6 Tips Memilih Agen Properti Terbaik

Anda membutuhkan bantuan seorang agen properti untuk membantu menjualkan produk properti milik Anda. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi faktanya proses menjual properti seperti tanah dan rumah memerlukan trik tersendiri. Anda tentu harus mendapatkan untung dari proses jual beli tersebut. Sayangnya kalau harga jual yang dipatok tidak tepat, properti Anda akan sulit lakunya. Hal ini akan menjadi dilema bagi Anda.

Rata-rata seorang penjual properti yang amatir bisa menjual produk properti paling cepat dalam waktu 3 bulan. Ini waktu yang paling cepat. Kenyataannya ada banyak penjual properti pemula yang bahkan tidak mampu menjual produknya hingga lebih dari setahun. Anda bisa membayangkannya sendiri bagaimana jika Anda sedang berada di dalam kondisi memerlukan uang tetapi properti tersebut tidak terjual juga?

Di sinilah pentingnya agen properti. Agen properti sudah mempunyai keterampilan, koneksi, dan pengalaman yang memadai dalam urusan jual beli properti. Bahkan menjual puluhan produk properti sekaligus dalam waktu sehari bukan perkara yang sulit bagi mereka. Meminta bantuan seorang agen properti merupakan langkah yang bijaksana apabila Anda ingin menjual produk properti secara cepat dengan harga yang tepat.

Namun Anda harus teliti dalam memilih agen properti. Pilihlah seorang agen properti yang mampu menjualkan properti Anda dengan harga yang terbaik serta memiliki rekam jejak yang mumpuni. Kiat-kiat dari Arafuru berikut ini akan membantu Anda!

Temukan Agen Properti Sebanyak Mungkin

Tugas pertama Anda yaitu menemukan agen properti sebanyak-banyaknya. Apalagi jika kali ini merupakan pengalaman Anda dalam menjual sebuah properti. Dari mana Anda bisa mendapat informasi ini? Tidak lain melalui internet. Untungnya sekarang teknologi sudah begitu canggih. Anda bisa mendapatkan informasi tentang agen properti di kota Anda melalui internet. Buatlah daftar lengkap mengenai nama agen tersebut, alamat, beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Bertanya kepada Kenalan-kenalan Anda

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menemukan informasi tentang agen properti di kota Anda adalah meminta rekomendasi dari orang-orang yang Anda kenal. Kami yakin pasti sudah ada beberapa kenalan Anda yang menggunakan jasa seorang agen properti sebelumnya. Mungkin juga mereka mengenal seseorang yang bekerja sebagai agen properti. Anda bisa menyimpan informasi tersebut. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka akan semakin bagus.

Lakukan Seleksi Menurut Profil Perusahaan

Langkah berikutnya yaitu melakukan profesi terhadap semua agen properti yang telah berhasil Anda kumpulkan. Faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah profil perusahaan tersebut. Seorang agen properti yang profesional tentu sudah menyiapkan informasi yang lengkap tentang diri mereka. Biasanya profil perusahaan ini ditampilan di dalam sebuah website. Tapi kini juga ada banyak perusahaan yang hanya mengandalkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk menampilkan profilnya.

Cari Tahu Pengalaman Mereka Selama Ini

Anda tentu membutuhkan bantuan seseorang yang memang berpengalaman untuk menjualkan produk properti milik Anda. Jangan buang uang Anda untuk membayar seseorang yang tidak berpengalaman. Anda membutuhkan bantuan seseorang yang memang benar-benar berpengalaman. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu apa pengalaman dari agen properti yang telah Anda kumpulkan. Lakukan seleksi kembali agen-agen properti tersebut berdasarkan pengalamannya.

Lakukan Pertemuan secara Langsung

Setelah Anda berhasil menyeleksi beberapa agen properti, sehingga sekarang hanya ada kurang dari 5 agen di dalam genggaman, Anda bisa melakukan pertemuan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang mereka. Usahakan lakukan pertemuan satu per satu di tempat yang berbeda. Buatlah daftar pertanyaan secara lengkap. Kalau bisa buatlah pertanyaan yang bisa mengungkap siapa mereka sesungguhnya. Lakukan interview terhadap mereka. Dari sini Anda bisa mengetahui secara jelas tentang profesionalisme agen properti tersebut.

Negosiasi Tentang Harga Jasa dan Harga Rumah

Langkah terakhir adalah membicarkan berapa harga yang harus Anda bayarkan atas jasa dari mereka. Anda harus memahami bahwa harga merupakan topik yang sensitif. Jadi Anda harus membicarakannya secara matang dan benar-benar dipikirkan sebelumnya. Anda mungkin akan dihadapkan dengan harga yang begitu tinggi. Namun jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa harganya tidak wajar. Sebab kalau mereka bisa menjualkan harga properti Anda dengan nominal yang tinggi, maka Anda akan tetap mendapatkan keuntungan besar.