Inilah Ciri-ciri Kayu Sonokeling dan Karakteristiknya

Pohon sonokeling atau pohon sanakeling (Dalbergia latifolia) ialah tanaman penghasil kayu industri yang termasuk dalam famili Leguminosae. Pohon sonokeling berukuran sedang dengan tinggi sekitar 20-30 m dan diameter batang mencapai 1,5 m. Kulit bagian luar tanaman ini berwarna abu-abu kecokelatan dengan alur pecah-pecah yang berpola membujur. Daunnya menyirip gasal, terdiri atas 5-7 anak daun yang berseling serta berwarna hijau di bagian atas dan keabu-abuan di bagian bawahnya.

Kayu sonokeling tergolong sebagai kayu yang berkualitas premium. Tak berbeda dengan kayu jati, kayu ini menjadi primadona. Kayu sonokeling memiliki kekuatan yang sangat baik, strukturnya keras, tekstur begitu khas dan indah, serta mempunyai tingkat keawetan yang tinggi. Beberapa orang kerap menyebut kayu sonokeling sebagai kayu linggota, kayu sonosungu, atau kayu sonobrit. Sedangkan di luar negeri, kayu ini disebut pula Indonesian rosewood, bombay blackwood, indian rosewood, malabar rosewood, atau java palisander.

Sonokeling kerap dimanfaatkan kayunya sebagai bahan baku pembuatan furniture rumah tangga serta kerajinan tangan. Kayu ini dikenal mempunyai kualitas yang sangat baik, khususnya dari segi kekuatan, kekerasan, dan keawetannya. Kayu sonokeling juga memiliki serat dengan penampilan yang indah sekali. Serat kayu ini berwarna cokelat kemerahan sampai ungu kehitaman. Serat ini nampak sangat tegas dan membentuk pola yang menarik. Tak heran kalau harganya pun mahal.

Di bawah ini ciri-ciri kayu sonokeling, antara lain :

Strukturnya Sangat Kokoh

Kayu sonokeling merupakan kayu primadona. Kayu ini termasuk salah satu kayu dengan kualitas yang premium. Hal ini tidak terlepas dari mutu strukturnya yang memang sangat baik. Terutama mengenai kekuatan dari struktur kayu sonokeling ini tergolong salah satu kayu dengan kekuatan terbaik di dunia. Kekuatannya tidak berbeda jauh dengan kekuatan kayu jati. Berkat kekuatannya tersebut, kayu ini dapat bertahan hingga usianya mencapai ratusan tahun. Kayu sonokeling ini sangat awet serta memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air dan serangan hama.

Memiliki Kekerasan yang Tinggi

Selain kekuatannya yang bagus sekali, kayu sonokeling juga mempunyai tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Kayu sonokeling termasuk salah satu kayu industri dengan tingkat kekerasan yang paling baik di dunia. Kayu ini bersifat sangat keras sehingga membuatnya awet dan mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya. Tapi meski memiliki struktur yang keras dan kaku, kayu sonokeling tetap dapat dibentuk dengan mudah. Maka tak heran para pengrajin serta konsumen mengidolakan kayu ini sebagai alternatif dari kayu jati dengan harga yang lebih murah sedikit.

Berwarna Cokelat Lembayung Gelap

Karakteristik utama dari kayu sonokeling dapat dilihat dari warnanya. Warna kayu ini begitu khas serta berbeda dari warna kayu-kayu yang memiliki serat indah lainnya. Bagian teras kayu sonokeling berwarna cokelat agak lembayung gelap. Kadang-kadang ada semburat warna cokelat gelap sampai kehitaman di bagian ini. Sedangkan pada bagian gubalnya, warna gubal kayu sonokeling ini yaitu kuning muda hingga kuning keputih-putihan. Warna bagian gubal nampak lebih terang dibandingkan bagian teras. Kombinasi warna ini pula yang membuat kayu sonokeling begitu menarik.

Mempunyai Serat yang Indah

Ternyata tidak cuma kayu jati saja yang mempunyai serat dengan pola yang begitu indah. Masih banyak jenis-jenis kayu solid lainnya yang juga memiliki serat alami yang menarik sekali. Salah satunya yaitu kayu sonokeling ini. Kayu sonokeing memang terkenal akan keindahan seratnya. Serat ini terbentuk secara alami seiring dengan pertumbuhan pohon sonokeling. Karena garisannya tegas, maka uliran dan pola serat kayu sonokeling tampak sangat jelas. Tidak sedikit konsumen yang terbuai oleh keindahan serat alami yang dimiliki oleh kayu sonokeling ini.

Seratnya Berwarna Ungu Kehitaman

Kayu sonokeling memiliki warna cokelat lembayung gelap sampai cokelat muda kekuning-kuningan. Sedangkan seratnya sendiri berwarna ungu kehitaman. Kadang-kadang ada pula semburat berwarna cokelat kemerahan yang menghiasinya. Perpaduan antara campuran warna yang kontras ini membuat pesona kayu sonokeling nampak begitu indah. Serat kayu sonokeling ini juga tersusun pada jarak yang cukup rapat sehingga semakin memperindah penampilannya.