Agar Plafon Tidak Ada Tikus, Ini Cara Efektifnya!

Rumah Anda mungkin dilengkapi dengan plafon di bagian interiornya? Plafon memang sangat berguna untuk membuat desain interior terlihat rapi. Struktur ini akan menutup bidang atap serta menyatukan dinding-dinding di sekitarnya. Sayangnya plafon mempunyai masalah klasik yang sering menimpanya yaitu tikus yang suka membuat sarang di atas plafon. Penyebabnya tidak lain karena kondisi di dalam plafon tersebut biasanya gelap dan lembab.

Tikus memang paling suka dengan tempat yang gelap dan lembab. Apalagi jika tempat tadi benar-benar nyaman baginya. Ditambah dengan tersedianya bahan makanan yang melimpah, tikus-tikus pun akan membuat sarang di atas plafon rumah Anda. Akibatnya plafon menjadi cepat kotor, rentan mengalami kerusakan, dan timbul suara gaduh pada malam hari. Anda harus mengusir tikus-tikus tersebut secara paksa supaya menjauh dari rumah.

Lantas, bagaimana caranya agar plafon tidak ada tikusnya?

Pastikan Tidak Ada Akses Bagi Tikus

Tikus membuat sarang di plafon karena dia bisa memasukinya. Dari awalnya hanya sekadar iseng atau numpang mampir, lama-kelamaan tikus merasa betah dengan tempat tersebut karena menurutnya ideal sebagai tempat tinggal. Jadi Anda harus mencegah tikus agar tidak bisa memasuki ruangan plafon. Menutupnya dengan rapat jelas tidak mungkin sebab akan meningkatkan kelembaban udara sehingga plafon cepat rusak. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan tidak adanya lubang besar pada plafon.

Perbaiki Lubang yang Telah Dibuat Tikus

Tikus merupakan salah satu binatang yang paling pintar di dunia. Selalu ada saja caranya bagi binatang pengerat ini untuk memasuki plafon. Dia tidak segan-segan menggerogoti plafon menggunakan giginya yang tajam. Lubang di plafon akan dibuat olehnya sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya lubang tersebut berukuran cukup besar serta muat dilewati oleh para tikus. Sebelum populasi tikus semakin banyak, Anda harus menambal lubang ini sesegera mungkin. Gunakan material dari logam untuk menambal lubang tadi supaya tak mudah dirusak lagi.

Bersihkan Plafon Sesering Mungkin

Anda pasti jarang sekali membersihkan ruangan di bagian atas plafon, kan? Salah satu alasannya karena ruangan tersebut sulit dijangkau. Susah bagi Anda untuk memasuki ruangan ini, lalu menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Akibat jarang diperhatikan kondisinya, maka tikus-tikus merasa aman. Jadi mulai sekarang bersihkan ruangan di plafon ini sesering mungkin walaupun Anda sulit melakukannya. Jika memungkinkan, buatlah pintu khusus agar Anda bisa memeriksa kondisinya dengan mudah.

Tebarkan Wewangian yang Dibenci Tikus

Percayakah Anda jika tikus sangat benci dengan wewangian yang aromanya menusuk hidung? Binatang pengerat ini akan berusaha menjauhi ruangan yang beraroma sangat wangi dan meninggalkannya. Hal ini dikarenakan indera penciuman tikus yang sangat diandalkannya akan melemah manakala mencium aroma yang sangat menyengat. Cobalah menebarkan beberapa bahan yang mempunyai aroma sangat tajam. Contohnya yaitu bunga melati, bunga kenanga, daun pandan, bubuk kopi,kulit durian, sampai cairan pemutih pakaian.

Pasang Jebakan dan Racun Tikus

Kalau tikus masih tetap bersikukuh tinggal di atas plafon, tidak ada cara lagi selain melakukan perlawanan. Anda harus membinasakan semua tikus tersebut secara kasar. Gunakan berbagai jenis jebakan tikus yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Dari mulai jebakan yang berupa perangkap kawat sampai jebakan yang dapat menjepit tikus. Jangan lupa juga untuk memakai racun tikus. Tebarkan makanan yang sudah diberi racun tikus di atas plafon. Biarkan tikus-tikus memakannya, lalu mati bergelimpangan. Maka rumah Anda pun akan bebas dari tikus.