuti panduan di bawah ini :

  1. Tutuplah saluran antara kolam renang dan filter air untuk mengetahui lokasi pasti terjadinya kebocoran. Apakah memang kolamnya yang bocor atau justru filternya?
  2. Isilah kolam renang dan filter dengan air sampai volumenya penuh. Tandai batas permukaan air sebagai level atas.
  3. Biarkan kolam renang selama 3-5 hari. Anda sama sekali tidak boleh menggunakan kolam tersebut, baik untuk berenang maupun aktivitas yang lainnya.
  4. Jika benar kalau kolam renang atau filter tersebut bocor, maka air di dalamnya pun akan menyusut. Terjadi pengurangan air kolam secara drastis.
  5. Dari sini kita bisa tahu bahwa lokasi kebocoran berada di bagian atas permukaan air saat ini. Tandai batas permukaan air saat ini.
  6. Bukalah saluran pembuangan air untuk membuang seluruh air di dalam kolam renang. Biarkan sampai semua air keluar melalui saluran ini.
  7. Perhatikan bagian dari kolam renang di atas garis pembatas yang telah dibuat. Titik-titik kebocoran ditandai dari bagian-bagian yang tetap basah atau bagian yang mengalami flek hitam.
  8. Cobalah lakukan penambalan di bagian tersebut. Namun bila kebocoran tetap terjadi, Anda harus membongkar bagian ini lalu membangun dari awal lagi.