5 Tips Ampuh Nih agar Selokan Air Tidak Berbau Menyengat

Rumah tinggal hendaknya dilengkapi dengan selokan. Selokan ini berfungsi sebagai saluran pembuangan air kotor. Selokan merupakan saluran air yang bersifat terbuka. Saluran ini sengaja tidak dibuat tertutup agar lebih mudah dibersihkan. Biasanya sih selokan ini dipakai untuk mengalirkan air hujan. Sebaiknya dibedakan antara selokan dan saluran air kotor dari kamar mandi. Selokan dibuat di depan rumah untuk mencegah timbulnya genangan air di jalanan.

Keberadaan selokan memang memiliki fungsi yang krusial. Dengan adanya selokan ini, air di jalan dapat langsung mengalir ke tempat lain yang lokasinya lebih rendah. Hasilnya adalah genangan air atau banjir pun bisa dicegah supaya tidak terjadi. Sayangnya kondisi selokan yang terbuka membuatnya tercemari sampah. Ada banyak kotoran yang ikut masuk ke selokan ini hingga akhirnya menyumbat salurannya. Air pun tidak bisa mengalir lancar di dalam selokan ini.

Salah satu dampak dari terhambatnya aliran air di dalam selokan yaitu timbulnya bau busuk yang sangat menyengat. Bau busuk ini muncul dari genangan air di selokan yang macet. Ada begitu banyak sampah dan kotoran aneka rupa yang terkumpul di sini. Endapannya itulah yang menimbulkan bau yang sangat busuk. Selain itu, aktivitas mikroorganisme seperti kuman dan bakteri di dalam air pun makin membuat kondisi air tersebut semakin tercemar. Anda harus mengatasinya.

Berikut ini solusi-solusi yang dapat dilakukan supaya selokan air tidak berbau!

  1. Jangan Buang Sampah di Selokan Air

Ini adalah peraturan yang wajib ditaati jika mau selokan air di sekitar rumah Anda tidak berbau. Gunakanlah selokan tersebut sebagaimana fungsinya sebagai selokan. Selokan bukanlah tempat pembuangan sampah. Jangan sekali-kali membuang sampah ke dalamnya. Beritahukan pula ke orang lain agar tidak membuang sampah ke selokan. Untuk mencegah supaya tidak ada sampah yang masuk ke selokan, disarankan memasang penutup yang dapat dibuka-tutup.

  1. Bersihkan Selokan Air secara Rutin

Selokan air di lingkungan rumah Anda akan berbau manakala airnya tidak bisa mengalir dengan lancar. Sedangkan kalau air di dalamnya mampu mengalir lancar serta tidak menggenang pasti tak akan berbau menyengat. Penyebab selokan air ini mampet tentu karena adanya kotoran di dalamnya. Mau tak mau, Anda harus membersihkannya secara rutin untuk membuang sampah yang berhasil masuk ke dalamnya. Bersihkan selokan air ini sampai tak ada sampahnya lagi.

  1. Pastikan Salurannya Tidak Mampat

Selokan yang mampet pasti akan berbau menyengat. Kondisi ini berbeda dengan selokan yang airnya dapat bergerak dengan lancar di dalamnya. Selokan tersebut pasti tidak akan berbau. Jadi penyebab utama timbulnya bau pada selokan karena airnya tergenang dan tidak bisa bergerak. Mulai dari sekarang Anda harus menjaga kondisi selokan tersebut supaya tidak sampai mampat. Caranya dengan membersihkan selokan air secara berkala, memastikan tidak ada sampah yang menutupi salurannya, dan menjaga aliran air senantiasa tetap lancar.

  1. Manfaatkan Fungi sebagai Pengurai

Bau menyengat yang keluar dari selokan sebenarnya dapat dilawan dengan memberikan bahan yang mampu menghilangkan sumbernya. Tetapi bukan sabun pembersih atau deterjen pakaian karena tidak cukup ampuh mematikan kuman dan bakteri yang menjadi sumber penyebab bau ini. Anda bisa memanfaatkan fungi atau jamur pelapuk kayu untuk mengatasi bau tak sedap ini. Fungi ini tidak mengeluarkan gas amoniak sehingga tidak berbau, melainkan hanya uap air. Anda bisa menaburkannya di selokan atau got yang selama ini berbau menyengat.

  1. Taburkan Pupuk Kompos ke Selokan

Cara mengatasi selokan yang berbau lainnya, Anda dapat memakai pupuk kompos yang sudah matang dengan sempurna. Pupuk kompos ini mengandung banyak sekali bakteri baik yang bisa melawan kuman dan bakteri sumber penyebab bau busuk. Jika mau lebih efektif lagi, Anda bisa memakai cairan EM4 yang merupakan aktivator bakteri untuk pertanian. Cairan ini ampuh sekali mendatangkan bakteri baik untuk melawan bakteri-bakteri penyebab bau pada selokan. Anda tinggal menuangkannya ke selokan yang dimaksud secukupnya.