Agar Wastafel Tidak Bau, Lakukan 3 Cara Ini

Rumah modern pada dasarnya dibuat untuk mempermudah para penghuninya, bukan sekadar memastikannya merasa nyaman. Itu sebabnya, berbagai perlengkapan hidup modern sengaja dipasang di rumah tersebut. Wastafel salah satunya. Anda bisa memasang wastafel di koridor, kamar mandi, atau dapur. Fungsi sebagai bak penampungan air. Anda bisa membasuh muka, mencuci tangan, atau membersihkan barang di wastafel tersebut.

Adanya wastafel membuat aktivitas cuci-mencuci menjadi semakin mudah. Anda pun tak perlu basah kuyup lagi untuk sekadar membersihkan tangan dan muka. Tapi seiring pemakaiannya, kondisi wastafel akan semakin kotor. Sedikit demi sedikit kotoran menumpuk di sini sehingga mengakibatkan noda membandel. Anda harus rajin merawat wastafel. Sebab kuman dan bakteri tidak hanya mengotori wastafel saja, tetapi juga dapat menimbulkan bau busuk.

Untuk mengatasi bau pada wastafel, Ada bisa mengatasinya dengan cara berikut ini!

Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Penyebab utama wastafel yang bau adalah kotoran. Kotoran tidak hanya mengakibatkan wastafel menjadi tidak sedap dipandang, namun berbau busuk. Anda harus menghilangkan bau tersebut dengan membersihkannya. Tidak usah menggunakan produk pembersih yang aneh-aneh untuk membersihkan wastafel. Anda cukup memakai sabun cuci piring yang beraroma lemon. Bersihkan seluruh permukaan wastafel setiap hari. Sabun tersebut tidak hanya membuat wastafel bersih mengkilap, tapi juga memberikan aroma lemon yang menyegarkan.

Perbaiki Saluran yang Mampet

Wastafel yang bau biasanya disebabkan oleh pipa saluran air pembuangan yang tersumbat. Hal ini menyebabkan air dari bak tidak bisa langsung mengalir semuanya menuju ke pembuangan. Sebagian dari air ini tertahan di dalam pipa. Lambat laun air pun menjadi semakin kotor karena dipenuhi oleh bakteri. Bau busuk akhirnya muncul dari air tersebut. Untuk mengatasinya, Anda harus memperbaiki pipa yang mampet agar lancar kembali. Buanglah semua kotoran yang terjebak di dalam pipa supaya aliran air menjadi lancar kembali.

Hilangkan Noda dengan Asam Sitrat

Seiring berjalannya waktu, wastafel akan dipenuhi oleh noda berwarna kekuning-kuningan. Ada noda yang mudah dibersihkan, ada pula noda membandel yang sangat sulit dihilangkan. Sabun cuci piring atau deterjen pakaian saja tidak mampu menghilangkan noda tersebut. Anda membutuhkan bahan pembersih yang lainnya. Di sini kami merekomendasikan asam sitrat. Tuangkan segelas air yang telah diberi 1 sendok makan asam sitrat ke dalam wastafel. Biarkan selama semalaman. Keesokan harinya Anda bisa menyikat permukaan wastafel sampai bersih.