3 Langkah Mudah Membasmi Kutu Busuk sampai ke Telurnya!

Anda mungkin sedang pusing setengah mati akibat banyaknya kutu busuk yang menyerang kamar tidur Anda? Anda sendiri tak habis pikir mengapa kutu busuk tersebut tiba-tiba datang ke kamar tidur, lalu beranak pinak sampai jumlahnya ada begitu banyak? Tentu saja masalah kutu busuk ini harus ditangani secara serius karena benar-benar mengganggu. Anda merasa tidak nyaman tinggal di kamar sebab selalu digigiti serangga berbau busuk ini.

Tidak jauh berbeda dengan nyamuk, kutu busuk senang menghisap darah manusia. Karena darah tersebut merupakan makanan yang lezat baginya. Ketika kita berbaring di kasur yang sudah menjadi sarang kutu busuk, serangga ini lantas akan mendekati Anda secara perlahan-lahan kemudian mulai menghisap darah Anda menggunakan mulutnya yang tajam. Akibatnya, kenyamanan Anda pun terusik serta mengalami gatal-gatal dan ruam di kulit.

Jika kamar tidur Anda sudah menjadi sarang kutu busuk, Anda bisa menggunakan jurus ampuh di bawah untuk membasmi semua kutu busuk tersebut!

Langkah 1. Bersihkan Kasur, Bantal, dan Guling

Di mana tempat favorit kutu busuk untuk membuat sarang? Jawabannya tidak lain ialah area tempat tidur. Mulai dari kasur, bantal, sampai guling merupakan tempat yang biasa menjadi lokasi persembunyian kutu busuk. Di sini kutu busuk bisa bersembunyi dengan aman. Mereka juga akan merasa nyaman tinggal di lokasi yang empuk ini. Dan yang lebih penting lagi, kutu busuk dapat menjangkau tubuh Anda dengan mudah apabila berada di sini. Maka tak heran kalau serangga tersebut begitu betah tinggal di kamar Anda.

Tanda-tanda adanya kutu busuk di tempat tersebut yaitu terdapat bercak-bercak kotoran yang berwarna hitam di kain cover-nya. Anda bisa membasmi kutu busuk yang bersarang di kasur, bantal, dan guling dengan melepaskan sarungnya, lalu mencucinya sampai bersih. Jangan lupa untuk merendam cover ini di air deterjen setidaknya selama 3 jam. Sementara itu, jemurlah kasur, bantal, dan guling di bawah sinar matahari secara langsung. Lebih bagus lagi jika alasnya merupakan logam sehingga kasur tersebut mendapatkan panas di kedua sisinya.

Langkah 2. Jemurlah Ranjang, Kursi, Meja, dan Rak

Kami berikan bocoran bahwa kutu busuk ini sebenarnya senang tinggal di tempat manapun asalkan ukurannya sempit. Bentuk tubuhnya yang pipih membuat serangga ini bisa memasuki celah sempit dan bersembunyi di sana dengan aman. Jadi Anda harus mencurigai kalau kutu busuk juga bersarang di ranjang tidur, kursi dan meja yang ada di kamar, serta rak-rak dinding. Tempat-tempat ini sangat ideal menjadi sarang kutu busuk. Oleh karena itu, Anda tidak boleh lupa membersihkan benda-benda ini.

Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot habis semua kotoran yang menempel di ranjang, kursi, meja, dan rak, terutama kotoran-kotoran yang ada di celah-celahnya. Setelah itu, Anda bisa menjemur perabotan-perabotan ini di tempat terbuka agar terpapar sinar matahari secara langsung sama seperti kasur, bantal, dan guling di atas. Kalau bisa, Anda jemur perabotan ini selama 3-5 hari berturut-turut. Biarkan perabotan ini tetap berada di luar sana supaya semua kutu busuk yang bersarang di sana kabur dan mati.

Langkah 3. Panaskan Semua Benda di Kamar Tidur

Tak menutup kemungkinan kutu busuk membuat sarangnya di tempat lain selain area tempat tidur Anda. Misalnya yaitu benda-benda aksesori, hiasan dinding, bingkai foto, sampai pot-pot bunga. Anda tidak boleh kelewatan untuk membersihkan semua benda ini sebab tak menutup kemungkinan kalau ada kutu busuk di sana. Untuk benda-benda yang aman dari air, Anda bisa merendamnya di air sabun cuci piring selama 3 jam. Niscaya semua kutu busuk beserta telur-telurnya akan mati seketika.

Sementara itu untuk benda-benda yang bersifat tidak anti-air, Anda bisa memanaskannya. Di sini Anda bisa menggunakan hairdryer atau fire gun untuk memancarkan panas tepat ke arah benda tersebut. Kalau terpaksa, Anda juga bisa menggunakan korek api. Arahkan alat-alat ini tepat ke seluruh permukaan benda tersebut, bolak-balik, terus bergerak, dan hati-hati agar tidak membakarnya. Dengan panas ini, semua kutu busuk dan telur-telurnya pasti akan mati seketika.

Jika kamar tidur Anda mempunyai dinding yang bertekstur, dindingnya tidak atau belum diaci sampai permukaannya menjadi halus, maka Anda pun perlu mencurigainya sebagai sarang persembunyian kutu busuk. Terutama bila ada bekas-bekas kotoran kutu busuk yang berwarna hitam di sana. Cara membersihkan kutu busuk di tembok yaitu Anda bisa menggunakan hairdryer, fire gun, atau korek api. Manfaatkan panas dari alat-alat ini untuk memanasi permukaan tembok secara merata. Sehingga benar-benar tak ada lagi kutu busuk di sana.