4 Cara Memperbaiki Pipa Wastafel yang Bocor

Masalah kebocoran tidak jarang menimpa pipa wastafel yang baru dipasang. Jika bisa memilih, pemilik rumah tentu tidak mau wastafel di tempat tinggalnya bocor. Kebocoran yang menimpa pada pipa wastafel akan mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga dalam memakai wastafel tersebut. Anda akan terganggu ketika ingin mencuci tangan, membasuh muka, membersihkan suatu benda, dan lain-lain. Air yang terus mengalir dari pipa akan sangat mengganggu.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh membiarkan wastafel mengalami kebocoran, termasuk pipa-pipa yang melengkapinya. Jika terjadi kebocoran pada pipa atau bak wastafelnya, Anda wajib memperbaikinya sesegera mungkin. Membiarkan pipa wastafel dalam kondisi yang bocor sama artinya dengan Anda merusak pipa tersebut sedikit demi sedikit. Sebenarnya mudah kok untuk memperbaiki kebocoran pada pipa wastafel ini. Kuncinya Anda harus mencari tahu penyebab utamanya terlebih dahulu.

Silakan Anda bisa mengikuti solusi perbaikan pipa wastafel yang bocor di bawah ini!

Solusi 1. Mengatasi Pipa yang Tersumbat

Kebanyakan kasus kebocoran pada pipa wastafel terjadi akibat pipa tersebut tersumbat oleh kotoran. Banyaknya kotoran yang terjebak di dalam pipa menghalangi aliran air dari wastafel. Karena mempunyai sifat menekan ke segala arah, maka air akan mencari celah sekecil apapun untuk dilaluinya. Dari mulai sekadar rembes sampai bocor bisa terjadi akibat aliran air yang terhalangi. Solusinya yaitu membersihkan semua kotoran yang menyumbat pipa.

Solusi 2. Mengganti Pipa yang Bocor

Keluarnya air dari dalam pipa wastafel bisa jadi akibat adanya lubang pada pipa tersebut. Lubang inilah yang menjadi jalur keluar bagi air. Sebagian air yang mengalir di dalam pipa akan keluar dari jalurnya melalui lubang ini. Maka terjadilah kasus kebocoran. Pipa wastafel yang bocor masih bisa ditambal asalkan ukuran lubangnya tidak terlalu besar. Tapi apabila lubang pada pipa tersebut cukup besar, tidak ada solusi yang lain selain menggantinya.

Solusi 3. Memperbaiki Instalasi Pipa

Pipa wastafel yang bocor juga bisa terjadi karena kesalahan Anda dalam merancang model pemasangan pipa. Akibatnya yaitu air tidak bisa langsung mengalir keluar seluruhnya dalam waktu yang cepat. Air mengalir perlahan-lahan akibat Anda salah dalam menentukan jalurnya. Aliran air yang pelan ini berisiko merembes ke celah-celah pada sambungan pipa hingga menimbulkan kebocoran. Cobalah untuk membongkar pipa tersebut dan memasangnya kembali.

Solusi 4. Menyambung Ulang Pipa

Pipa untuk saluran pembuangan air tidak boleh dipasang begitu saja. Anda tidak boleh menyambung pipa tanpa mengikatnya menggunakan bahan perekat. Sebab aliran air memiliki tekanan yang kuat. Cepat atau lambat sambungan pipa yang tidak diikat pasti akan terlepas. Bukan tidak mungkin faktor inilah yang menyebabkan pipa wastafel di rumah Anda bocor. Jika benar, Anda bisa melepaskan pipa tersebut. Lalu sambunglah kembali pipa-pipa ini dengan disertai lem dan selotip khusus sebagai pengikatnya.