Plus Minus Menggunakan Genteng Bitumen

Anda mungkin masih awam tentang genteng bitumen? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, genteng bitumen memang termasuk material yang baru. Jarang sekali rumah di sini yang memakainya. Biasanya orang memilih menggunakan genteng tanah liat, beton, atau seng. Namun seiring dengan meluasnya kepopuleran genteng bitumen, masyarakat pun kini mulai berangsur-angsur memilihnya. Lantas, apakah genteng bitumen itu? Mengapa kita harus mencoba menggunakan genteng yang satu ini?

Genteng bitumen adalah genteng yang terbuat dari bahan aspal. Itu sebabnya, genteng ini sering disebut pula sebagai genteng aspal. Bahan aspal yang masih mentah diolah melalui rangkaian proses sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi lembaran-lembaran genteng yang siap digunakan. Walaupun jarang dipakai di Indonesia, faktanya genteng bitumen merupakan pilihan utama masyarakat di Eropa dan Amerika sebagai atap rumahnya. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Di bawah ini beberapa keunggulan dari genteng bitumen, antara lain :

  1. Genteng bitumen memiliki durabilitas yang tinggi karena telah terbukti sangat awet. Maka tak heran, beberap produsen memberikan garansi yang lama untuk produk ini. Karena memang genteng bitumen ini tidak mudah rusak.
  2. Daya tahan genteng bitumen sangat bagus, baik ketahanannya terhadap air, angin, maupun api. Genteng ini tidak mudah terbakar atau lapuk. Bahkan genteng bitumen pun mampu menahan angin dengan kecepatan mencapai 100 km/jam.
  3. Walaupun kemampuan bertahannya patut diacungi jempol, tetapi Anda tidak perlu khawatir soal bobotnya. Sebab genteng bitumen mempunyai bobot yang relatif ringan. Genteng ini lebih ringan daripada genteng keramik dan genteng beton.
  4. Pilihan warna genteng bitumen cukup variatif. Tidak melulu berwarna merah kecokelatan, tapi ada begitu banyak variasi warna menarik yang tersedia. Anda bisa memilih warna biru, kuning, hijau, dan lain-lain.
  5. Genteng bitumen mempunyai desain yang sederhana. Kesederhanaan ini membuat tampilannya bersih dan modern. Manfaat lainnya dari bentuk yang sederhana yaitu Anda bisa memasang genteng bitumen dengan lebih mudah.
  6. Kemampuan genteng bitumen dalam meredam suara juga sangat bagus. Khususnya saat hujan turun, genteng ini mampu meredam suara air hujan yang jatuh dengan baik. Suasana rumah Anda pun tetap tenang.
  7. Genteng bitumen juga bersifat fleksibel. Anda bisa menggunakannya untuk membuat atap dengan desain yang beraneka ragam. Tidak hanya cocok dipakai untuk rumah klasik dan bergaya eropa, rumah-rumah modern minimalis pun bisa memakainya.
  8. Memasang genteng bitumen tidak terlalu rumit. Bahkan boleh dikatakan bahwa genteng bitumen merupakan salah satu genteng yang mudah dipasang. Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan pemasangannya.

Meskipun sarat akan keunggulan, tetapi genteng bitumen juga mempunyai kekurangan. Di antaranya yaitu :

  1. Harga rata-rata genteng bitumen terbilang mahal. Anda membutuhkan anggaran biaya yang cukup besar dalam pengadaan materialnya. Namun sebenarnya harga ini wajar sebab genteng bitumen dapat bertahan sangat lama.
  2. Pada dasarnya, genteng bitumen memang mudah dipasang. Tapi karena merupakan material yang baru, maka tak heran kalau masih belum begitu banyak tukang yang bisa melakukannya. Anda harus mencari tukang yang sudah berpengalaman.
  3. Genteng bitumen tidak bisa langsung dipasang begitu saja di rangkat atap bangunan. Anda harus memasang tripleks terlebih dahulu sebagai landasannya. Hal ini tentu akan membuat biaya pemasangan genteng ini semakin besar.
  4. Merawat genteng bitumen tidak boleh sembarangan. Kalau salah melakukannya, genteng tersebut justru akan mengalami kerusakan yang serius. Sekali lagi Anda membutuhkan tukang yang sudah berpengalaman.