Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang

Menata ruang tamu memang membutuhkan keahlian tersendiri. Apalagi jika ruangan tersebut bentuknya tidak biasa. Contohnya ruang tamu dengan lebar yang sempit tetapi panjang, Anda membutuhkan trik untuk dapat menatanya. Anda harus menata ruang tamu yang memanjang ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai deh ruangan ini terasa seperti lorong yang sempit. Anda harus memanfaatkan sisi panjangnya.

Terdapat 2 aspek utama yang perlu diperhatikan dalam menata ruang tamu yang memanjang. Pertama yaitu penataan furniture, dan kedua adalah penyediaan ruang gerak. Semua ruangan membutuhkan furniture untuk mendukung fungsinya. Ruang tamu biasanya dilengkapi dengan sofa, kursi, dan meja. Hati-hati saat mengatur tata letak semua perabotan ini. Sebab jika salah akan mengganggu pergerakan Anda sekeluarga.

Anda juga harus memperhatikan ruang gerak yang tersedia di dalam ruang tamu. Lumrahnya ruang tamu merupakan ruangan yang berada paling depan. Ruang tamu menjadi ruangan yang pertama kali dilihat saat Anda memasuki rumah. Ruang ini juga menjadi ruangan yang paling sering dilalui saat kita hendak memasuki rumah atau keluar dari rumah. Jadi ketersediaan ruang gerak yang memadai begitu penting di dalam ruangan ini.

Kami mempersembahkan 3 model penataan untuk ruang tamu memanjang khusus bagi para pembaca setia, termasuk Anda.

Model 1. Lorong

Penataan ruang tamu dengan model lorong dilakukan dengan menempatkan semua furniture di salah satu sisi ruangan sehingga nantinya terbentuk ruang kosong di sisi yang lainnya. Sisi kosong inilah yang selanjutnya kita manfaatkan sebagai lorong untuk aktivitas lalu-lalang. Anda bisa memulainya dengan membagi ruangan menjadi 2 bagian. Bagian pertama dipakai untuk lorong. Sedangkan bagian kedua digunakan untuk penempatan furniture.

Pastikan ukuran lorong mempunyai lebar lebih dari 1 meter sehingga kita bisa bergerak secara leluasa di sini. Posisi lorong sebaiknya membentuk satu garis dengan pintu utama. Biarkan area ini tetap bersih. Setelah itu, Anda bisa memasang karpet di area penempatan furniture.  Adanya karpet akan mempertegas pembagian ruangan ini. Barulah kemudian Anda bisa meletakkan sofa, kursi, dan meja. Lalu dilanjutkan dengan memasang furniture ornamen serta rak-rak dinding.

Model 2. Tengah

Penataan ruang tamu memanjang dengan model tengah dapat dilakukan asalkan ruang tamu tersebut memiliki sisi lebar lebih dari 3 meter. Hal ini begitu penting sebab ruangan tersebut nantinya akan mempunyai 2 area lalu-lalang yaitu sebelah kanan dan kiri furniture. Sedangkan perabotan-perabotannya sendiri ditaruh tepat di tengah-tengah ruangan secara memanjang mengikuti panjang ruangan tersebut.

Konsep penataan seperti ini juga cocok diaplikasikan pada ruang tamu dengan pintu utama yang terletak di tengah. Sehingga ketika kita membuka pintu, maka deretan furniture akan langsung menyambut kehadiran kita. Konsep penataan ini pun akan membuat suasana ruangan terlihat begitu elegan dan mewah. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menempatkan semua furniture ke tengah-tengah ruangan membentuk satu baris.

Model 3. Zig-zag

Bagi Anda yang menyukai desain interior modern dan minimalis dapat mengaplikasikan model penataan zig-zag pada ruang tamu yang memanjang. Di sini kita tidak akan membagi ruang tamu menjadi 2 atau 3 area. Kita akan tetap mempertahankan satu kesatuan ruangan tersebut. Tugas utama kita hanyalah menciptakan jalan yang berbentuk zig-zag melalui penempatan furniture secara tepat. Bagaimana bisa?

Sebagai contoh, Anda bisa memulainya dengan memasukkan sofa di sebelah kiri ruangan sehingga terbentuk ruang kosong di sisi kanannya. Kemudian kita bisa meletakkan beberapa kursi di sebelah kanan yang menghadap televisi yang berada di sisi kiri ruangan. Akibatnya terbentuk ruang kosong di sisi kiri ruangan. Setelah itu Anda bisa menaruh lemari buku dengan posisi menempel di dinding sebelah kiri ruangan, maka tercipta ruang kosong di sisi kanannya. Begitu seterusnya sampai ke ujung batas ruangan.