Langkah-langkah Cara Epoxy Lantai untuk Pemula

Kenyataannya tidak hanya dinding saja yang dapat dicat, tetapi lantai pun bisa dicat agar penampilannya semakin menarik. Namun cat yang digunakan untuk lantai bukanlah cat dinding. Melainkan Anda harus menggunakan cat khusus yang disebut cat epoxy. Epoxy adalah cat khusus untuk lantai yang terbuat dari campuran resin dan hardener. Cat ini akan membentuk lapisan tipis di atas permukaan lantai. Warnanya sesuai jenis epoxy yang digunakan, baik itu glossy maupun doff.

Fungsi utama epoxy sebenarnya untuk melindungi permukaan lantai. Lapisan epoxy ini akan membuat lantai lebih tahap terhadap air, debu, kotoran, bahan kimia, minyak, dan sebagainya. Tapi di samping itu, penerapan epoxy juga akan membuat lantai nampak semakin menarik berkat kesan yang dihasilkannya. Berkat lapisan epoxy ini, lantai beton yang semula terlihat biasa-biasa saja akan menjadi penuh pesona dan nampak elegan. Lantai bakal kelihatan mengkilap atau semakin pekat.

Pokoknya Anda wajib mencoba epoxy lantai ini agar penampilan desain rumah Anda semakin menawan. Bahan epoxy akan membuat rumah Anda kian memesona. Tapi sayangnya harga jasa pengecatan lantai menggunakan epoxy terbilang lumayan mahal. Biasanya tarif yang dipatok adalah per meter persegi. Ini artinya semakin luas ukuran lantai di rumah Anda yang akan dicat, maka semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan. Padahal mengecat lantai memakai epoxy tak terlalu sulit kok.

Anda dapat mengikuti panduan dari Arafuru di bawah ini untuk melakukan proses pengecatan lantai menggunakan cat epoxy!

Tahap I. Bersihkan Permukaan Lantai

Lantai beton tidak bisa serta merta langsung dicat menggunakan bahan epoxy. Anda perlu menyiapkan lantai ini terlebih dahulu sebelum akhirnya dilapisi epoxy. Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda hanya perlu membersihkan lantai tersebut dari kotoran-kotoran yang ada di permukaannya. Gunakan sapu dan vacuum cleaner untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran dari atas lantai tersebut. Hasilnya harus benar-benar bersih ya. Tidak boleh ada kotoran sedikit pun sebab akan berpengaruh terhadap hasil dari proses selanjutnya.

Tahap II. Haluskan Tekstur Lantai

Anda mungkin sudah menggunakan waterpass saat membuat lantai beton. Akan tetapi, hasilnya belum tentu benar-benar rata. Padahal epoxy akan bekerja baik jika diterapkan di lantai yang memiliki bidang permukaan yang memang sangat rata dengan tekstur yang halus. Sehingga Anda pun perlu meratakan lantai tersebut sebelum mengecatnya memakai epoxy. Di sini Anda memerlukan alat bantu yaitu mesin grinding. Mesin ini berguna untuk membersihkan permukaan lantai, menghilangkan noda membandel, menghaluskan teksturnya, serta membuka pori-pori lantai. Sehingga cat epoxy pun dapat menempel dengan sempurna.

Tahap III. Terapkan Cat Lapisan Dasar

Sama halnya seperti hendak mengecat dinding, saat mengecat lantai beton pun Anda perlu menerapkan cat dasar terlebih dahulu. Cat dasar yang digunakan di sini yaitu cat primer epoxy. Cat ini khusus untuk lantai yang akan diberi lapisan epoxy. Cat primer epoxy wajib diaplikasikan pertama kali sebagai lapisan dasar agar epoxy di atasnya dapat merekat kuat serta hasil warnanya pun optimal. Aplikasikanlah epoxy primer ini menggunakan roll supaya pekerjaannya lebih efektif dan efisien. Terapkan bahan ini ke seluruh permukaan lantai secara merata.

Tahap IV. Terapkan Cat Plamir

Anda harus menunggu waktu sekitar 1-3 jam supaya cat epoxy primer yang baru saja diaplikasikan dapat mengering dengan sempurna. Durasi waktu pengeringan cat ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Setelah lapisan epoxy primer sudah benar-benar kering, lantas Anda bisa menerapkan cat plamir. Fungsi cat ini untuk mempertegas hasil akhirnya nanti. Dengan adanya lapisan cat plamir ini, lapisan epoxy di atasnya akan nampak semakin mengesankan. Namun sebelumnya lantai perlu digosok sekali lagi dengan mesin grinding untuk menghaluskan permukaannya. Untuk mengaplikasikan cat plamir ke permukaan lantai beton, Anda bisa memakai kain atau spons. Terapkan plamir ini dengan lapisan yang tipis saja.

Tahap V. Saatnya Memakai Epoxy

Setelah lapisan plamir sudah mengering, Anda bisa mulai menerapkan cat epoxy. Ada dua jenis produk epoxy yang tersedia di pasar yaitu epoxy yang perlu ditambahi bahan hardener serta epoxy yang sudah dicampur hardener oleh pabriknya. Sedangkan menurut hasil akhirnya terdapat epoxy dengan tampilan glossy dan doff. Silakan Anda dapat membaca label keterangan produk cat epoxy yang Anda beli. Ikuti instruksi penggunaan bahan epoxy tersebut.

Proses menerapkan bahan epoxy ke permukaan lantai beton kurang lebih mirip seperti saat memplitur lemari kayu. Di sini Anda bisa menggunakan mesin khusus untuk menerapkan epoxy tersebut. Atau bisa juga menggunakan kain yang lembut serta busa. Caranya, ambil epoxy secukupnya lalu usapkan ke lantai beton. Buatlah lapisan yang tipis saja, namun harus rata. Ulangi hingga seluruh permukaan lantai selesai Anda beri epoxy. Biarkan sejenak agar lapisan ini mengering. Selanjutnya Anda bisa membentuk lapisan epoxy sekali lagi. Demikian seterusnya proses penerapan epoxy ini dilakukan beberapa kali hingga membentuk lapisan epoxy yang cukup tebal.