Cara Jitu Mengatasi Kitchen Sink yang Bocor

Kitchen sink adalah perlengkapan dapur yang berfungsi sebagai tempat mencuci piring serta bahan-bahan makanan. Itu sebabnya, kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan bak cuci piring walaupun sebenarnya kitchen sink tidak hanya berguna sebagai bak untuk mencuci piring saja. Kitchen sink merupakan salah satu perlengkapan yang wajib ada di dapur modern. Sehingga aktivitas masak-memasak dan mencuci peralatan dapur akan menjadi lebih mudah.

Proses pemasangan kitchen sink harus dilakukan dengan benar. Sebab bila tidak, kitchen sink yang telah berhasil dipasang ini akan mengalami masalah dalam jangka waktu yang panjang. Bocor misalnya. Kitchen sink yang bocor tentu akan mengganggu kegiatan di dapur. Anda akan merasa tidak nyaman dengan air yang terus keluar melalui lubang kecil pada kitchen sink. Jadi perbaiki sumber kebocoran tersebut sebelum kerusakannya semakin membesar.

Anda bisa mengatasi kitchen sink yang bocor dengan cara sebagai berikut!

Kebocoran Pada Bak

Biasanya kebocoran pada kitchen sink terjadi pada bak itu sendiri. Kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh lubang yang berukuran kecil. Apalagi jika Anda menggunakan kitchen sink dari keramik, maka potensi kebocorannya menjadi lebih besar. Celah-celah di antara keramik sangat mudah mengalami kebocoran jika terus-menerus terkena air.

Cara memperbaikinya dapat dilakukan dengan membongkar keramik di area kitchen sink. Lalu terapkan bahan semen yang telah dicampur dengan bahan pelapis khusus yang bersifat kedap air (waterproof). Anda bisa mengaplikasikannya sebanyak dua kali lapisan agar lebih kuat. Barulah kemudian pasang lagi ubin keramiknya seperti semula.

Kebocoran Pada Sambungan

Kebocoran juga bisa menimpa area sambungan antara kitchen sink dengan meja dapur. Kasus kebocoran pada area ini dapat diatasi menggunakan bahan sealant yang diaplikasikan pada sambungan tersebut. Umumnya kebocoran pada bagian ini terjadi lantaran sambungan yang tidak kuat, khususnya jika Anda memakai bak stainless steel dan meja dapur dari beton.

Anda pun dapat memanfaatkan adukan semen untuk menambal kebocoran pada sambungan kitchen sink ini. Memang sebelum dipasang sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu ukuran lubang pada meja dapur serta bak kitchen sink yang telah dibeli. Pastikan ukuran keduanya benar-benar sesuai. Setelah itu, pasanglah bak tersebut pada posisi yang tepat pada lubang meja dapur sehingga tidak akan terjadi masalah ke depannya.