Cara Memotong Papan Kalsiboard yang Benar

Papan kalsi (kalsiboard) adalah papan bangunan yang bersifat ramah lingkungan, 100% bebas dari asbes, dan telah direkomendasikan oleh GBCI (Green Building Council Indonesia sebagai material yang sangat sesuai untuk bangunan hijau. Bahan bangunan ini juga telah terdaftar di dalam direktori green listing yang diterbitkan oleh INIAS Resource Center. Produk kalsiboard dapat memenuhi kebutuhan kriteria green product sehingga berkontribusi pula untuk green building.

Salah satu pekerjaan awal yang harus dilakukan apabila Anda tertarik menggunakan kalsiboard yaitu memotongnya berdasarkan ukuran yang diperlukan. Perlu diketahui, kalsiboard tersedia dalam wujud berupa lembaran-lembaran yang memiliki ukuran cukup lebar. Sehingga ketika kita ingin memasangnya sebagai plafon atau dinding, maka kalsiboard tersebut harus dipotong sesuai ukuran yang telah direncanakan. Lantas, bagaimana caranya memotong kalsiboard itu?

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memotong kalsiboard. Anda bisa menggunakan pisau potong biasa (cutter) atau gergaji listrik.

Memotong Kalsiboard dengan Ketebalan Kurang dari 6 mm

Kalsiboard juga tersedia dalam ukuran ketebalan yang tipis yaitu kurang dari 6 mm. Produk ini biasanya digunakan untuk membuat struktur yang memiliki bentangan yang pendek. Untuk memotongnya, Anda bisa menggunakan pisau potong biasa (cutter). Pastikan Anda memakai cutter yang sangat tajam. Kemudian Anda juga membutuhkan penggaris besi untuk digunakan sebagai pembatas selama Anda melakukan pemotongan kalsiboard.

Mulailah dengan menyiapkan area kerja terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan meja kerja yang dilapisi kaca di bagian atasnya. Letakkan kalsiboard di atas meja kerja tersebut. Setelah itu, taruhlah penggaris besi tepat di samping garis pola yang Anda buat. Sekarang Anda tinggal menggores permukaan kalsiboard memakai cutter secara berulang-ulang (3-5 kali goresan) di tempat yang telah ditandai. Kalsiboard yang telah tergores ini lantas ditekuk hingga menjadi dua bagian. Anda bisa mengampelas bekas potongannya agar teksturnya halus.

Memotong Kalsiboard dengan Ketebalan Lebih dari 6 mm

Untuk membuat plafon dari bahan kalsiboard, Anda bisa memakai kalsiboard yang memiliki ketebalan lebih dari 6 mm. Dengan ukuran ketebalan yang lebih besar, kalsiboard ini jauh lebih kuat dan kokoh. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa memotongnya jika hanya menggunakan pisau potong biasa saja. Diperlukan alat potong khusus yang memiliki kekuatan lebih besar. Di sini Anda bisa memakai gergaji listrik seperti jig saw, circular saw, malco tools, dan power tools.

Lalu bagaimana caranya memotong kalsiboard menggunakan gergaji listrik ini? Proses yang harus dikerjakan pada dasarnya sama saja seperti memotong kayu atau bahan-bahan lainnya. Anda perlu membuat tanda berupa garis terlebih dahulu tepat di bagian kalsiboard yang akan dipotong. Selanjutnya letakkan kalsiboard tersebut di atas meja kerja. Tahan posisi papan kalsi menggunakan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan dipakai memegangi gergaji listrik untuk memotong kalsiboard sampai terpotong sempurna.