Pengertian Rumah Prefabrikasi dan Fakta-faktanya

Rumah prefabrikasi adalah rumah yang memiliki komponen-komponen yang sudah dibuat di dalam pabrik. Jadi saat membuat rumah prefabrikasi di lokasi, para pekerja cukup merangkai komponen-komponen tersebut menggunakan teknik joint. Hal ini menguntungkan sekali bagi kita yang memakai rumah prefabrikasi. Keuntungan-keuntungan yang diperoleh di antaranya praktis, cepat selesai, tidak membutuhkan banyak pekerja, dan minim bahan yang terbuang.

Sebenarnya rumah prefabrikasi ini sama seperti rumah-rumah pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada proses pembuatan rumah tersebut. Rumah prefabrikasi juga mempunyai bagian-bagian seperti rumah biasa yang meliputi pondasi, rangka dinding, partisi, dak, tangga, balkon, dan atap. Tidak ada perbedaan yang mencolok pada konstruksi dan strukturnya. Anda pasti akan merasa nyaman karena tak ubahnya tinggal di rumah biasa.

Namun kebanyakan rumah prefabrikasi memiliki model yang sudah tetap (fix). Artinya model rumah tersebut sudah tidak dapat diubah-ubah lagi. Model ini berbeda dengan ketertarikan mayoritas masyarakat Indonesia yang lebih menyukai rumah tumbuh, di mana bentuk serta ukuran rumah masih bisa diubah di kemudian hari. Sehingga penerapan rumah prefabrikasi di Indonesia biasanya diaplikasikan pada rumah-rumah sementara (temporer).

Faktor utama yang harus Anda perhatikan dalam membuat rumah dengan konsep prefabrikasi yaitu kondisi alam dan kontur tanah. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain seperti budaya, jangkauan, dan konteks penggunaannya. Sebab bagaimana pun rumah prefabrikasi merupakan bentuk budaya industri yang modern. Kontur tanah yang sulit dijangkau dan medan yang berat akan menjadi kendala pekerjaan. Hal ini tidak sejalan dengan prinsip-prinsip pembuatan rumah prefabrikasi.

Ternyata konsep rumah prefabrikasi sudah lama ditemukan loh. Faktanya rumah ini sudah ada sejak tahun 1908. Awalnya rumah prefabrikasi dibuat untuk para pekerja perkebunan. Adapun komponen-komponen penyusun rumah prefabrikasi dikirim menggunakan kereta api. Setelah itu, para pekerja lokal akan membangun rumah prefabrikasi dengan menyusun komponen-komponennya. Sampai sekarang konsep rumah prefabrikasi terus berkembang dan semakin maju.

Terdapat 2 tipe rumah prefabrikasi, di antaranya :

  1. Rumah modular adalah rumah prefabrikasi yang semua komponennya dibuat di dalam pabrik termasuk jendela, pintu, dan bagian-bagian interior. Lalu semua komponen ini dikirimkan ke lokasi pembangunan dalam bentuk hampir jadi.
  2. Rumah datar adalah rumah prefabrikasi yang komponen-komponennya akan dibuat dan dipersiapkan di pabrik. Selanjutnya komponen-komponen rumah ini akan dikirim dalam wujud belum dirakit. Jadi para pekerja harus merakitnya sendiri di lokasi pembangunan rumah.

Jangan salah sangka dulu ya tentang desain rumah prefabrikasi. Memang betul kalau rumah ini umumnya mempunyai desain yang seragam sebab rumah prefab biasanya dipilih dalam proyek pembuatan rumah yang bersifat massal. Namun kenyataannya pilihan desain rumah prefab itu ada banyak sekali loh. Bahkan Anda bisa memilih sendiri desain rumah yang seperti apa yang Anda sukai. Tentunya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera desain.

Adapun kelebihan-kelebihan rumah prefabrikasi yaitu :

  1. Proses pembuatan rumah menjadi lebih cepat selesai
  2. Biaya pembuatan rumah lebih hemat, terutama untuk membayar pekerja
  3. Rumah prefabrikasi bersifat ramah lingkungan
  4. Anggaran biaya pembangunan rumah prefab lebih mudah direncanakan
  5. Jadwal pelaksanaan pembuatan rumah menjadi lebih terencana