Tips Memilih Pipa PVC yang Bagus

Pipa PVC mempunyai manfaat yang begitu besar bagi kita, terutama saat kita akan membuat instalasi saluran air. Pipa ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengalirkan air dari titik sumber menuju ke dapur atau kamar mandi. Pipa PVC mempunyai karakteristik yang sangat kuat, tahan terhadap tekanan air, tidak berkarat, anti-hama, dan awet sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. Selain itu, pipa PVC juga mudah dipasang.

Anda yang ingin membangun saluran air di rumah tentu harus membeli pipa PVC terlebih dahulu sebagai bahan utamanya. Pipa ini tersedia di toko bangunan. Pilihannya beraneka ragam. Dari mulai pipa yang memiliki diameter besar, ukurannya tebal, serta pipa yang dipakai untuk keperluan khusus. Jangan lupa untuk membeli pula lem khusus PVC. Sedangkan kalau Anda juga akan memasang keran air, pastikan untuk membeli selotip khusus PVC.

Syarat utama dalam memilih pipa PVC yang bagus ialah Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui, pipa PVC yang tersedia di toko bangunan terbagi menjadi beberapa kelas. Masing-masing kelas ini mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Ketika sedang memilih kelas pipa PVC mana yang akan digunakan, Anda sebaiknya harus menyesuaikan sifat dan karakteristik pipa PVC tersebut dengan kebutuhan di dalam proyek.

Berikut ini jenis-jenis pipa PVC berdasarkan kelasnya, antara lain :

Pipa Kelas AW

Pipa kelas AW adalah pipa yang dirancang dengan kekuatan tinggi sehingga sanggup menahan tekanan air dari dalam hingga 10 bar. Pipa ini yang paling tebal dibandingkan dengan pipa yang lainnya. Bahkan pipa kelas AW mampu menopang tekanan hingga 10 kg/cm2. Jadi pipa AW cocok sekali dipakai dalam pembuatan instalasi saluran air yang bertekanan tinggi atau saluran air yang memakai mesin pompa air. Kebanyakan pipa ii digunakan dalam pembuatan saluran penyediaan air skala rumah tangga, saluran air bawah tanah, serta instalasi saluran air kotor dan air bekas. Pipa kelas AW tersedia dengan ukuran mulai dari 1/2 inci sampai 12 inci.

Pipa Kelas D

Pipa kelas D merupakan pipa yang dirancang secara khusus agar mampu menahan tekanan air dari dalam hingga mencapai 5 bar. Di pasaran, pipa ini tersedia mulai dari ukuran 1,25 inci hingga 12 inci. Pipa kelas D adalah pipa yang memiliki tingkat ketebalan yang sedang. Pipa ini kuat menahan tekanan sampai 5 kg/cm2. Pada dasarnya, pipa kelas D lebih kuat daripada pipa kelas C serta lebih murah ketimbang pipa kelas AW. Sehingga pipa kelas D ini paling sering dijadikan sebagai pilihan utama oleh pembeli. Selain digunakan untuk membangun instalasi saluran pembuangan air di rumah tangga, pipa ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat saluran ventilasi udara.

Pipa Kelas C/OD

Pipa kelas C biasa disebut pula pipa kelas OD. Pipa ini biasanya digunakan untuk keperluan pembangunan saluran listrik yaitu sebagai pelindung atau selubung kabel litrik dan telepon sehingga lebih aman. Kadang-kadang pipa kelas C ini juga dimanfaatkan untuk membuat saluran air yang bertekanan rendah. Misalnya seperti saluran air di akuarium atau kolam ikan serta saluran drainase. Pipa C/OD memiliki ketebalan yang rendah. Pipa ini tersedia di toko bangunan dengan ukuran mulai dari 5/8 inci sampai dengan 4 inci.