Merawat Lantai Epoxy agar Mengkilap dan Tidak Kusam

Lantai epoxy perlu mendapatkan perawatan yang tepat agar penampilannya tidak rusak. Pesona lantai tersebut bahkan akan semakin menarik apabila dirawat dengan baik. Lantai epoxy ini akan terlihat indah sekali dengan permukaan yang mengkilap ataupun pekat sesuai dengan jenis cat epoxy yang Anda pakai. Di sisi yang lain, lantai epoxy yang tidak dirawat dengan benar akan kehilangan pesona. Lama-kelamaan lantai tersebut bakal tampak kusam, kotor, rusak, dan dipenuhi noda.

Proses perawatan lantai epoxy tidak ubahnya seperti merawat jenis-jenis lantai yang lain. Anda perlu membersihkannya dari debu dan kotoran, serta mengepel permukaannya secara rutin. Jangan biarkan ada noda membandel di lantai tersebut karena akan merusak penampilannya. Namun Anda juga harus memperhatikan bagaimana tata caranya dalam merawat lantai epoxy. Karena kesalahan dalam merawat lantai ini justru akan merusak serta memperparah kondisinya.

Kali ini kami akan berbagi cara tentang proses perawatan lantai epoxy yang benar supaya permukaannya tambah mengkilap dan terhindar dari penampilan yang kusam!

Bersihkan Lantai secara Rutin

Kalau mau lantai epoxy di rumah Anda senantiasa indah dipandang mata, maka Anda harus membersihkannya secara rutin. Membersihkan lantai merupakan pekerjaan utama yang harus Anda lakukan setiap waktu. Anda bisa menyapu lantai tersebut untuk menghilangkan partikel-partikel debu dan kotoran yang ada di permukaannya. Di sini kami merekomendasikan sapu ijuk dan pelepah kelapa karena mempunyai serat yang halus. Jika ingin hasilnya lebih maksimal lagi, Anda bisa memakai vacuum cleaner.

Cara Mengepel Lantai yang Benar

Sebaiknya lantai epoxy dipel sebanyak 2 kali per hari, yakin pada pagi dan sore hari. Anda bisa memakai cairan pembersih khusus untuk lantai epoxy. Kalau tidak ada, gunakan produk cairan pembersih lantai yang tidak mengandung deterjen. Sedangkan untuk alat pel yang digunakan, Anda bisa memakai alat pel kain maupun alat pel squeegee. Celupkan alat pel ini ke ember berisi campuran air dan cairan pembersih lantai, lalu peras hingga kering. Barulah kemudian Anda bisa menggunakannya untuk mengepel lantai.

Pakai Bahan Pembersih yang Aman

Anda harus menggunakan bahan pembersih lantai yang aman untuk digunakan membersihkan lantai epoxy. Tidak semua produk pembersih lantai yang tersedia di pasaran cocok dipakai untuk lantai epoxy. Beberapa di antaranya bahkan dapat merusak lantai ini serta membuat permukaannya nampak kusam. Anda harus menghindari produk pembersih yang mengandung deterjen karena dapat merusak warna lantai dan membuatnya terlihat kusam. Pembersih yang mengandung lemon atau jeruk nipis pun harus dihindari sebab bisa menimbulkan masalah serupa.

Jangan Biarkan Noda Membandel

Lantai epoxy mempunyai permukaan yang licin sekali. Saking licinnya bahkan kotora susah menempel di permukaan lantai ini. Namun bukan berarti lantai tersebut bakal bebas dari noda. Lantai epoxy pun bisa terkena noda membandel yang disebabkan oleh tumpahan makanan dan minuman. Anda juga perlu waspada terhadap tumpahan tinta, pewarna, sampai alat tulis yang dicoretkan ke lantai epoxy. Segera bersihkan noda tersebut sebelum susah dihilangkan. Kalau sudah terlanjur menjadi noda membandel, Anda bisa membersihkannya dengan cairan amonia.

Sedikan Alas Keset agar Tetap Bersih

Terserah Anda sebagai pemilik rumah apakah akan memberlakukan aturan untuk melepas alas kaki saat berada di dalam rumah atau tidak. Namun apapun aturannya, Anda harus menyediakan keset sebagai pembersih alas kaki tepat di depan pintu masuk ruangan. Jangan biarkan kotoran tersebut memasuki rumah Anda dengan leluasa. Cegah kotoran-kotoran ini tercecer di dalam rumah dengan menyediakan keset. Jadi setiap orang yang hendak memasuki rumah wajib membersihkan alas kakinya di keset ini terlebih dahulu.

Letakkan Beban dalam Jumlah Wajar

Sah-sah saja apabila Anda mempunyai perabotan yang begitu banyak di dalam rumah. Tetapi Anda juga harus memperhatikan beban maksimal yang bakal ditanggung oleh lantai epoxy. Usahakan Anda tidak meletakkan beban yang terlalu berat di atas lantai ini. Walaupun lantai epoxy memiliki kekuatan yang sangat kokoh, tetapi lantai ini pun bisa menjadi retak dan pecah apabila harus menanggung beban yang begitu berat dalam waktu yang lama. Sebaiknya sebarlah perabotan-perabotan yang penuh dengan beban ini ke seluruh area ruangan.